Lesehan Warung Padang di rumah Joglo

Lesehan padang_s Menikmati masakan padang di restoran padang sambil sambil lesehan? Rasanya sudah menyalahi pakem kebiasaan rumah makan padang yang ada, ditambah lagi menikmati masakan padang di dalam bangunan joglo yang di dominasi kayu jati dan ukuran jawa di seluruh ruangan ? wah lebih gak bener lagi. Tapi situasi seperti itulah yang saya temui di rumah makan Lesehan Warung Padang di bilangan Kemang Jakarta Selatan, dan itu juga yang menjadi daya tarik saya untuk mampir setelah membaca sepanduk restoran Masakan Padang Lesehan Asli Kampung.

rendang_s Udara sejuk sehabis hujan dan angin sepoy-sepoy menyambut saya dan Ichil sabtu sore kemarin. Setelah mempelajari menu yang tertera di dinding, Kami menemukan keunikan lain dari restoran ini. Tidak seperti di restoran Padang pada umum nya, yang menghidang kan semua masakan nya di meja, di restoran ini kita tidak menemukan situasi seperti ini, yang kita temui adalah seorang ibu yang ramah menyambut kita dan menanyakan menu makanan apa yang kita inginkan. Ibu itu bernama Juriati, kepala koki di restoran ini. Dan tentu saja keunikan lain nya adalah makan lesehan ala restoran jawa.

food_s Tidak banyak menu yang disediakan di restoran padang ini, yang menjadi menu andalan adalah Soto padang dan Rendang hitam. Menu yang kami pesan adalah soto padang ( Rp.15.000), nasi goreng padang ( Rp.15.000) ,rendang hitam ( Rp.15.000) dan teh talua (Rp. 7000). Menu pertama yang datang adalah soto padang dengan setungkup nasi putih yang di taburi bawang goreng plus kerupuk merah khas kerupuk padang. Soto padang hadir dengan topping irisan daging sapi yang melimpah, setelah saya coba daging sapi itu benar-benar renyah dan garing, sepertinya taburan daging itu adalah potongan dendeng dengan gendre badaruak, jenis dendeng kering yang kriuk-kriuk jika di makan. Untuk kuah soto ya sendiri hadir dengan ke segaran kaldu yang nikmat, saya tidak merasakan aroma rempah yang menyolok di lidah. Di tambah dengan potongan pergedel kentang dan taburan daun bawang membuat saya yakin soto ini di masak dengan Hati.

Nasi goreng padang dan rendang hitam datang bersamaan, ketika saya coba,  nasi goreng nya agak sedikit manis menurut lidah saya yang doyan pedas. Saya mengharapkan rasa rempah yang berlimpah dan pedas yang menggigit seperti ciri khas nya nasi goreng dan mie goreng padang yang biasa saya kenal. Tapi saya masih menemukan jejak aroma seledri di setiap nasi yang saya kunyah, seperti nya aroma daun seledri adalah ciri khas nasi goreng padang selain rasa rempah nya yang kuat.

Interior_s Untuk juara nya dari semua menu yang saya pesan sore ini adalah Rendang Hitam nya. Irisan pertama si rending hitam langsung mengingatkan saya akan rendang kiriman nenek saya yang berasal dari Sumbar. Di Jakarta susah menemukan rumah makan yang menjual rendang padang asli dengan rasa  otentik, dan disini lah saya menemukan nya.  Sambil makan, kami di temani oleh ibu Juriati. Dengan logat padang nya yang kental ibu Juriati bercerita “Daerah Solok di Sumatra barat selan terkenal dengan bareh solok nya yang wangi, juga terkenal dengan rendang hitam dan dendeng batokok nya. Saya bercita-cita ingin melestarikan makanan warisan nenek moyang saya yaitu rendang hitam ini. Sedih rasanya mendengar rendang hitam ini di akui oleh bangsa lain sebagai warisan mereka” dalam hati saya mengamini pendapat Ibu Juriati. Dari cerita beliau saya jadi tau rasa legit dari rendang itu berasal dari penggunaan buah kelapa yang banyak, sehingga jika di masak semalaman daging tidak gosong dan keras, melainkan menghasilkan rasa yang nikmat dan tentu saja campuran bumbu juga menambah kaya rasa rendang hitam ini. Karena kelezatan si rendang hitam ini, maka ibu Juriati sering mendapat pesanan rendang untuk di bawa ke luar negeri begitu juga dengan dendeng batokok nya.

others_s Jika di lihat dari susunan menu di restoran ini, terlihat menu di pilih secara serius. Rendang hitam, soto padang, kalio limpa dan kalio ayam, pangek ikan, dendeng batokok, dendeng lambok dan sebagai pengobat rasa kangen minuman asli Sumbar kita bisa memesan es Tebak, es kacang padi, teh dan kopi talua “jika ada yang memesan menu masakan padang di luar menu yang ada saya juga bersedia, tapi sebagai andalan nya saya benar-benar memilih menu yang asli dengan rasa minang nya” begitu penjelasa ibu Juriati.

Acara makan-makan saya siang ini di tutup dengan menyeruput teh talua hangat. Pemakaian kuning telor ayam kampung dan proses pengocokan yang lama tidak meninggal kan rasa amis di setiap tegukan. Kalau mampir kesini lagi saya mau pesan yang kopi talua nya aaahk. Perut kenyang dan hati yang bahagia menjadikan sabtu ini terasa sempurna. Saya berjanji akan kembali lagi ke sini merasakan sensasi si rendang hitam dengan nasi putih hangat dan daun singkong rebus dalam suapan tangan ditemani semilir angin di teras rumah Joglo Jawa.

Lesehan Warung Padang

Joglo@kemang

Jl. Madrasah Raya No14. Jeruk Purut

Kemang Jakarta Selatan

Telp 021. 781 0571

Buka : 09:00 – 21:00

Text by : Febee

Poto by : Chile



4 responses to “Lesehan Warung Padang di rumah Joglo”

  1. Tika says:

    Mbak Febi,

    Aku pernah ke Warung Padang ini sekitar bulan April tapi ternyata udah tutup dan gak tau pindah kemana. Aku juga udah pernah nyoba Soto Padangnya waktu sahabat kuliahku ngadain resepsi pernikahan sekitar bulan Desember di Balai yang ada di kompleks Warung Padang itu dan memang enak banget Soto Padangnya 🙁

  2. Febee says:

    Halo Tika,

    Bener banget..warung lesehan padang ini udah tutup beberapa bulan yang lalu, gak jelas alasan tutup nya kenapa, saya udah coba tanya sama warung solo yang terletak satu komplek dengan lesehan padang ini, mereka juga gak tau alasan nya. sejak itu saya jadi kengen deh sama rendang dan soto padang nya..emang enak banget…

    btw, warung solo nya enak juga loh menu – menu nya..udah pernah coba ? tunggu review saya berikut nya untuk warung solo nya yah…

    salam…

  3. Diah Fita Loka says:

    adakah yang tau kemana pindah rumah makan Padang Lesehan Joglo ini ? mohon informasi nya……….

  4. chile says:

    Kami sendiri juga kehilangan jejak rumah makan padang lesehan semenjak mereka tutup

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *