Resep Cumi Bunaken

Cumi_Bunaken
Letak kota Manado yang di kelilingi oleh laut berimbas dengan membanjirnya  makanan laut yang lezat, seperti ikan, cumi, udang dan kepiting.  Proses mengolah makanan laut yang masih segar sebaiknya tidak perlu menggunakan bumbu masakan yang terlalu kompleks, sehingga kita masih bisa merasakan segarnya makanan laut tersebut.

Walaupun cumi- cumi yang saya gunakan untuk membuat resep cumi Bunaken ini saya dapatkan di supermarket, tapi saya beruntung mendapatkan cumi yang masih segar,  bahan-bahan masakan yang digunakan untuk memasak Cumi Bunaken ini cukup sederhana dan proses memasak nya juga sangat mudah , pemakaian daun kemangi dan daun jeruk yang menjadi ciri khas masakan menado yang melimpah membuat makanan ini sangat lezaat. Bagi penggemar seafood harus dicoba ya resep Cumi bunaken ini.

Cumi Bunaken

Bahan:

750 g cumi-cumi besarkupas, siap pakai

50 g cabai rawit merah dan hijau, tumbuk asal pecah

15 butir bawang merah, belah-belah

3 siung bawang putih, cincang

3 batang daun bawang, iris 2 cm

4 batang serai, ambil bagian putihnya, iris halus

8 lembar daun jeruk

1 sdt garam

100 ml minyak goreng

100 g tomat

50 g daun kemangi

Cara Membuat :

  • Cuci cumi-cumi hingga bersih, tiriskan, keringkan dengan tisu dapur atau serbet.
  • Potong-potong melintang cumi-cumi pada salah satu sisi panjangnya (tebal 1 cm), jangan sampai putus.
  • Masukkan cumi-cumi ke dalam panci/wajan, tambahkan cabai rawit, bawang merah, bawang putih, daun bawang, serai iris, daun jeruk, dan garam
  • tuang minyak goreng ke dalam panci/wajan, tutup dan jerang di atas api sedang. Masak sebentar (10 menit) hingg bau langu bumbu hilang, buka tutup panci/wajan.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *