Sushi Class

Begin

Sushi adalah makanan khas jepang berupa nasi kepal yang yang diberi isi atau toping yang bervariasi, seperti makanan laut, daging,sayuran mentah atau yang sudah matang. Sebetulnya sushi sendiri berarti “asam”. Karena dibuat dari nasi cuka. Maksudnya nasi yang dibumbui campuran cuka beras, garam, dan gula. Sehingga menghasilkan rasa masam yang lembut.

Belakangan dengan semakin menjamur nya gerai sushi, mulai dari gerai sederhana pinggir jalan hingga gerai mewah di mall, maka muncul banyak varian sushi, seperti western sushi yaitu perpaduan sushi jepang dan barat sampai java sushi, sushi yang menambahkan citra rasa masakan Indonesia seperti orek tempe dan rendang dalam gulungan nasi Suhi.

Kursus Sushi Roll

On Action

Kegemaran saya dan Ichil makan sushi membuat kami mengikuti sushi class di sabtu pagi kemarin. Sebuah restoran jepang di bilangan Jakarta Selatan, bernama Sakura Restaurant mempunyai program sushi roll class setiap akhir pekan, atau jika ada group berjumlah enam orang, sushi roll class dapat diadakan di luar akhir pekan.

Waktu kursus diadakan pukul sepuluh pagi hingga pukul dua siang, dan mendapatkan istirahat makan siang satu jam. Dengan biaya kursus RP. 120 ribu rupiah kita bisa belajar membuat sushi roll, tanpa harus membawa peralatan masak dan bahan-bahan untuk membuat sushi.

TheChef

Dengan perasaan antusias kami para peserta mulai belajar membuat sushi Roll dibawah bimbingan seorang Chef Sushi dari Restoran Sakura bernama Mr. Koes yang sudah berpengalaman membuat Sushi sejak tahun 1980.

Nasi Sushi

The Sushi

Bahan utama membuat sushi terletak pada nasi. Pemilihan jenis beras dan campuran beberapa jenis saus yang berfungsi sebagai pemberi rasa asam menjadi penentu berhasil atau tidak nya pembuatan sushi roll.

Berikut resep dan cara membuat nasi sushi :

Ukuran sauce sushi untuk 1 kg beras adalah:
Mitsukan su vinegar.  150cc
Garam.                       25 gr
Gula pasir.                  50 gr

Cara membuat sauce:
Semua bahan diaduk hingga merata sambil dipanaskan di atas air mendidih (seperti proses tim) sampai semua bahan tercampur, tidak perlu sampai mendidih.

Pengolahan nasi:

Siapkan beras jepang sebanyak 1 kg, lalu cuci dengan bersih. Lalu tiriskan dalam saringan selama 15 menit, setelah itu lalu dimasak dengan air sebanyak 1,8 liter, masak selama 45 menit. Lalu diangkat dan masukkan sauce sushi hingga merata, lalu di kipas hingga asapnya hilang dan dingin.

Pada umum nya beras yang dipilih untuk pembuatan nasi sushi roll adalah beras dari negara asal nya langsung yaitu Jepang, tentu saja dengan harga beli nya cukup mahal. Tapi untuk mengakali harga yang mahal, banyak  restoran jepang di Jakarta menggunakan beras yang berasal dari Amerika yang dikenal dengan nama beras Nisiki dengan harga beli yang lebih rendah tapi hasil yang didapat sama dengan beras yang di import dari Jepang.

Chef Koes juga memberi tips kepada kami peserta shusi roll class cara membuat nasi sushi dengan menggunakan beras lokal Indonesia yaitu dengan mencampur beras lokal dengan beras ketan. Berikut takaran dan cara membuat nya :

Bahan :
1 kg beras lokal
100 g beras ketan

Cara Membuat :
Sebelum di cuci, campur beras dan ketan dengan merata. Cuci campuran beras dan ketan sampai bersih, lalu tiriskan dalam saringan selama 15 menit, setelah itu lalu dimasak dengan air sebanyak 1,8 liter, masak selama 45 menit.  Lalu diangkat dan masukan sauce sushi hingga merata lalu dikipas hingga asapnya hilang dan dingin.

Sauce Sushi

TheSauce

Ada banyak jenis sauce yang biasa digunakan untuk membuat Sushi. Mulai dari sauce untuk campuran nasi sampai sauce sebagai pelengkap makan Sushi (sauce celup).

Sauce  untuk nasi

Untuk mengolah nasi sushi dibutuhkan vinegar (cuka jepang) yang beranama Mitsukan Su vinegar yang bercita rasa tawar sehingga masih perlu ditambahkan campuran garam dan gula pasir untuk menambah cita rasa yang nikmat. Namun di dunia yang serba instan ini sudah tersedia vinegar yang mempunyai cita rasa dan men spesialisasikan vinegar untuk Sushi sehingga kita tidak perlu menambahkan gula atau garam.

Sauce Celup.

Pada saat kita makan Sushi tidak lengkap rasanya jika tidak ditambahkan saus celup. Cita rasa saus celup ini cendrung asin sehingga di beberapa kedai sushi ditambahkan saus dengan cita rasa yang manis, dan bagi saya yang  mempunyai lidah Indonesia, saya selalu menambahkan bubuk cabai ke dalam  saus tersebut.

Berbeda dengan orang Jepang yang menambahkan Wasabi kedalam sauce celup. Wasabi terbuat dari akar tanaman wasabi yang berfungsi sebagai penetral racun yang ada di dalam bahan sushi yang mentah.

Campuran Sauce.

Bahan :
50 cc Mirin
50 cc Sake
100 cc kikoman cair
100 cc kikoman kental
5 cm Kombu (rumput laut)
3 gr Kotsuobusi (serutan ikan)

Cara Membuat :
Panaskan mirin dan sake, jangan sampai mendidih. Bakar campuran mirin dan sake tersebut agar alkohol nya hilang. Baru campurkan sisa bahan lain nya. Diamkan selama satu jam dan terakhir saring sisa rumput laut dan serutan ikan, agar sauce bersih dari ampas.

Menggulung Sushi

How to

Dalam pembuatan sushi roll proses yang wajib dilakukan adalah proses penggulungannya, dari awal mengikuti course memang tekhnik menggulung yang kami tunggu-tunggu, dimulai dengan menimbang dengan perkiraan genggaman tangan untuk nasi yang kita ambil, lalu menyiapkan nori lembaran, dan meratakan nasi tersebut diatasnya, memasukan isian sushi tersebut dan terakhir menggulung dengan bantuan sudare (alat gulung dari bambu), voila sushi tergulung dengan rapih, siap untuk di potong menjadi 6 sampai 8 bagian dengan menggunakan pisau yang sangat tajam yang sudah di basahi agar tidak lengkat.

How to Rolling the Sushi 

Ada tips yang di share oleh chef siang itu, dimana ketika meratakan nasi diatas nori, disisakan bagian ujungnya untuk mempermudah proses peggulunngannya. “senjata” kita untuk proses menggulung ini adalah sebaskom air untuk membasahi tangan agar tidak lengkat dan sehelai handuk basah.

Tips from Chef :

1. Semua bahan-bahan pembuatan Sushi Roll dapat di beli di supermarket Jepang yang yang ada di Jalarta

2. Untuk membeli bahan-bahan mentah pembuatan Sushi sebaik nya di beli di restoran Jepang yang mempunyai label “Sushi” yang sudah terjamin kesegaran bahan.

PS : untuk resep-resep Sushi roll yang di ajarkan pada kursus akan di posting pada categori Resep.



26 responses to “Sushi Class”

  1. siti says:

    wonderfull pictures and flows, thumbs up

  2. bartcatapult says:

    sempat bisa rakit, abis itu ambrol 😛

  3. Febee says:

    @Mbak Siti : Terima kasih ya..btw, udah di peraktekin belom sushi nya di rumah ?

  4. Febee says:

    @Beni : mungkin nasi nya yang belom pulen makanya jadi ambrol..cobain lagi pake resep diatas…

  5. VN says:

    Thanks Feb untuk takaran berasnya. Gue selalu curiga beras jepang bisa diganti campuran beras biasa + ketan tapi tak pernah nemu takarannya.

    PS: fotonya keren2 😀

  6. mantap ah detailnya : ) salam food blogger indonesia juga 🙂 dari http://www.indrahalim.com semoga majuuuuuuu terusss…. kalo di medan cuman ada sushi tei dan itcho …

  7. lina says:

    instructions nya gampang di mengerti… pics nya bagus… sip..sip!
    nanti aku coba ya..

  8. Ade Sri says:

    mantap Feb…lagi blogwalking ketemu nih websitemu. sayang aku ga suka sushi, jadi menikmati foto2nya saja yg keren inih…*hugs*

  9. Febee says:

    Halo Ade..thanks udah blogwalking ke ioflife..blog lo juga oke loh..boleh gue tarok di friends list gue yaa…

  10. Excellent read, I just passed this onto a colleague who was doing a little research on that. And he actually bought me lunch because I found it for him smile So let me rephrase that: Thanks for lunch!

  11. Hey very nice blog!! Man .. Beautiful .. Amazing .. I will bookmark your blog and take the feeds also…

  12. `’~ I am very thankful to this topic because it really gives up to date information .~”

  13. irlina says:

    hai sist.. terima kasih info tentang kursus sushi nya diatas, tapi saya baru mau coba ikut kursusnya nih.. masih dibuka ga ya kursusnya? akhir pekan saya mau ikut kursus itu, ada no telpon yg bisa dihubungu… lumayan worthed dengan harga 120rb bisa mendapat ilmu hebat bikin sushi.. thanks sist ^___^

  14. retno kusumawardani says:

    Wow.. I love ur post mba.. aku lg cari tau info ttg sushi class..dan postingan mba sangat menarik,, anyway May I know Sakura’s Phone number? =)

  15. chile says:

    Hi Retno,
    Terima kasih dan senang sekali postingan kami bisa bermanfaat.
    informasi dari : http://sakurajapaneserestaurant.blogspot.com/
    available class October 08 & October 15, 2011. Fee Rp. 150.000/person, For more detail information contact DEWI (0812.87955600)

    regards,
    Ichil

  16. lisha says:

    Hai sist.. Makasih bayak dah mau berbagi ilmu’y n sangat berguna banget info’y 😉 sukses ya sis(..

  17. tita says:

    febi, lu ga jualan sushi? gw mo daftar jd pembeli xixixi

  18. indra says:

    Istri gw br mau coba bikin sushi,doain yaaa:-)

  19. sandi says:

    infonya bagus..terimakasih ya..

  20. Dewi says:

    Mau tanya, takaran air untuk menanak nasinya adalah takaran masak pake panci atau pake rice cooker?

  21. ichi srimulyadi says:

    klo mau khursus harus mengubungi siapa dsn di nbr brp untuk bulan september 2013?

  22. Giva says:

    Boleh minta alamatnya?

  23. chile says:

    Sakura Cilandak
    Jalan R.A. Kartini (T.B. Simatupang) no.9 Lebak Bulus, Jakarta Selatan 12440
    Phone (+62-21) 7511193 – Fax (+62 21) 7511192

  24. farida says:

    hi apakah masih ada sushi class nya saya berminat

  25. chile says:

    Silakan langsung kontak ke Sakura, Jl. RA Kartini No.9, Lebak Bulus, Daerah Khusus Ibukota

  26. andre says:

    apa kelas suhsi ini masih ada kak?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *