Bakpao Isi Ayam Merah

Bakpao

Salah satu dampak dari ikutan Facebook adalah terjangkit penyakit menular,walaupun penyakit nya ini bagus buat kemajuan ilmu memasak saya. Keinginan membuat bakpao ini tertular dari facebook nya Intan, foto bakpao nya yang di tag ke saya membuat saya tergoda dan ahkirnya saya menyepatkan diri mampir ke Tbk Titan sepulang kerja untuk membeli bahan-bahan pembuatan bakpao.

Bahan utama membuat bakpao terletak pada tepung Tang mien, tepung inilah yang bertugas membuat adonan menjadi putih bersih, yang menjadi ciri khas si bakpao. Proses pengulenan (ulen cara manual) adonan agak sedikit susah karena tepung Tang mie ini membawa efek lengket pada adonan,tapi jangan kwatir hasil nya yang bagus membuat kita lupa proses pengulenan.

Untuk isi, resep dari majalah SEDAP ini emang paten punya (gaya bahasa udah ikutan cina glodok). Aroma bumbu Go Hiong menjadikan masakan ayam merah ini berasa aroma cina banget hihihihihi maksud nya rasanya seperti masakan-masakan di restoran cina. Apalagi setelah di tumis,dilanjutkan dengan membakar nya di oven..hmmmm wangi nya menari-nari di seantero dapur saya.

Bakpao isi Ayam Merah

Bahan Bakpao:
300 terigu protein rendah
60 gr tepung tang mien
2 sdt ragi instan
1 sdt baking powder
50 gr gula pasir
25 gr susu bubuk
1 putih telor
175 aer es
30 gr mentega putih
1/2 sdt garam

Bahan Isi :
500 gr daging ayam, potong kotak2x
1 sdm arak merah (boleh tidak pakai)
1 sdm minyak wijen
1 sdt bawang putih, dihaluskan
2 sdm gula pasir
1 sdm bawang merah, dihaluskan
1 sdt bumbu go hiong
3 sdt garam
1/2 sdt vetsin
1 sdt lada
1 sdm angkak merah, dihaluskan
1 sdm saus tiram

1 sdm bawang putih, cincang
1 sdm sagu + 100 cc air

Directions:
Cara Membuat Bakpao :
1. Campur terigu,tangmien,ragi isntan, baking powder, gula pasir, dan susu bubuk. aduk rata. Tambahkan putih telor dan air es sedikit-sedikit sambil diuleni sampe kalis
2. Masukkan mentega putih dan garam. Uleni sampe elastis. Diamkan 30 menit
3. Timbang masing2 30 gr. Bulatkan. Diamkan 10 menit
4. Pipihkan beri isi. alasi dengan kertas roti. Diamkan sampe mengembang (kurleb 30 menitan)
5. Kukus 7 menit di atas api sedang

Cara membuat isi :
Campurkan semua bahan isi, selain sagu dan bawang putih cincang. Aduk rata.
Tumis bawang putih dengan sedikit minyak.
Masukkan semua bahan isian yang sudah dicampur, aduk sampai daging matang. Tuangkan sagu yang sudah dicampur air, aduk-aduk hingga menjadi kental.

Menurut judul nya di SEDAP sih ini bakpao mungil untuk dimsum tapi bakpao buatan saya ini gak bisa mungil, mungkin mengikuti ukuran badan si pembuat nya, besaaar. Jadi sekali makan udah langsung kenyang. Sangat cocok untuk menu sarapan, tapi gak mungkin buat si bakpao ini di waktu hari kerja yah bisa sampai jam berapa di kantor mengingat proses pembuatan nya yang cukup memakan waktu, pilih lah hari sabtu minggu untuk mencoba, dijamin ketagihan. Selamat Mencoba.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *