Restoran Khas Lombok : Pondok Sekarbela

Indonesia dikenal sebagai masyarakat dengan mayoritas ber-agama islam terbesar di dunia, oleh sebab itu tidak heran jika setiap tahunnya pada hari kelahiran Nabi Muhammad SAW, disetiap daerah di Indonesia mempunyai tradisi dan cara masing-masing untuk merayakan hari yang dikenal dengan Maulid Nabi SAW itu. Tidak terkecuali di pulau Lombok, setiap hari maulid, masyarakat Lombok mempunyai tradisi mengadakan makan bersama yang dinamakan Begibung, yaitu mengundang para tetangga dan handai tolan untuk makan bersama, semakin banyak tamu yang datang semakin besar gengsi si tuan rumah. Cara makannya secara bersama-sama seperti makan bajambah di pulau sumatera.

Untuk merayakan hari yang istimewa itu, tentu saja tuan rumah menyuguhkan makanan yang istimewa juga. Berbagai macam jenis makanan di hidangkan, mulai dari makanan ringan seperti Jaje tujak (menyerupai lemang) yang dimakan dengan poteng (tapai) yang menjadi makanan khas hari mauled, sampai dengan makanan utama seperti nasi rasul, ketan kuning, ares (sayur dari pelepah pisang), sate pusut (sate lilit ikan) dan ayam bakar Seraten, khususnya untuk ayam bakar Seraten, makanan ini berasal dari desa Sekarbela, sebuah desa yang terkenal sebagai pusat kerajinan mutiara.

Karena terkesima dengan kelezatan ayam bakar seraten itulah maka seorang pengusaha sukses dari Lombok yang bernama Bapak H. Aji Syailendra mendirikan restoran yang menjadikan ayam bakar seraten sebagai menu utama restoran, bahkan nama desa Sekarbela dijadikan nama restoran nya yaitu Pondok Sekarbela. Sejak didirikan tahun 2004, Hingga sekarang restoran Pondok Sekarbela berkembang menjadi 3 buah restoran bahkan sudah membuka frencise di Jakarta.

Sebenar nya, jika menyimak perkembangan masakan Lombok di Jakarta sangatlah menarik, jika beberapa tahun kebelakang kita masih jarang menemukan restoran masakan khas Lombok, sekarang restoran masakan khas Lombok sudah menjamur di Jakarta, mulai dari kelas Restoran hingga kelas tenda pinggir jalan. Rasa pedas dari sambal taliwang nya yang menggigit cepat mendapatkan penggemar.
Interior
Kembali ke Pondok Sekarbela, kegemaran saya akan masakan Lombok membawa saya ke restoran Lombok yang terletak di dearah Senopati Jakarta Selatan ini. Jika di Resotran Lombok pada umum nya kita hanya menemukan Ayam Taliwang sebagai “Bintang” dari menu masakan, di Pondok Sekarbela ini saya menemukan “Bintang” pendamping, yaitu si Ayam Bakar Seraten itu.

Siang itu saya memesan menu Ayam Seraten, Nila Seraten, Plecing Kangkung, Beberuk Terong, sop ikan, tempe mendoan ala Lombok. Secara keseluruhan rasa masakan sangat terpuji.
Ikan Bakar
Ayam Seraten, walau dengan bumbu minimalis yang terdiri dari cabai, gula merah, bawang putih dan terasi dapat menghadirkan keajaiban rasa, tidak salah memang jika Bapak H. Aji Syailendra terpikat dengan kelezatanya.
Plecing
Untuk pelecing kangkung, demi menjaga mutu, Restoran Sekarbela tetap konsisten menggunakan kangkung besar sebagai bahan pelecing nya. Mengingatkan kita akan kangkung Lombok Asli yang memang ukurannya berbeda dengan kangkung Jakarta. Satu lagi, mereka menggunakan terasi Lombok yang ber-aroma khas di hampir setiap masakan, sehingga rasa Lombok sangat terasa.
Beberok
Untuk sambal pelecing dan Beberuk, kita bisa memilih tingkat kepedasan, tidak pedas, sedang, pedas dan sangat pedas. Sayang untuk Ikan Nila bakar nya agak sedikit “over cook” , tapi secara keseluruhan tidak terlalu merusak rasa.
Bagi penggemar masakan khas Lombok silahkan mampir ke Restoran ini. Ada banyak masakan khas Lombok ditemukan disini seperti Sate Pusut, Kime-kime. Temukan kelezatan lain dari masakan Lombok. Saran saya bagi pemilik restoran, tidak ada salah nya menghadirkan makanan khas Lombok lain nya di Restoran ini, contoh nya Jaje tujak, poteng , nasi rasul, ketan kuning, ares (sayur dari pelepah pisang), sehingga kita bisa merasakan kekayaan kuliner Indonesia. Untuk Restoran Pondok Sekarbela, jika cabang nya di Jakarta aja sudah enak, bagaimana di Restoran asli nya di Lombok ? saya pasti akan datang berkunjung pada liburan saya berikut nya di Pulau Lombok.
Tempe
Pondok Sekarbela
Jl. Suryo no.54 Senopati Blok S,
Kebayoran , Jakarta Selatan 12180
Telp : 021. 72793241

Lesehan Sekarbela
jalan kesra raya Perumnas
ampenan Lombok
Telp : 030.672591

Restoran Sekarbela
Jalan ade irmasuryani no.38
monjok timur mataram
Telp : 0370.6616787



2 responses to “Restoran Khas Lombok : Pondok Sekarbela”

  1. Melly says:

    Aku pernah ke Sekarbela di Lombok emang uenak tenaaaannnn 🙂

  2. Rifa Aisyah says:

    Aku pernah bekerja d restoran sekarbela yg ada d Bandung,tapi itu dulu..masakan’y udah pasti lezat donk koki’y aja d dtangkan langsung dari Lombok.
    Pak hj,kak Tam,kak B’genk juga temen2 pak kabar,semoga kalian semua selalu ada dalam lindungan Allah SWT…Amienn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *