Makan Enak Cara MANADO – Resep Ikan Mas Woku

Ikan Woku
Salah satu manfaat nya hobi masak adalah, kita dapat membawa menu-menu restoran favorit kita ke meja makan di rumah tanpa harus membayar mahal. Cara nya ? ya kita memasak sendiri menu-menu tersebut. Hal itu yang sering saya lakukan dalam mengisi libur akhir pekan saya.

Di suatu hari minggu, saya membawa menu-menu restoran Manado untuk makan siang di rumah. Dengan membuat empat menu Masakan Menado, saya merasa memindahkan Restoran Beutika yang terkenal itu ke rumah saya.

Masakan manado adalah salah satu makanan Favorite saya, Ciri khas masakan Manado adalah berbumbu ringan, beraroma rempah daun yang harum, pedas seakan membakar lidah..dan lezat. Berbeda dengan masakan padang atau melayu yang juga kebayankan bercita rasa pedas, yang sangat dipengaruhi oleh dapur Melayu, arab dan India yang kaya santan, rempah bumbu atau Kari, masakan manado banyak menggunakan bahan-bahan segar yang membangkitkan aroma tajam pada masakan seperti serai, daun jeruk, jahe, daun pandan dan daun kemangi yang memang dipakai dalam jumlah banyak.

Berikut Empat resep Manado yang saya ambil dari buku Seri Masak Femina PRIMARASA – hidangan Nusantara Populer Makan Enak Cara MANADO

Ikan Masak Woku
Bahan:
4 Ekor Ikan (saya menggunakan ikan kakap Merah)
4 sdm minyak goreng untuk menumis
200 ml air
400 grm tomat potong-potong
5 batang daun bawang potong-potong 2cm
50 gr daun kemangi

Bahan Tumbuk Kasar :
30 gr cabe rawit
200 gr bawang merah
2 sdt kunyit panggang parut
1 sdt garam

Bumbu Iris :
4 cm Jahe iris halus
5 batang serai ambil bagian putihnya dan iris halus
Satu lembar daun kunyit bung tulangnya dan iris halus

Cara Membuat :

  • Siangi ikan, buang isi perut, insang dan sisiknya, biarkan utuh, kemudian cuci hingga bersih.
  • Panaskan minyak goreng dalam wajan, tumis bumbu tumbuk dan bumbu iris, aduk-aduk hingga harum. Tuang air, masak hingga mendidih.
  • Masukkan tomat dan ikan, tutup wajan, kecilkan apinya. Masak hingga ikan dan bahan lainnya matang.
  • Masukkan daun bawang dan kemangi, aduk hingga daun bawang layu, angkat. Pindahkan masakan ke dalam wadah saji, hidangkan.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *