Kaastengels

KastangelGara-gara liat foto Kaastengels di Facebook  Alin, saya jadi tergoda untuk membuat nya juga. Ternyata keberhasilan membuat kue itu sangat tergantung dari resep yang di pakai. Terbukti beberapa kali saya membuat kaastengels, baru kali ini hasil nya yang sangat sempurna, baik rasa maupun tekstur.

Yook mulai masak yook….telur dan mentega di kocok dengan menggunakan mixer sebentar, asal tercampur rata saja (tidak perlu sampai putih atau keluar si jambul petruk) baru di masuk kan bahan utama dari si kaastengels ini, yaitu keju. Menurut resep, keju yang di gunakan adalah keju edam, tapi karena takut pait saya mencampur due jenis keju yaitu keju edam dan keju kraft. Baru sesudah itu masukkan tepung terigu nya. Agar adonan tercampur rata dan kalis, saya tindak menggunakan bantuan solet, tapi menggunakan tangan langsung, step terakhir, adonan diratakan dengan menggunakan Rolling pin dan di cetak. Penggunaan cetakan akan sangat-sangat membantu pembuatan kastengel ini. Oven dengan suhu rendah.

Resep dari majalah Sedap Sekejap ini patut di coba, rasa nya tidak beda dengan kanstangel premium yang biasa saya beli setiap lebaran, lumayan deh lebaran tahun ini saya tidak perlu pesan lagi, udah bisa bikin kastengel sendiri. Tapi gimana cara nya yah menyusun si kastengel agar terlihat rapih di dalam toples??

KAASTENGELS

250 g mentega
4  kuning telur
50 g tepung maizena
300 g terigu
1/4 sdt baking powder
200 g keju edam, parut (atau parmesan, parut)
100 g keju cheddar, parut panjang untuk hiasan
2 kuning telur untuk olesan

Cara Membuat :
1. Kocok mentega dan kuning telur sampai lembut, masukan keju edam.
2. Ayakkan terigu, baking powder dan maizena di atas adonan, aduk rata 
3. Bentuk panjang (lk 3 cm), olesi permukaannya dengan kuning telur.Taburi keju parut. Oven sampai matang, suhu rendah saja 140-150 derajat agar betul-betul renyah merata.



One response to “Kaastengels”

  1. imelda says:

    Feb, kalo ga ada keju edam, adanya kraft biasanya, ngaruh gak ama rasanya?Pengen nyoba resep elo nih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *