Lasagna Mushroom

Sudah setengah tahun terakhir ini kami mengubah pola hidup menjadi lebih sehat, sebisa mungkin kami membuat dan meng-konsumsi makanan dengan label “Sehat”, kami memilih makanan dengan bahan-bahan alami tidak menggunakan MSG, menggunakan bahan-bahan Organik, lebih banyak mengolah sayuran dan buah-buahan, mengurangi pengolahan daging merah, sedikit mungkin menggunakan minyak goreng. Dengan perubahan tersebut, kami merasakan hidup lebih sehat kini.

Lasagna before baked

Seperti waktu weekend kemarin saya kepingin banget makan lasagna, tapi membayangkan lapisan demi lapisan Pasta, Saos bolognese daging, saus pasta dan keju membuat saya merinding ngeri, hmmmmm berapa kalori tuh yang terkandung dalam setiap potong lasagna ?? Untuk mengurangi perasaan bersalah itu makanya saya membuat Lasagna sehat ala Ioflife, saya berusaha mengganti bahan-bahan nya menjadi lebih “bersahabat”. Bahan utama saus bolognese nya saya gak pake daging giling tapi di ganti dengan jamur shitake segar, terus susu full cream pada saus keju saya ganti dengan susu Non Fat. Sangat di sayangkan saya tidak menemukan keju non fat di supermarket, jadi terpksa deh lasagna sehat ini masih tetap dengan taburan melimpah dari keju mozzarella Gouda dan Keju Kraft.

Untuk pasta nya saya menggunakan pasta instan merk San Remo, yang ternyata memang sangat peraktis, lupakan merebus lapisan demi lapisan pasta lasagna. Jamur Shitake segar yang saya pilih juga tidak mengecewakan, tekstur “kenyil-kenyilnya” mengingatkan saya akan daging giling, sebagai tambahan saya memasukan potongan kecil wortel dalam saus bolognese. Dengan ukuran Loyang 20×20 saya bisa membuat tiga lapis dengan taburan keju mozzarella yang cukup tebal. Secara keseluruhan rasa lasagna sehat ini sama enak nya dengan lasagna daging.

Pagi ini, saya menyantap satu potong Lasagna Mushroom untuk sarapan, bayangin deh gimana bahagia nya saya bisa menikmati enak nya lapisan demi lapisan lasagna dengan topping si keju yang meleleh itu…..hmmm …

Lasagna

Resep saya modifikasi dari resep yang tertera pada kotak Pasta San Remo.

Lasagna Mushroom

Bahan:
250 gr Lasagna instan merk San remo

Saus Merah :
300 gr jamur SHITAKE, potong kotak kecil atau sesui selera.
1 buah wortel potong kotak kecil.
1 bh bawang bombay ukuran ukuran besar, cincang kasar.
3 siung bawang putih,cincang halus.
7 buah tomat buah ukuran sedang, juss dengan belender
170 gr pasta tomat merk Del Monte
5 sdm saus tomat merk Del Monte(aku gak pake)
1 sdt oregano bubuk
½ sdt basil bubuk (Aku gak pake)
½ sdt merica bubuk
1 sdt Garam, sesuai selera
2 sdm gula pasir
3 sdm minyak untuk menumis
Air secukupnya.

Saus Keju (Bechamel Sauce):
1000 ml susu cair non Fat.
250 gr keju cheddar, parut halus
3 sdm mentega
3 sdm tepung terigu
½ sdt merica bubuk
⅛ sdt pala bubuk
½ sdt garam

Taburan:
250 gr mozarela, parut kasar

Cara membuat:
•Saus Merah: Tumis bawang putih dan bombay hingga harum. Masukkan potongan jamur Shitake, kemudian potongan wortel. Masukkan Jus tomat segar, pasta tomat dan saus tomat, aduk rata. Bubuhi dengan merica bubuk, garam, gula pasir, oregano bubuk dan basil bubuk. Tuang air. Masak dengan api kecil hingga matang. Angkat. Sisihkan.
•Saus Keju: Panaskan mentega hingga mencair, lalu masukkan tepung terigu. Aduk hingga rata. Tuang susu cair perlahan-lahan sambil diaduk-aduk. Jangan sampai bergerindil. Bubuhi dengan merica bubuk, pala bubuk dan garam. Terakhir masukkan keju parut. Aduk hingga rata. Masak hingga mengental dengan api kecil. Angkat. Sisihkan.
•Penyusunan: Pada dasar Loyang letakkan saus merah lalu taruh lasagna diatasnya, siram kembali dengan saus merah, kemudian siram dengan saus keju. Taruh lasagna kembali, kemudian siram dengan saus daging timpa lagi dengan saus keju. Lakukan kembali sampai habis. Terakhir adalah saus keju. Kemudian taburi keju mozarela di atasnya. Masak di oven dengan suhu 180°C sehingga matang ± 30 menit. Sajikan 10 menit setelah lasagna keluar dari Oven.



2 responses to “Lasagna Mushroom”

  1. Hesti HH says:

    Hmmmmmm, ngiler…menggiurjan sekali. Boleh share resepnya mbak? pingin tau pakenya jamur apa…kayaknya pingin bikin juga…
    thanks for sharing…

  2. Febee says:

    Mbak Hesti,

    Resep nya udah ya diatas..silahkan..:)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *