Zuppa Soup

zuppa2 Beberapa tahun belakangan, makanan yang satu ini menjadi menu favorite kalau datang ke acara kawinan, entah darimana asal nya sup ini, yang pasti rasa nya yang luar biasa lezat sudah mencuri perhatian saya.

Menurut majalah yang saya baca, kemungkinan zuppa soup berasal dari Italy, mengingat Zuppa dalam bahasa italia berarti sup. Tetapi tidak ada sumber yang jelas, yang menyebutkan sup bertutup pastry ini berasal dari Negara itu. Zuppa Sup sendiri adalah sup yang berupa cream soup yang kental. Di atas nya di tutup lapisan pastry keemasan yang berlapis-lapis.

zuppa Saking identik nya sop ini sebagai menu di kondangan, saya menganggap hebat sekali kalau ada yang masak menu ini di rumah. Tapi itu dulu, setelah saya membaca resep nya dan di tambah lagi dengan adanya kulit  pastry instan yang banyak di jual di TBK, ternyata mengolah zuppa sup sangat mudah.

Sup ini biasanya saya buat untuk menu sarapan, cara menyantapnya kita tinggal menusuk bagian pastry, lantas menyantap supnya bersama kulit pastry, Sangat lezat jika disantap sewaktu masih panas.Resep saya ambil dari Majalah Sedap 10/X/2009.

Tips :

  • Karena Zuppa sup adalah sup yang berupa cream soup kental yang di atas nya di tutup oleh lapisan pastry, maka yang perlu diperhatikan adalah mulut wadah harus tertutup sempurna oleh kulit pastry, agar pada saat proses pembakaran kulit pastry tidak sobek.
  • Jika tidak punya wadah khusus zuppa sup, dapat menggunakan mangkok tahan panas yang ada dirumah.
  • Supaya Sup tidak hangus, selama di oven, magkuk berisi sup ditaruh di dalam wadah berisi air.
  • Isi soup jangan terlalu penuh agar kulit tidak menyentuh adonan soup. 

 

Zuppa Sup


Bahan Kulit :  Pastry instan
Bahan Soup :
250 gr dada ayam
1000 ml air
1 buah bawang Bombay cincang halus
100 gr jamur champignon, iris halus
3 sendok makan protein segar
2 Lembar bayleaf  (saya gak pakai)
2 sendok teh garam
¼ sendok teh merica hitam bubuk
1 sendok teh pala bubuk
½ sendok teh gula pasir
100 gr keju cheddar parut
200 ml cooking cream
1 butir telor, kocok lepas untuk olesan.
3 sendok makan mentega tawar untuk menumis

Cara membuat :

  • Rebus dada ayam dengan air sampai mendidih dan matang. Angkat dan saring kaldu nya, ukur 800 ml kaldunya. Potong-potong kotak dada ayam, sisihkan.
  • Tumis bawang bombai sampai harum, masukan jamur champignon. Tumis sampai layu. Tambahkan tepung terigu aduk sampai berbutir.
  • Tuang kaldu ayam sedikit demi sedikit, sambil diaduk sampai licin. Masukkan potongan dada ayam, bayleaf, garam, merica hitam bubuk, pala bubuk dan gula pasir. Masak sampai mendidih. Tambahkan keju cheddar parut dan cooking cream. Masak sampai meletup-letup.
  • Tuangkan di mangkok tahan panas, oles bibir pinggan tahan panas dengan air, tutup dengan kulit, oles telur.
    Oven selama 20 menit dengan suhu 200 derajat celcius sampai matang.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *