Roti Coklat

Roti Coklat

Waktu saya masih tinggal dengan orang tua dulu, saya sering mencium wangi roti hangat menyeruak dari arah dapur, iya benar, mama saya beberapa kali  membuat roti untuk camilan kami di rumah. Biasanya untuk isi roti nya, mama menggunakan bahan-bahan yang mudah di dapat seprti pisang, selai nanas, selai stroberry dan yang paling saya suka dalah roti isi kelapa buatan mama, terasa sekali legit dan aroma vanilla dari adonan isi kelapa nya. Sambil menikmati berbagai macam isi roti yang masih hangat kami ngobrol dengan penuh kasih, rasanya sudah lama sekali saya tidak merasakan suasana itu lagi.

Oleh karena itu saya jadi pengen untuk bisa membuat roti sendiri suatu saat nanti. Dan akhir nya setelah maju mundur beberapa kali, saya berhasil juga menghadirkan semerbak wangi roti ke semua penjuru rumah.  Untuk awal, saya membuat roti isi keju dan isi coklat. Resep saya ambil dari ncc. Awalnya saya mau membuat setengah resep saja, mengingat saya tidak menggunakan mesin untuk mengolah bahan roti.  Tapi tanggung juga, akhirnya dengan satu resep saya ber olahraga menguleni adonan dasar. Bener deh, ternyata membuat roti tidak sesulit yang dibayangkan. Menurut saya, tingak kesulitan nya jauh dibawah jika kita mmebuat ciffone. Proses peragian dan pengulenan yang pas sesuai petunjuk resep menjadi rahasia kesuksesan dalam membuat roti.

Jadilah pagi ini saya sarapan dengan roti isi keju dan isi coklat buatan saya, untuk rasa??  Resep ncc gak ada mati nya deeh.

Roti hangat 

ROTI COKLAT

Bahan A:

500 gr  tepung terigu protein tinggi
100 gr  gula
11 gr   ragi instan
1/2 sdt    bread improver
4 btr     kuning telor
200 ml  air Es

Bahan B:

100 gr  mentega/margarine
5 gr      garam

Bahan C:

100 gr  coklat mesis

Cara membuat:

  • Aduk bahan A, uleni hingga bergumpal-gumpal, masukkan bahan B, uleni terus hingga kalis elastis. Istitirahatkan 20 menit.
  • Kempiskan adonan, potong timbang 40 gr, bulatkan.
  • Istirahatkan 10 menit.
  • Aduk rata bahan C.
  • Ambil satu bulatan adonan, beri isi bahan C, bentuk bulat. Lakukan untuk semua bulatan.Diamkan 30 s/d 60 menit, tergantung kehangatan udara. Setelah terlihat mengembang ringan, poles atasnya dengan kuning telur kocok, panggang selama 20 menit, suhu 180 C hingga terlihat keemasan. Angkat.


3 responses to “Roti Coklat”

  1. rosmalia says:

    Hai, salam kenal yah…aku juga member NCC
    Cantik sekali blognya, aku suka…simple tapi indah…:)
    Selamat yah udah bisa bikin roti, aku juga suka bikin roti…menyenangkan sekali bikin roti, dan yang jelas enak banget buat camilan…hangat2, fresh from oven…
    Lanjutkan baking bread yah…SEMANGAT!!!

  2. etu says:

    Feb, di Bandung ada toko roti Sidodadi model roti Lauw Jakarta, roti coklatnya juga enak.

  3. Febee says:

    Etuu…thaanks info nya..nanti kalau ke Bandung cari ahk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *