BSP Farm

Belakangan ini banyak menjamur tempat kemping dengan konsep yang mewah, atau istilah nya Kemping Glamour. Gimana gak mewah, di dalam tenda nya saja udah disiapkan kasur empuk lengkap dengan selimut dan batal yang nyaman. Makanan juga sudah disiapkan, lengkap dengan kudapan, teh dan kopi. Kamar mandi juga sudah tersedia tidak jauh dari tenda, bahkan ada air panas nya juga bagi yang takut dingin. Bagi yang mau mencoba  kegiatan outdoor di akhir pekan, boleh lah mencoba kemping glamour ini.

Tenda 1

Tenda

Seperti pada akhir pekan kemarin, saya, Ichil dan teman-teman group WA menghabiskan akhir pekan di BSP Farm, area perkebunan organic yang terletak di Desa Loji, kecamatan Cigombong, Bogor. BSP memiliki lahan yang luas nya kurang lebih 40 Ha, didalam nya terdapat perkebunan sayur dan buah organik, perkebunan kopi, persawahan, perbukitan kebun teh, selain itu BSP Farm juga menyediakan fasilitas camping ground, villa dan aula pertemuan.

Camping ground

Berhubung group kemping nya ini yang ikut seleb socmed semua. Jadi deh walau kemping nya sudah seminggu yang lalu, tapi tetap sampai hari ini  foto-foto kegiatan kami selama di BSP Farm masih berseliweran di jagad socmed, membuat iri orang-orang yang meilihat keseruan kami. Sehingga banyak pertanyaan yang sering kami dengar, Gimana cara nya ke BSP ? Ngapain aja di BSP ? makan nya gimana ? kamar mandi nya gimana ?. Baiklah, begini  loh cerita nya.

Untuk sampai di BSP Farm, kita bisa menggunakan kendaraan pribadi atau kerata api tujuan Sukabumi, lalu turun di Stasiun Cigombong. Nanti dari Stasiun Cigombong bisa naik ojeg atau nego dengan pihak BSP Farm untuk dijemput. Jarak dari Stasiun Cigombong ke BSP Farm dapat ditempuh dalam waktu 20 menit saja. Tapi  saya sarankan, sebaiknya kalau ke BSP Farm naik kendaraan pribadi saja, karena jadwal kereta api yang kacau balau. Buat yang menggunakan kendaraan pribadi, sampai di kota Bogor ambil arah ke Lawang Gintung melewati Stasiun Batutulis. Setelah menemui pertigaan, ambil arah kanan ke Cijeruk. Kemudian ke Pamoyanan, Cihideung, Cibadak, Pasir Jaya dan Loji. Bisa minta bantuan Waze atau Google Map.

Stasiun Sudirman

Stasiun bogor

Stasiun bogor 1

Mau bermalam di BSP Farm ? ada dua pilihan tempat menginap, mau menginap di villa atau menginap di dalam tenda. Kalau saya dan teman-teman memilih menginap di tenda. BSP Farm menyediakan area camping ground dengan fasilitas ala kemping glamour seperti yang saya jelaskan di atas.  Ukuran tenda bervariasi, mulai dari tenda dengan kapasitas dua orang sampai dengan tenda berkapasitas empat orang dan terdapat satu tenda yang di design khusus  sebagai pantry yang di dalam nya selalu tersedia Air panas, aqua gelas, kopi, gula dan teh. Di Tengah area kemping terdapat meja dan kursi panjang yang biasanya digunakan untuk makan bersama atau kegiatan lain nya.

Memasak

Makan siang

Makan malam

Soal makanan selama kemping gimana ? jangan kuatir, BSP Farm menyediakan makan malam, makan pagi, snack sore, kudapan untuk api unggun dan satu kali snack lagi sebelum pulang. Tidak ketinggalan welcome drink  nya  es  lemon grass dan ada wedang jahe pada waktu acara api unggun. Kelebihan dari menu yang disediakan oleh BSF Farm adalah semua masakan yang dihidangkan menggunakan bahan-bahan organik dari kebun BSP. Jangan kuatir soal rasa, sudah tiga kali saya berkunjung ke BSP Farm, semua masakan yang dihidangkan tidak pernah mengecewakan saya. Snack andalan mereka adalah singkong goreng bumbu ketumbar.

kudapan malam

Ngapain aja sih di BSP Farm ? ada beberapa kegiatan yang bisa dilakukan. Karena BSP Farm ini adalah perkebunan sayur organik, maka kita bisa berkeliling kebun organik, melihat hamparan sayur mayur yang  ditanam secara berkelompok dan berundak. Sayuran yang saya ingat adalah : berbagai maca jenis slada, kangkung, bayam merah, bayam hijau, pokchoy, sawi, daun singkong, berbagai jenis sayuran kale, kol, brokoli, buncis, kacang panjang, tomat, cabai, dll. Terdapat kurang lebih seratus jenis sayuran dan tanaman bumbu yang ditanam di perkebunan BSP. Bagi yang tertarik ingin belajar berkebun atau menanam sayur organik, bisa belajar juga disini. Ada Bapak Usaha yang berbaik hati menjelaskan kepada kita cara bercocok tanam organik, mulai dari membuat media, menabur benih, memindahkan bibit, sampai dengan cara membuat pupuk organic. Buat yang mau membawa pulang bibit sayuran, BSP Fam juga meyediakan bibit-bibit yang sudah disiapkan dalam pot untuk dibeli. Atau mau membeli sayur organik hasil panen kebun juga bisa.

Kebun

Hidroponik dengan sekam

Semai bibit

Perkebunan

Menyiapkan media semai

Selain jalan-jalan di kebun sayur dan belajar bercocok tanam organik, kegiatan lainnya adalah berkunjung ke penangkaran elang Loji, yang berada tidak jauh dari perkebunan BSP. Di tempat penangkaran Elang ini terdapat jembatan gantung yang kondisi nya tidak terlalu bagus, jadi untuk menyebrangi jembatan harus bergantian dan maksimal empat orang saja yang melintas. Hukum nya wajib menyebrangi jembatan ini, karena pemandangan nya sangat indah, bisa foto di tengah jembatan dengan background hutan pinus. Karena memang jembatan ini berfungsi sebagai penghubung antara komplek konservasi elang dengan hutan pinus Di hutan pinus, kita bisa piknik dan membentangkan Hammock sambil bersantai.  Tidak jauh dari hutan pinus terdapat air terjun Cibadak, jarak nya kurang lebih 1,5 km melewati hutan pinus.

Jembatan

hammock

hammock 2

Hutan pinus

air terjun

Rasanya kurang afdol ya kalau liburan gak ada sunrise atau sunset nya. Bagi pemburu sunrise, anda berada di tempat yang tepat. Karena BSP Farm mempunyai spot untuk melihat sunrise dari balik gunung Gede Pangrango. Spot melihat sunrise berada di belakang area perkebunan, berada di tengah-tengah bukit kebun teh. Jarak tempuh dari camping ground kurang lebih 30 menit. Trek nya sudah terbuat dari conblack, baru di ujung jalan kita memasuki perkebunan teh, ada trek menanjak dengan tingkat kesulitan sedang.

sunrise

sunrise 1

Jika anda malas melakukan semua kegiatan fisik yang saya sebutkan di atas, BSP Farm juga menyediakan spot untuk anda bermalas-malasan, sofa empuk  dengan pemandangan indah berupa kaki gunung salak yang tampak sangat dekat di depan mata. Sebuah teras dengan udara terbuka menghadap perkebunan dan perbukitan kaki gunung salak.

Lobi

Jika malam datang, setelah makan malan selesai, kita sudah ditunggu oleh api unggun lengkap dengan jagung bakar dan ubi goreng, tidak ketinggalan bandrek hangat yang sudah disiapkan BSP Farm. Api unggun ini berada di samping tenda, dengan backgound pemandangan adalah taburan kerlip lampu kota yang tampak dikejauhan.

api unggun

Untuk kamar mandi bagaimana ? BSP Farm menyiapkan dua buah kamar mandi di area camping ground yang kebersihan nya cukup terjaga. Tapi kamar mandi di area villa dan bangunan utama juga dapat digunakan. Masukan dari saya untuk BSP Farm adalah perbanyak kamar mandi di area camping ground, jadi tidak ada antrian jika peserta kemping nya banyak.

kami

Jika berminat camping di BSP Farm bisa lihat info lengkap nya di website mereka : http://www.bspagrotourism.com/ atau menghubungi Mas David di : 08158030010.



5 responses to “BSP Farm”

  1. joe says:

    Lafffff ❤️❤️❤️❤️

  2. Great Mbak Feb, makin aktif dan cheerful aja!!

  3. Agus Waluyo says:

    Deuh…jadi pengen kesono…hiks

  4. Herlinawati says:

    Mas….
    Ini rate nya brp yaa ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *