Laksa Jakarta

Laksa Jakarta 

Menurut hasil googling saya, Laksa adalah makanan berjenis mie yang ditaruh bumbu dengan kebudayaan Peranakan, yang digabung dengan elemen tionhoa dan melayu. Laksa mempunyai beberapa jenis, yang paling  terkenal adalah yang berjenis Laksa Penang, bentuk mi-nya bulat putih dan sedikit tebal. Di Indonesia juga terdapat beberapa jenis laksa seperti Laksa Bogor dan Laksa Betawi. Nama Laksa diambil dari bahasa sanksekerta yang mempunyai arti banyak, menunjukkan bahwa mi Laksa dibuat dengan berbagai bumbu.

Ngomongin soal Laksa, awal nya saya tidak begitu menyukai masakan satu ini. Selain kuah santan nya yang kental dan rasa bumbu nya yang kuat menjadikan perut saya terasa penuh setiap kali menyantap satu mangkok Laksa.  Tapi ketika saya ikut tour tangerang sutra yang di adakan milis JS, saya di suguhi laksa tangerang yang menurut saya laksa paling enak. Kuah santan nya yang tidak begitu kental, dengan potongan ayam yang sudah di bakar terlebih dahulu dan potongan oncom membuat saya ketagihan Laksa.

Dan beberapa hari yang lalu, gara-gara saya melihat foto masakan Laksa di sebuah majalah saya jadi ngiler pengen makan laksa juga. Cari-cari resep nya di internet, ketemu dengan resep Laksa Jakarta punya NCC. Dan waktu saya baca resep nya, ternyata semua bahan-bahan nya ada lengkap di kulkas. Akhir nya malam itu saya jadi menikmati Laksa Jakarta ala NCC, oh iya satu yang kurang, saya gak punya lontong nasi sebagai teman makan Laksa. Untuk takaran santan nya sengaja saya membuatnya lebih encer dengan menggunakan santan kara.  Dengan suwiran ayam kampung dan taburan segar daun kemangi menjadi kan rasa laksa nya tambah nikmat. Jangan lupa sertakan sambal cabe rawit sebagai pelengkap. ….

Bahan:

1ltr santan cair

½ ekr ayam, potong 4

250ml  santan kental

 Bumbu:

2 bt sereh, memarkan

2 lbr daun salam

2 lbr daun jeruk

 bumbu halus:

8 bh  bawang merah

4 bh  bawang putih

1sdm ketumbar

1 pt kunyit

1 pt jahe

1 pt lengkuas

2 bh cabe merah

6 btr kemiri

½ sdt gula jawa

½ sdm garam

pelengkap:

150 gr  bihun, rendam, tiriskan potong-potong

2 btr telur rebus

2 ikat daun kemangi, ambil daunnya

1 sdm bawang goreng

2 bh  jeruk nipis, iris tipis.

Cara membuat:

1.  Tumis bumbu dengan 3 sdm minyak goreng hingga harum

2.  Masukkan santan cair, masak hingga mendidih

3.  Masukkan ayam, masak hingga matang, angkat. Suwir-suwir

4.  Tuang santan kental kedalam rebusan santan cair masak sambil diaduk hingga mendidih.

5.  Cara menyajikan: tempatkan bihun dalam mangkuk, beri suwiran daging ayam, irisan telur, dan daun kemangi. Tuangi kuah laksa, taburi bawang goreng. Sajikan dengan ditemani irisan jeruk nipis.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *