Di Balik Cerita

front

Ketika saya pulang ke rumah mama minggu lalu, tidak sengaja saya menemukan setumpuk koleksi resep punya mama yang sudah di kumpulkan beliau sejak berpuluh-puluh tahun yang lalu. Saya menemukan setumpuk buku dengan kertas yang sudah menguning, bahkan ada satu dua buah buku resep yang masih menggunakan ejaan lama. Saya juga menemukan kumpulan keliping dari halaman majalah wanita ber tahun 1980 an, di salah satu kliping tersebut saya menemukan foto almarhum aktor Ryan Hidayat masih kecil ketika dia mengiklan kan produk blueband. Yang membuat saya tersenyum adalah, saya membaca resep-resep yang di tulis mama dengan tulisan sambung khas mama dalam sebuah buku tulis merk bola dunia. Saya seperti menemukan harta karun.

Saya membayangkan, mama pasti mengumpulkan semua “harta karun” itu dengan perasaan sayang, sama seperti yang saya lakukan sekarang. Kalau dulu beliau mengumpulkan semua resep itu dari buku-buku, bertahun-tahun kemudian di era tekhnologi seperti sekarang ini saya menggunakan tekhnologi internet untuk mencari dan mengumpulkan semua “harta karun” saya.

Apalagi selain masak saya juga hobi wisata kuliner, dengan alasan itu lah maka saya membuat sebuah blog makanan yang lengkap, berisi resep, review kuliner, review buku resep, blog seputar makanan dan terakhir mengulas tentang traveling yang juga menjadi hobi saya. Kebetulan sekali Ichil, sahabat saya mempunyai hobi foto dan sedang ingin memperdalam ilmu food fotografi, kerja sama yang cocok untuk membuat sebuah blog makanan, saya sebagai tukang tulis dan Ichil sebagai tukang potret.

Nama blog ini adalah http://ioflife.com singkatan dari indgredients of life yang arti nya bumbu- bumbu kehidupan. http://ioflife.com  adalah blog makanan yang sederhana dengan menggunakan theme design geratisan dari wordpress yang kami buat sendiri bukan coding khusus, yang menurut kami terlalu berlebihan untuk sebuah blog pribadi. Dan baru-baru ini ioflife.com baru saja pindah server yang lebih besar mengingat Quota yang terus meningkat.

Hampir semua resep yang ada di blog ini adalah masakan favorite saya yang sering saya masak di dapur, jadi dari pada susah-susah mencari ditumpukan buku resep atau googling di internet, saya tinggal membuka blog saya kalau saya lupa resep masakan favorite. Satu lagi manfaat yang paling terasa adalah, kalau ada teman yang menanyakan resep yang pernah saya coba, saya tinggal kasih link url blog saya, tanpa saya harus bersusah payah mengetik satu resep di sms.

Tidak ada penghargaan yang lebih membanggakan dan mengharukan buat saya dan Ichil jika ada email- yang berbagi cerita kalau resep yang ada di blog saya membuat mereka senang. Seorang ibu bercerita bahwa salah satu resep cake di blog saya menjadi makanan favorite keluarga nya, seorang teman diluar kota mengabarkan kalau jualan kue nya laku keras setelah mencoba resep cookies dari blog saya. Walaupun semua resep-resep itu bukan murni dari saya tapi merupakan kumpulan dari berbagai sumber, saya tetap bangga telah membagi nya. Buat Ichil mungkin melalui blog ini foto-foto nya dapat dilihat banyak orang, yang menghadirkan job motret, seperti minggu ini pemotretan makanan untuk salah satu café cukup terkenal di bilangan kota tua Jakarta.

Sayang sekali saya tidak punya banyak waktu untuk rutin meng-update blog ini, mengingat keterbatasan waktu dalam pekerjaan. Saya dan Ichil mengharapkan semoga blog ini dapat bermanfaat buat kami dan buat teman-teman semua.



5 responses to “Di Balik Cerita”

  1. VN says:

    Ember Feb. Di gue juga gitu. Buat ngumpulin resep aja dan rekaman gue pernah coba masak apa, jalan2 kemana, dan icip apa aja. Gak ada yg komen, gak ada yg liat juga gpp karena buat konsumsi sendiri. Bukan kontes Ms. Popularity :D.

  2. dewi boestami says:

    nice blog and very helpful for me n surely for others,thanks a TON!

  3. Febee says:

    Venny : Salah satu alasan bikin blog ini juga karena “syirik” liat blog lo yang keren buanget dan foto-foto nya yang selalu bagus….thanks yah Ven…

  4. Febee says:

    Bunda : Thanks udah sering mampir kesini…

  5. Mantap ah..memang resep kita tak boleh punah..kalo bisa ada terus dan jangan takut sharing kecuali memang yang di BISNISKAN hehe.. 🙂 salut ahh..
    btw aku dah exchange links yah ama indrahalim.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *