Resep Tinoransak Sapi

Tinoransak Sapi
Tinoransak ini biasanya dimasak dengan menggunakan daging Babi, karena saya tidak memakan Babi, saya mengganti nya dengan daging sapi. Untuk rasa waaaah ini adalah jagoan saya untuk masakan Manado, pilihlah daging sapi bagian Has dalam jika tidak mau banyak lemak dan empuk jika di makan. Pemakaian cabai hijau dalam masakan adalah paduan yang cocok di sandingkan dengan daging sapi , semerbak wangi daun jeruk menambah masakan ini terasa eksotis.

Teman yang paling cocok untuk menikmati Tinoransak ini adalah nasi hangat, di jamin bisa nambah berkali-kali. Untuk yang tidak suka daging, dapat mengganti nya dengan tahu.

Tinoransak Sapi

Bahan:

500 -600 daging sapi berlemak/sandung lamur

5 sdm minyak goreng, untuk menumis

4 batang seri, ambil bagian putihnya,memarkan

100 ml air panas

Bumbu Tumbuk Kasar

150 g bawang merah

25 cabai rawit

75 g cabai hijau

20 lembar daun jeruk

Bumbu Halus

1 cm kunyit

4 cm jahe

1-2 sdt garam

Cara membuat:

  • Potong-potong daging ukuran 2x2x2 1/2 cm, sisihkan
  • Panaskan minyak goreng dalam wajan, tumis bumbu kasar dan bumbu halus hingga harum. Masukkan serai, aduk hingga bumbu matang.
  • Masukkan daging, aduk-aduk sampai daging berubah warna dan kaku, tambahkan air panas. Masak hingga mendidih, kecilkan apinya dan tutup wajan.
  • Teruskan memasak hingga daging empuk, sambil sekali-sekali diaduk. Bila airnya mongering, tambahkan air panas secukupnya dan masak terus hingga seluruh bahan cukup matang dan kuahnya tinggal sedikit.
  • Matikan api atau angkat masakan dari atas api. Pindahkan ke atas wadah saji, hidangkan.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *