Kupat Tahu Kidul SGM

tahukupat

Kupat tahu, adalah makanan yang mempunyai beberapa gagrak terutama untuk bumbu siramnya, walau bahan dasarnya sama yang itu terdiri dari Ketupat dan Tahu.

Yang saya kenal  pertama berasal dari daerah Jawa Barat seperti Kupat Tahu Bogor, Kupat Tahu Bandung dan Kupat Tahu Sukabumi. Gagrak Kupat Tahu dari daerah jawa barat biasa mempumyai isian ketupat, tahu, toge dan kuah siram dari bumbu kacang yang cukup kental.

Kupat tahu ke yang dua adalah kupat tahu gagrak dari daerah Jawa Tengah, Magelang. Untuk Kupat tahu ini mempunyai isi ketupat, tahu  toge, kubis dan yang khas adalah bakwan dengan siraman kuah gula jawa dan taburan kacang.

Menu

Dalam rekomendasi buku “Monggo Mampir” disebutkan adanya Kupat Tahu di Yogyakarta dan sangat direkomedasikan, karena penasaran gagrak apalagi yang akan ditampilkan maka saya dan Ichil memilih kupat tahu Pak Budi sebagai menu sarapan kami ketika baru mendarat di bandara Adi Sucipto Jogja.

Location

Tak sulit rasanya mencari lokasi kupat tahu Pak budi ini ini, cukup dengan menyebutkan Pabrik Susu SGM maka dengan mudahnya kita menemukan, lokasi tepatnya berada di sisi perempatan antara jalan Kusumanegara dan jalan Veteran di daerah muja-muju, dan pada perempatan itu pulalah terdapat pabrik susu nasional SGM, sehingga warung ini juga dikenal dengan Kupat Tahu Pabrik Susu. Warung ini ditandai dengan bentangan spanduk yang cukup mencolok mata bertulis Kupat Tahu Kidul SGM Pak Budi Terkenal sejak tahun 1957.

Aura tempoe doloe sangat kental terasa dari warung makan ini, karena memang Pak Budi mulai membuka warung nya di Tahun 1957, kini setelah Pak budi tiada di teruskan oleh sang istri, yaitu ibu Kasiyem. Saya melihat deratan meja kursi kayu sederhana, papan menu yang sudah ber-umur dan deretan botol-botol limun kosong yang ber angka tahun 80 an.

selain itu yang menjadi khas di setiap rumah makan jawa yaitu parade klethikan yang dijembreng dengan sangat ramainya di meja, sehingga bisa menjadi teman menunggu pesanan kita atau dimakan dengan menu yang kita pesan. Di Warung kupat tahu Pak Budi ini deretan krupuk ndeso, rempeyek, kripik tempe dan rambak kulit sapi berjajar manis dan siap disantap sebagai pembuka selera untuk menikmati Kupat Tahu, klethikan yang sangat berselera.

Botol

 

Ketidak biasaan kami berdua dengan menu sarapan berat, sehingga kami hanya memesan satu piring saja Kupat tahu untuk kami sharing. Saya pesan dengan rasa yang pedas. Dalam hitungan kurang dari lima belas menit Kupat Tahu sudah tersaji. Dari penampakan agak-agak mirip dengan kupat tahu Magelang, karena saya menemukan irisan lobak dan taburan toge di antara tahu dan ketupat, keunikan datang dari aroma daun jeruk yang di tabur bersama bawang goreng, Ketika mencoba kuah tupat tahu Pak Budi, rasa segar langsung terasa, kuah dibuat dari kecap, bumbu-bumbu dan kucuran jeruk nipis, yang membuat istimewa perpaduan rasa manis dan asam nya pas, tidak ada rasa manis dominan seperti tupat tahu magelang. Apalagi saya pesan nya Pedas, limpahan cabe rawit yang di ulek kasar menggenang pada kuah, benar-benar memberi kejutan indah bagi lidah saya. Eksotisme tingkat tinggi.

es dawet

Untuk minuman, jangan lupa memesan es dawet karena ini adalah teman serasi menikmati Kupat Tahu.

Kupat tahu pak Budi
Jalan Veteran ( depan SGM,Mujamuju)
Buka : 09 – 16



2 responses to “Kupat Tahu Kidul SGM”

  1. Benny says:

    Pasti enak banget tahunya :), pernah coba cafe tahu semarang yang di daerah Bedugul Bali ?

  2. Febee says:

    Belum pernah Ben..besok kalo ke Bali kesana yooooook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *