Kedai Kak Ani

Front

Satu lagi tempat makan baru hadir di area kemang. Penampilan  kedai baru ini menarik perhatian saya setiap kali saya melewati jalan raya kemang menuju kantor. Saya sebut kedai, karena memang nama nya Kedai Kak Ani Masakan khas Medan. Daun pintu dengan design berciri khas  melayu berwarna hijau dan sebuah motor becak khas medan seolah memanggil-manggil saya untuk berkunjung.

Sepulang dari kantor, saya dan Ichil sengaja melipir ke kedai kak ani.  Di depan pintu antik itu kami disambut ramah oleh pelayan yang ber seragam baju khas deli.  Uniknya, Tidak seperti  restoran indonesia pada umum nya yang meletakkan  dapur di bagian belakang, untuk kedai ani ini dapur  di expose  bagian paling depan, jadi pada saat kita buka pintu yang tampak pertama kali adalah dapur bersih dan  para koki yang sedang ber aksi menyiapkan hidangan. Bahkan dari luar kedai pun, kita juga bisa melihat keadaan dapur karena hanya di batasi oleh kaca bening yang mengingatkan saya seperti bakery-bakery modern di mall. Unik sekali.

Jika diliat dari nama dan penampakan luar sangat terasa atmosfir ke traditionalan si kedai, tetapi begitu memasuki ruangan, kita akan di sambut oleh nuansa modern yang nyaman, warna hijau muda dan putih yang menyejukkan mata ,sofa-sofa lembut  dan dominan kaca di hampir seluruh ruangan yang merupakan  ciri khas resto modern. Kebetulan malam itu pemilik kedai yaitu Kak Ani datang  menyambangi meja kami  dan dengan ramah nya bercerita sedikit tentang kecintaan nya akan memasak yang membawa nya sukses membuka sebuah restoran di daerah Kemang.

Interior

Setelah kami membaca menu, saya memesan  menu  yang mendapat jempol dari Kak Ani, yaitu Lontong sayur Medan (Rp.28.000), Ichil memesan Mie rebus medan( Rp.22.000), sebagai tengahan kami memilih kerang bulu(Rp.22.000)  asli dari medan,  untuk minuman kami memilih es campur medan (Rp.20.00) dan es Jeruk ketna (Rp. 18.000). Walaupun jenis mkanan utama yang di tawarkan tidak banyak tapi ada banyak  jenis makanan kecil khas medan terpampang, seperti ketan kenca  durian, kue lupis ketan dengan siraman gula merah, es tebu dan masih banyak yang lainnya.

The Food
Lontong sayur medan hadir pertama kali, penampilan layaknya lontong sayur ala café, tampak cantik dalam porsi yang kecil, terdiri dari wortel, buncis dan labu siam di potong dadu dilengkapi  oleh lontong, balado teri, rendang sapi, taucho udang  dan telur pindang. Rasa udang terasa dominan  ketika saya menyeruput kuah santan, menyusul  semua bahan yang saling melengkapi rasa dengan takaran yang  sempurna. Kriuk-kriuk teri medan masih terasa hingga akhir santapan. Untuk mie medan juga tidak kalah istimewa ,rasa udang juga begitu dominan dalam kuah mie yang kental  dengan tauge, kentang, tahu, bakwan udang, telur dan kerupuk udang , walau untuk rasa menurut saya enak tapi saya lebih menyukai mie rebus dengan jenis kuah yang tidak kental seperti mie kuah jawa, terasa lebih segar.  Untuk kerang  tidak ada yang istimewa selain ukuran nya yang lebih besar dibanding kerang yang biasa saya makan di tenda seafood pinggir jalan. Jangan tidak mencoba es campur medan nya jika mampir kesini,  silahkan merasakan sendiri hidangan satu ini.

Drink

Sangat disayangkan tempat yang nyaman ini tidak ada ruangan khusus perokok, jadi kami yang tidak merokok cukup terganggu dengan asap rokok dalam ruangan ac, semoga sekarang kedai Kak Ani sudah menyediakan ruangan khusus perokok. Mungkin karena masih baru untuk system pembayaran masih harus membayar cash untuk setiap “kerusakan” yang kita timbulkan.

Berkunjung ke kedai Ani menurut saya bukan seperti  mengunjungi kedai makan, tapi  seperti  mengunjungi rumah kerabat yang  pintar masak dan selalu menghadirkan masakan lezat dari dapur rumah nya, masakan yang di masak dengan rasa cinta. Jadi kita sedang berada di Kemang, malas menghadapi macet nya lalu lintas kemang atau ingin mencoba masakan medan yang enak silahkan mampir ke kedai Kak Ani.

Kedai kak ani – Masakan khas medan

Jalan kemang selatan No. 125A
Jakarta 12730
Telp 0217198587
Jam buka : 09.00 – 00.00



11 responses to “Kedai Kak Ani”

  1. jenz says:

    tempatnya bagus ya Feb..
    cm harganya agak mahal, soalnya gw biasa makan makanan medan di dekat rumah gw. lontong sayur & nasi campur medan biasanya kira2 8rb-15rb paling mahal. 🙂

  2. Febee says:

    Bener Jenz..harga bisa dibilang mahal..gak tau tuh apa pengaruh di kemang kali yah ?? gue baru loh rasain ketupat sayur medan..ternyata enak banget, ada rasa udang nya gitu..kapan2 boleh tuh nyobain deket rumah lo jenz..

  3. upie says:

    Jenz, ada referensi lain buat resto/tmpt makan khas melayu medan? Kita seringnya makan di sari melayu di radio dalam.
    28ribu pake tax tambahan lagi ngga di kedai kak ani? Harganya standard harga dikemang ya…

  4. ruth says:

    astojim mahal bener
    jauh murahan dsini(medan)
    gw makan lontong sayur dkt kosan sama d kampus cuma 5000 udah kenyang n enak bgt..hohoho

  5. chika says:

    Alamak mahalnya, untuk sepiring lontong sayur keknya agak “mencekik leher” ni harganya, itu jualan apa nodong???? . admin, salam kenal, kapan smpat mampir la ke blog ak ni alamatnya: http://www.vchika.co.cc , di tunggu yua. trims

  6. dina eny anna says:

    Horas. Salam kenal
    Makanan Medan.. yipiii. Makanan enak patut di coba, klo elo pecinta Masakan Khas Indonesia. Daripada beli secangkir kopi 30rb-an. Yang penting abis makan ga jad miskin.
    Coba akhhh..

  7. Sari Thea says:

    Malam ini kami makan di kedai Kak Ani Kemang krn penasaran kesan pertama kami kurang baik pertama pelayannya tidak ramah dan tidak ada senyumnya lalu pesanan kerang rebus yg kami pesan sampe kami pulang belum keluar alias tdk sampe ke meja kami padahal sampe 3 kali kami tanyakan mana kerang rebusnya yg bikin ngga enak lg meja didepan kami yg belakangan datangnya sekitar setengah jam an jg pesan kerang rebus dan sudah diantar lebih dulu dari kami ketika kami tanyakan lg knp blm keluar kerang rebusnya alasan pelayannya msh dimasak…. Kami amat sangat kecewa dng pelayanan di Kedai Kak Ani….Itu kunjungan pertama dan terakhir buat kami…

  8. Febee says:

    Halo Sari, wah sayang sekali ya kamu mengalami kejadian gak enak di kedai Kak Ani. Kebetulan saya mengunjungi kedai kak Ani bertepatan dengan luanching kedai ini, jadi saya bisa langsung bertemu dengan Kak Ani nya dan beliau melayani kami dengan ramah. Udah lama saya tidak berkunjung lagi kesana dan tidak tau bagaimana sekarang, sayang juga kalau pelayanan nya yang bagus di awal jadi buruk begitu. Harus nya agar bisa eksis mereka harus semakin meningkatkan mutu bukan malah menurun yaah…

  9. Suyana P says:

    Di ITC BSD Lt. 2 Blok B1/5 Hp. 0811.874.703 juga menyediakan masakan khas medan yg special seperti Emi-Medan, Mie Siantar, Mie goreng kangkung terasi yang lezat dan terasa balacannya, kwetiew siram Medan, kwetiew goreng Medan, mie keriting goreng dgn harga kisaran Rp. 15.000 s/d Rp. 20.000,- dan bagi penikmat kopi kami menyediakan kopi Kok Tong asli Siantar, kopi Aceh Gayo, Kopi Mandailing, Kopi Sidikalang dan kopi Jantan yg berkasiat meningkatkan Vitalitas dan tersedia smoking area yg luas.

  10. Max Pohan says:

    Ada tahu goreng Medan nggak ya? Wah saya “kabita” banget nih sama tahu goreng medan,

  11. Ahmad says:

    Pancake durian medan & sate kerang tanjung balai phone 08116128180 & 085261219078 alamat jalan Abdullah lubis no.57/71

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *