Ayam Betutu

Ayam betutu

Jujur saja, saya tidak terlalu menyukai masakan dari Bali. Jika berlibur ke Bali, sehari dua hari saya masih makan masakan khas bali, tapi sesudah itu saya sudah menyerah, dan mulai mencari masakan lain. Tidak seperti kalau saya liburan di Lombok,  setiap hari saya sanggup menyambangi makanan khas pulau cabe tersebut.

Namun begitu, bukan berarti saya tidak menyukai semua masakan dari Bali, ada beberapa menu Bali yang menjadi favorite saya, seperti sambal matah dan Ayam atau Bebek Betutu. Bahkan, ketika liburan terakhir saya April tahun lalu ke Bali saya menemukan sebuah restoran ayam betutu ala Gianyar di Ubud dan saya membungkus 4 ekor ayam betutu sebagai oleh-oleh ke Jakarta.

Hari ini saya lagi kangen banget sama Bali, kangen suasana eksotis Bali. Apalagi hari ini seluruh umat Bali sedang merayakan Tahun Baru Saka, pengen banget rasanya merasakan suasana nyepi di Bali. Semoga Tahun depan keinginan saya itu terkabul, amin.  Dan, hari ini untuk mengobati rasa rindu saya akan bali saya ber-eksperimen di dapur dengan membuat Ayam Bakar Betutu. Resep saya contek dari majala sedap.

Sambal Matah

Jika di perhatikan (saya tidak sempat Googling) untuk ayam betutu ini ada beberapa genre, ayam betutu gilimanuk menghadirkan rasa segar dengan kuah khas aroma bali (base genep)yang kental, tapi di lain kesempatan saya menemukan ayam betutu dengan tampilan ala ayam bakar krispi tapi tetap dengan meninggalkan jejak rasa bumbu base genap khas Bali.

Untuk ayam betutu ala majalah Sedap ini, seperti nya menggunakan genre ayam bakar krispi, dengan proses pengukusan dan pemanggangan di Oven yang membutuhkan waktu cukup lama. Bahkan saya pernah menonton cara pembuatan bebek betutu ini di sebuah channel AFC, untuk menghasil kan ayam betutu yang sempurna ayam atau bebek di bakar dalm abu panas selama ber jam-jam, sudah terbayang gimana lezat nya rasa yang di hasilkan.

Berhubung akan sangat susah menghadirkan proses pembakaran khas bali tersebut di rumah,  kita juga bisa membuat ayam betutu yang enak dengan cara pengukusan dan pemanggangan dalam oven. Tentu saja ayam betutu ini akan sangat nikmat jika di sandingkan dengan sambal tersohor dari Bali, yaitu sambal Matah.

Howto_ayam betutu

Jika anda sedang merasakan kerinduan yang sama dengan saya akan Bali, silahkan mencoba resep khas bali satu ini, semoga bisa sedikit mengobati rasa rindu akan Bali.

Buat sahabat-sahabat saya di Bali dan di Lombok yang merayakan Nyepi, saya mengucapkan selamat hari nyepi..

Ayam Betutu

Bahan :

100 gram daun singkong, rebus, iris

1 ekor ayam

2 lembar daun pisang

Minyak sayur untuk menumis

Bumbu Halus :

8 buah cabai merah

4 buah cabai rawit

4 siung bawang putih

8 siung bawang merah

1 sendok the ketumbar butiran, sangrai, giling

½ biji pala, parut halus

1 batang serai, ambil bagian putih nya

2 cm lengkuas

2 cm jahe

3 cm kunyit

2 lembar daun jeruk

2 sendok the garam

½ sendok the merica bubuk

1 sendok the gula pasir.

Cara membuat

  • Giling semua bumbu halus, jangan sampai terlalu halus
  • Panaskan minyak, Tumis bumbu halus hingga matang. Angkat, bagi dua. Lumuri setengah kea yam dank e daun singkong
  • Masukan daun singkong ke dalam perut ayam. Sematkan dengan lidi. Bungkus dengan daun pisang. Kukus satu jam
  • Oven 90 menit dengan suhu 150 derajat sampai benar-benar kering. Angkat. Keluarkan isi singkong, hidangkan bersama ayam yang sudah matang.


7 responses to “Ayam Betutu”

  1. sinta says:

    hmm…tampak mudah dan mengundang

  2. atika says:

    bikin ngiler aja nih mbak ayamnya apalagi sambal matahnya……….

  3. Febee says:

    Ayookk mbak-mbak..dicoba…

  4. Jeanny says:

    Mbak, ayam betutunya benar-benar mengundang selera nih.. Mau nanya, di foto yang terakhir, paling bawah setelah ayam dibungkus daun, itu dimasukkan ke panci ya? setelah itu prosesnya bagaimana mbak? Terima kasih.

  5. Febee says:

    Mbak Jeanny, setelah ayam di bungkus di masukan ke dandang untuk di kukus..setelah itu di oven…semoga membantu…

  6. dian says:

    mbak, resto ayam betutu nya yg di ubud itu nama nya apa??

  7. Febee says:

    Halo Mbak Dian..

    Nama restoran ayam betutu di Ubud Restoran ayam betutu ala Gianyar, cuman itu nama yang terpampang di depan restoran itu..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *