Kursus: Menghias Cupcake dengan Rolled Fondant

Kursus: Menghias Cupcake dengan Rolled Fondant
Rabu, 3 November
10.00 s/d selesai
Pengajar : Peni Respati

Ini adalah kunjungan  saya yang ke tiga ke markas NCC, sebelumnya saya pernah datang untuk mengikuti kursus membuat dimsum dan kursus  Aneka Cheesecake & Tiramisu, rumah ini masih menyambut saya dengan kehangatan hati pemilik nya. Tepat jam setengah sepuluh saya dan Ichil sampai, beberapa peserta lainya sudah datang terlebih dahulu, sambil menunggu kursus di mulai saya berkenalan dengan peserta lain ditemani secangkir kopi dan cemilan yang sudah disediakan.

Setelah menunggu beberapa saat, akhirnya ibu guru cantik itu datang juga dengan seabrek “perkakas perang nya”, yaitu cupcake yang siap di hias dan peralatan lainya.

Tools

Pagi ini kami akan belajar menghias cupcake dengan menggunakan fondant, dengan hiasan bentuk dua & tiga dimensi. Karena focus pelajaran adalah menghias dengan fondant, jadi pagi ini kami tidak diajarkan lagi bagaimana membuat cupcake, tapi walau begitu Mbak Peni tetap menjelaskan secara singkat cara membuat cupcake lengkap dengan tips nya, buat Ichil yang sama sekali belum pernah membuat cupcake penjelasan tersebut sangat membantu.

Setelah penjelasan mengenai cara membuat cupcake, pelajaran menghias cupcake dengan fondant dimulai, diawali dengan memperkenalkan kepada kami  bagaimana sih bentuk si fondant  itu, bagaimana cara mendapatkanya, bagaimana cara pewarnaannya, apa saja yang  boleh dan tidak boleh dilakukan dalam menghadapi fondant. Baru sesudah itu mbak Peni mengeluarkan harta karun nya, yang dapat membuat cupcake-cupcake yang dibuatnya selalu cantik, ada yang bernama Embosser Mat, Rolling Pin, Cutters,Modelling Tools, pewarna fondant, Plunger/ejector dan lain-lain yang nama nya tidak saya ingat. Saya dan peserta kursus lainya berdecak kagum ketika Ketika Mbak  Peni memperagakan satu persatu alat-alat yang saya sebut tadi, dan kami makin berdecak  ketika mbak Peni memberitahukan harga dari masing-masing alat diatas…”huaaaa mahaaal sekaliiiii” teriakan dari beberapa peserta kursus. Kalau komen nya Ichil “ kok peralatanya sama mahalnya dengan peralatan kamera yah? “. Tapi untung mbak Peni menenangkan kami “apapaun bisa digunakan sebagai alat menghias fondant, bisa menggunakan peralon sebagai pengganti rolling pan dan bisa juga menggunakan sendok nasi yang berpola. Saya yang duduk paling depan terpana dengan kemampuan tangan mbak Peni yang menyulap gumpalan fondan menjadi beberapa macam pola indah yang nanti akan dirangkai untuk menghias cupcake.

Kursus Menghias Cupcake dengan Rolled Fondant ini adalah kursus dasar dalam menghias cupcake dengan fondant, untuk tingkat mahirnya kita bisa mengikuti kursus Figurine Class I& II. Pada kursus Menghias Cupcake dengan Rolled Fondant hari ini kami di ajarkan untuk membuat figurin bentuk ikan, bee, lady bug, clown fish, profile orang, dan wedding dress.  Masing-masing dari kami peserta kursus diberi enam buah cupcake yang akan kami hias dengan masing-masing hiasan yang telah diajarkan tadi.  Agak deg-degan juga waktu mulai menghias, rasa-rasanya saya seperti di “jorokin”, kalau liat mbak Peni mendemokan cara membut figurin-figurin itu sih gampang banget ngeliatnya, ya iya laah mbak Peni kan emang pakarnya, nah saya ? liat fondant aja baru kok yah udah di suruh bikin macam-macam bentuk figurin, gimana gak panas dingin.

Tugas pertama adalah membuat bentuk bee, bantuk badan dan bentuk kepala bisa dengan sukses saya lalui, tinggal penempatan mata dan alis yang ternyata butuh ketelatenan, setelah beberapa kali mencoba akhirnya saya bisa juga meletakan mata si bee walau bentuknya tidak proporsional,  begitu juga dengan lady bug bisa saya kerjakan walaupun tidak terlalu sukses tapi cukuplah untuk pemula seperti saya yang tidak mempunyai keterampilan tangan, waktu liat hasil yang dibikin ichil, saya akui hasil yang dia buat jauh lebih bagus, dia sampe tersipu-sipu waktu hasil cupcake nya di puji sama mbak Peni.

beeComplete

Acara menghias cupcake break sebentar untuk makan siang. Hmmm kalau boleh jujur, acara makan siang di Matraman ini selalu saya tunggu-tunggu di setiap kursus yang saya ikutin. Masakan rumahan yang selalu di buat dengan hati. Menu makan siang kami kemarin adalah sayur asam, ayam goreng, tempe dan tahu goreng lengkap dengan sambal terasi dan kerupuk udangnya, nikmaaaaat sekali.

Setelah makan siang, tantangan berikutnya adalah membuat clown fish, tingkat kesulitan yang tinggi menurut saya. Hampir saya menyerah tidak mau membuat sirip si ikan, tapi peserta  lain yng duduk di depan saya, Ibu Agnes menyemangati saya “ayoo kamu bisa, masih muda jangan menyerah”, ibu yang baik hati itu adalah pensiunan wartawan senior kompas, yang mengisi masa pensiun nya dengan usaha membuat kue. Akhirnya saya bisa juga membuat ikan, wedding dress dan profil manusia, yaah walaupun pada saat membuat wedding dress saya sempet minta bantuan ichil untuk membentuk pola gaun.

WG_ALL

Fiuh akhirnya selesai juga kursus hari ini, setelah seharian berjibaku dengan fondant dan sempat terjadi “pertumpahan darah” antar peserta kursus dalam merebutkan tools dan fondant walau sudah dibagi sama rata oleh Mbak Peni. Teknik menghias fondant pun sudah kami terima lengkap dengan tips-tips berguna yang  pastinya tidak akan didapat dengan hanya membaca buku. Saya bersyukur walaupun hasil gak terlalu rapih, tapi ada banyak ilmu yang bisa saya dapat dan bermanfaat tinggal saya yang  harus banyak berlatih dan saya yakin hasilnya pasti bisa lebih bagus. Terima kasih mbak Peni sudah membagi ilmu nya kepada kami semua hari ini.

All



10 responses to “Kursus: Menghias Cupcake dengan Rolled Fondant”

  1. santy says:

    wah….sipp deh, boleh pake fotonya buat di blog aku ? pas kursus kemaren gak foto2 nih….tks

  2. chile says:

    Hi Mbak Santy, terima kasih sudah mampir ke web kami
    boleh saja, nanti saya kirimkan fotonya ke mail di tunggu ya..

  3. fanny says:

    Cantik2 buatannya mbak, kalau boleh tau dimana yah bisa kursus dengan mbak Peni nya?bisa minta alamat dan no. Telp nya? Mahal tdk yah kursus nya? Terima kasih.

  4. allysa milano says:

    cantik cupcakesnya.
    oh ya mau nanya nih kursus cupcakes nya dmna soalnya saya mau coba bikin untuk hadiah ulang tahun teman kalo boleh aku minta no telp dan alamatnya kirim ke email ya makasih

  5. Febee says:

    Mbak Fanny & Mbak Milano ..

    Saya kursus di Natural cooking Club, alamat nya sebagai berikut :

    NCC
    Jl. Matraman Dalam 3 no. 11 Rt 09/07 Jakarta Pusat
    Tel. 021 392 1779

    Pendaftaran:
    NCCadmin@gmail.com
    Tel. 021 392 1779
    0817 483 7200 (SMS only)

    Silahkan…:)

  6. eveline says:

    ak mau tanya alamat kursus buat cup cake di sby barat dimn ya?

  7. yola says:

    share info donk… kursus cupcake di daerah kelapa gading..
    Thx

  8. indri says:

    mba, kursusnya ada yg di daerah cipondoh tangerang nggak ya ?
    thx

  9. lulu nur hasanah says:

    bhn2 untuk buat hiasan nya apa aja?

  10. meita says:

    kalo mau beli alat2 utk menghias cupcake dmn ya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *