Mission Accomplish : “Masak Rendang “

rendang 1  Entah karena keisengan kami di suatu sore sambil membuka-buka tumpukan resep febee, tiba-tiba terbersit ide untuk membuat challenge cooking  dengan tema masakan traditional, biar lebih kena dibuat terbalik, dimana saya yang dari jawa harus memasak masakan traditional dari febee yang berasal dari padang, begitu juga sebaliknya febee juga harus memasak masakan jawa dimana asal dari saya.

Dengan pengundian yang pastinya tidak seramai pengundian piala dunia, saya yang mendapat giliran pertama (kayakna sih febee sengaja neeh ngerjain saya), dan menu yang dipilih adalah rendang. Deng Dong waiyaaahhh secara febee aja belum pernah masak ini menu, uhm… semakin menantang saja.

Akhirnya setelah bernegosiasi dengan febee secara alot, ketentuan rendangnya adalah rendang yang dibuat sederhana dimana bukan rendang padang dengan tekstur hitam dengan potongan daging, boleh dimemodifikasi, sehingga saya beri judul rendang ala jawa.

Berkutat dengan berbagai buku resep yang ada dan saya menemukan resep ini dari salah satu buku resep keluaran gramedia, dimana base nya tidak menggunakan potongan daging melainkan daging cincang, cukup menarik dari materinya karena jujur saja saya sendiri sedikit agak malas memilih rendang kalau makan di restoran padang karena potongan daging nya itu. Dari sisi bumbu pun tampak sederhana, sangat minimalis,  namun febee cerita kalau di milist NCC kemarin ramai dibahas topik rendang sebagaio refrensi, mulailah saya ber-googling dan banyak menemukan trik-trik memasak rendang, saking banyaknya malah semakin gak PD huhuhuh… bergelut dengan santan resikonya pecah dan bubar jalan saja.

Hasil dari googling dan tips yang saya temukan dari resep aslinya yang minimalis ini sedikit saya berikan sentuhan rempah (biar agak kena sumatra nya-hehehee), dimana saya menggunakan bunga lawang , lalu daun jeruk dan serai kesemuanya di ulek bukan hanya di keprek seperti tertulis di resep dan ini lah resepnya :

Bahan :

500 gram Daging Cincang

1000 ml Santan dari 2 butir kelapa,

1/3 bagian parutan kelapa dari 1 butir kelapa

3 lembar daun jeruk, buah tengahnya sobek-sobek

3 lembar daun salam, sobek-sobek

Bahan yang di ulek :

1 ons Cabe merah keriting

7 Siung Bawang Merah

3 Batang serai ambil 3 cm dari ujungnya

3 lembar daun jeruk, buah batang tengahnya

3 buah bunga lawang, agar mudah di ulek rebus sebentar di dalam santan

Laos

Kunyit

Garam

Cara Membuat :

  1. Goseng parutan kelapa hingga kecoklatan, lalu tumbuk hingga keluar minyaknya.
  2. Campurkan dengan daging cincang, lalu buat bentuk bola-bola
  3. Panaskan santan sambil terus diaduk, setelah mendidih masukan bumbu ulek
  4. Setelah sedikit kental , masukan bola-bola dagingnya
  5. Lalu masak terus hingga santannya kering

Note:

Hasil pengujian dari dewan juri yang siang itu bergabung diacara makan siang bersama , rendangnya mantabh, campuran parutan kelapa gongseng dan daging cincang menambah kegurihan dan legitnya bola-bola daging, tambahan lagi resep ini bulan puasa sudah ada orederan dari mama, untuk menjadi salah satu menu yang akan disajikan untuk sahur..

mission accomplish ya bee… next your turn to cook java menu

Selamat mencoba semoga bermanfaat



3 responses to “Mission Accomplish : “Masak Rendang “”

  1. sari says:

    wow!! mantabbb chill !! lo gantian peb…masak gudeg cobaa

  2. chile says:

    Yop bener sar… next mission gudeg on the Rock

  3. Febee says:

    Weeeeek..gudeg ?? hwaaaa gue belom belajar sama mantan calon mertua lo sar……lo udah keburu *p***S*…uppppppps….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *