Bangket Susu

Bangket3

Kalau ditanya dari daerah mana kue ini berasal, saya tidak tau. Ada yang bilang, kue ini berasal dari daerah Riau, tapi ada juga yang bilang kue ini dari Pekalongan, bahkan teman saya yang berasal dari daerah Timur Indonesia juga bilang, kalau kue seperti ini juga ada di daerah nya. Mungkin nama nya aja kali yang berbeda yah, tapi rasa dan tekstur nya sama dan yang pasti kue ini asli Indonesia. Ketika resep berbagai macam bangket mulai sering wara-wiri di milis NCC, saya pun tertarik untuk mencoba nya. Sampai akhirnya NCC membuat Event Bangket Week begitu juga dengan klub Berani Baking yang memberi tantangan pertama kepada saya sebagai persyaratan untuk dapat bergabung dengan klub tersebut.

Pertama-tama saya mau bilang terima kasih banya buat mbak Mbak Nadrah yang sudah mau berbagi resep Bangket susunya kepada kita semua. Menurut “bisikan” resep ini adalah resep warisan keluarga mbak Nadrah dan kue-kue bangket ini juga produk andalan Mbak Nadrah untuk di jual, tapi Mbak Nadrah mau membagi resep nya kepada kita. Luar biasa sekali semangat berbagi di milis ini, patut di banggakan, membuat saya terharu. Menurut email nya uni Elly, dari 41 laporan bangket yang masuk 19 nya adalah bangket susu mbak Nadrah, bener banget Uni Elly, kue bangket susu Mbak Nadra fenomenal sekali. Jadi sekali lagi saya mau bilang Terima kasih ya Mbak Nadrah.

Awal nya saya masih bertanya-tanya seperti apa sih kue bangket itu, kok ramai sekali di bahas di milis ini. Saya sampe bela-belain cari kue bangket di supermarket deket rumah, di supermarket ke tiga saya baru ketemu sama si Bangket ini. Mulai deh saya kenalan sama banget, waktu itu bangket jahe nemu nya dan saya langsung doyaan.

Dengan bekal keterangan singkat dari si empunya resep (ketemu waktu kursus crazu cupcake di tkoLoyang) , akhir nya saya memilih mencoba bangket susu dulu untuk percobaan, untung nya sekali coba langsung berhasil. Rasanya enaaaaaaak..apalagi buat saya yang suka susu, gak bisa berenti deh makannya. Saya nemu cara makan bangket paling cihuy, pertama masukin kue bangket ke mulut, gak perlu di gigit, isep-isep dikit..kue bangket akan lumer di mulut dengan sukses nya..nyam….nyam …nyam…

Psst..salah satu alasan saya ikut bangket week juga karena logo nya cakeeep…

How to

Kue Bangket Susu

oleh: Nadrah Shahab

Bahan:

500 gr sagu

100 gr margarine

150 gr gula halus (aku pake gula palem)

75 gr susu kental manis

Cara membuat:

1.Sagu disangrai dengan daun pandan, dinginkan

2.Campur semua bahan

3.Cetak menggunakan cetakan kue satu

4.Bakar dgn api kecil (140 derajad celcius) selama lk 10 mnt

5. Angkat kukis tidak pada saat panas.

6. karena kue ini textur nya rapuh sekali, angkatnya harus dengan kasih sayang, atur ditoples, jangan diangkat lagi, kecuali mau dimakan.



2 responses to “Bangket Susu”

  1. Amy says:

    Fotonya cantik… pasti bangketnya pun yummy ya Mbak…

  2. Rubs says:

    Dari resepnya terlihat cukup simple. We’ll see if i succeed to make it. Ini kue bangket sama ga yah sama kue bangkit yang suka dijejerin klo lagi Imlek-an, bentuk binatang” kecil trus ada titik merah?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *