Puding Jeruk Mandarin

Puding_s

Kaya-kaya nya nih hampir semua orang suka puding..bener kaaan ?? terutama buat kita yang tinggal di daerah tropis, rasanya adeem banget setelah menghabiskan satu potong puding, apalagi kalau di siram dengan fla enaaak bangettss.Buat saya pribadi, saya paling suka dengan puding coklat, puding coklat dengan full coklat jadi rasanya mendekati pahit2 coklat, tentu saja si fla vanila gak ketinggalan, fla vanila dengan rhum extra…nyam nyam nyam…

Selain puding dengan bahan dasar coklat, saya juga suka bereksperimen dengan bahan dasar buah-buahan. Puding busa strawberry dan puding leci juga puding buah kesukaan saya. Tapi sekarang nambah lagi nih list puding buah kesukaan saya. Puding busa jeruk mandarin, resep yang saya dapat dari Uni Elly, teman saya di NCC. Cara buatnya  gampang, cepat dan bahan2 mudah sekali di dapat.

Saya punya cara khusus untuk menikmati puding ini, pertama-tama saya habiskan dahulu bagian busa nya pelan-pelan, setelah itu sebagai puncak dari semua kenikmatan, saya habiskan potongan jeruk mandarinnya yang terbungkus agar2…hmmmmm…nikmaaaaaat… dan fla yang paling cocok untuk menemani puding busa jeruk mandarin ini adalah fla jeruk…enaaaaakkk..rasanya gak lari.

Resep saya contek dari web nya uni Elly dengan judul awal Puding Busa Jeruk

Puding Jeruk Mandarin

Bahan Puding :

2 – 4 btr putih telur  à aq pake 3 putih telur

2 bks agar-agar putih

200 gr gula pasir

750 cc air

90 gr nutrisari rasa Jeruk Mandarin

1 kaleng jeruk mandarin kaleng untuk hiasan (sisanya buat vla)

Bahan Vla Jeruk :

Air dari jeruk mandarin kalengan

300 cc air

150 gr gula pasir

30 gr Nutrisari rasa Jeruk Mandarin

1 sdm tepung maizena

1/2 sdt vanili

Cara Membuat Puding :
1. Siapkan loyang puding, basahi dengan air dingin, tata jeruk mandarin kaleng di dasar loyang, sisihkan.
2. Rebus agar-agar bersama air dan gula pasir sampai mendidih, angkat dari api, tuangkan sedikit agar-agar bening (sekitar 3 sendok sayur) untuk mengikat jeruk
3. Tuang nutrisari ke agar-agar bening, aduk rata, sisihkan.
4. Kocok putih telur hingga kaku, turunkan speed mixer, tuang agar-agar nutrisari panas-panas sambil tetap dikocok dengan speed paling rendah, teruskan mengocok hingga tercampur rata dan agar2 menjadi hangat (hangat yaaa, tandanya uapnya sudah hilang dan tinggal uap hangat aja… jangan panas2 dituang ke cetakan karena bisa mengakibatkan terbentuknya 2 lapisan busa dan orange bening…)
5. Tuang ke dalam cetakan yang telah berisi jeruk yang dibekukan dengan agar2 bening, dinginkan.

Cara Membuat Vla Jeruk :
1. Cairkan tepung maizena dengan sedikit air, sisihkan
2. Rebus air dari jeruk kaleng juga air dan gula hingga mendidih, kecilkan api .
3. Tambahkan nutrisari, aduk rata.
4. Terakhir masukkan larutan tepung maizena, aduk cepat, masak hingga mendidih kembali. Masukkan jeruk mandarin dan vanili, angkat dari api.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *