Choco Brownie with Avocado Mousse

Avocado Slice  

Masih seputar sayuran sebagai bahan cake. Kalau minggu kemarin saya mencoba wortel sebagai bahan campuran cake, kali ini saya bermain-main dengan avokad yang saya buat Mousse.

Sebenar nya ada cerita dibalik pembuatan avocado Mousse ini. Beberapa minggu yang lalu, secara gak sengaja saya mampir ke sebuah cafe di daerah BSD, didalam deretan chiller cake nya, saya melihat ada satu cake yang cantik sekali. Warna hijau nya menarik perhatian saya, saya langsung pesan, dan waktu di coba hwaaaaaaaaaaaaaaa enaaaaaaaaak banget. Saking doyan nya, saya sampe niat kenalan sama cheff nya, kesampaian sih kenalan sama cheff nya, tapi teteeep resep avocado mousse nya gak di kasih, ya iyalah yaah.. kan modal buat jualan kali…

Akhir nya saya cari tau sendiri gimana cara membuat mousse avocado yang lembut itu, kebetulan banget di edisi sedap yang terbaru (5/XI/2010) ada resep avocado mousse. Traraaaaamm langsung peraktek deh. Untuk base cake nya saya menggunakan brownis coklat, tapi ternyata itu pilihan yang salah, karena dua tekstur itu saling bertolak belakang. Lembut nya Mousse harus nya di tarok di chiller atau di frezer, sedangkan si brownis coklat kalau di tarok di chiller jadi kweras, harus nya saya pake bolu coklat yang ber tekstur lembut sebagai cake dasar.

Dan untuk Mousse nya sendiri saya mengganti pemakaian cream kental yang tertera di resep dengan whipped cream, yang saya sesuaikan dengan ingatan saya akan mousse avocade di cafe itu. Dan saya sengaja membuat tekstur aovacado nya tidak halus seratus persen, tapi masih ada rasa gerindil-gerindil si daging avocado nya… hmmmmm enak banget. Bayangkan, lembut nya mousse avocado bersanding dengan rasa coklat, terasa pas di lidah, apalagi jika dimakan dalam keadaandingin..so perfect.

Mousse Avocado

Bahan :

200 ml susu cair

100 gr gula pasir

20 gr tepung meizena, dicarikan dengan 50 ml susu cair

2 kuning telur

4 lembar gelatin, rendam dan tiriskan

250 gr daging alvokad, belender halus (saya pakai 350 g)

200 gr  cream kental  (Whipped cream), kocok sampai kental

Pewarna hijau secukup nya

1 sdt esense avocado

 Cara Membuat :

  • Rebus susu dan gula pasir sampai mendidih, masukan larutan tepung meizena, masak sambil diaduk sampai meletup-meletup, matikan api. Tambahkan kuning telur, aduk cepat.
  • Nyalakan api, masak lagi sambil diaduk sampai meletup-letup. Masukkan gelatin aduk sampai larut. Angkat.  Biarkan hangat.
  • Masukkan kocokan cream sedikit-sedikit sambil di kocok perlahan dan terakhir masukkan belenderan avokad, aduk rata,  bekukan.

Brownis  Coklat

Bahan :

100 gr mentega tawar

¼ sdt garam

180 gr dark cooking chocolate di potong-potong

2 butir telur

100 gr gula pasir

35 gram tepung terigu protein sedang

20 gr coklat bubuk

10 gr susu bubuk

¼ sdt Baking Powder

50 gr coklat chips

Cara membuat :

  • Panaskan mentega, tawar dan garam. Matikan api tambahkan potongan dark chooking chocolate aduk sampai larut,sisihkan dan biarkan mengental.
  • Kocok telur dan gula pasir du menit smpai kental, tuangkan campuran mentaga tawar sedikit-sedikit sambil dikocok rata. Masukkan tepung terigu,coklat bubuk, susu bubuk dan baking powder sambil di ayak dan aduk rata, tambahkan coklat chips. Tuang di Loyang 20x20x3 yang di oles margarine dan di alas kertas roti.
  • Oven 40 menit dengan api bawah, suhu 180 derajat celcius


3 responses to “Choco Brownie with Avocado Mousse”

  1. bartcatapult says:

    enak nih feb, dimana nyari ini di Bali ya?

  2. emma says:

    waaahh… sepertinya enak banget. saya juga suka banget cake cokelat pake mousse alpukat, n dulu berusaha nyari resepnya g ketemu, sampe ngarang sendiri tapi kurang sip. hiks. kapan2 saya nyoba mraktekin resepnya ya, mbak.. terima kasih.. 🙂

  3. Melia says:

    Hi, kayaknya enak banget resepnya…cuma pengganti gelatin apa ya? Soalnya gak bisa pakai krn yg lembaran gitu biasanya gak halal buat yg Muslim. Thanks before ya Sis…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *