Gua Pawon dan Stone Garden

Ke Bandung tak melulu wisata kuliner atau wisata belanja, bagi pecinta wisata di alam terbuka ada lagi lokasi yang ditawarkan oleh Bandung, yaitu Stone Garden dan Gua Pawon.

Stone Garden

Stone garden 5

Wisata Stone Garden bisa dimasukan kedalam geowisata, bebatuan artistik tidak beraturan terbentuk oleh proses alam, sehingga akan tampak seperti taman batu yang alami.

Stone garden 4

Lokasi taman batu di kampung Girimulya, Desa Gunung Masigit, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat, sekitar 25 km ke arah barat dari pusat kota Bandung, di lokasi inipun terdapat gua megalitikum yaitu gua pawon, yang lebih dulu dibuka untuk umum.

Stone garden 1

Yang menarik dari stone garden ini adalah ketika kita mendaki sampai puncaknya, maka akan tampak keindahan hamparan bebatuan putih, untuk menapaki puncaknya, trek cukup aman dengan ketinggian sekitar 200m. Dalam hamparan bebatuan disana, akan ditemukan beberapa bebatuan yang biasa kita temukan dilautan seperti bebatuan berongga, dari beberapa sumber bebatuan ini pada mulanya adalah batuan laut yang terangkat ke daratan karena pergeseran permukaan bumi.

Stone garden 3

Stone garden 6

Setelah puas melihat hamparan batu, tidak ada salahnya langsung mengunjungi wisata gua pawon. Untuk mencapai lokasai gua pawon bisa menggunakan mobil sampai ke parkiran, namun apabila jiwa adventure anda memanggil dan ingin merasakan sensasi sendiri, maka bisa dilalui dengan trekking, menurunin bukit yang sedikit curam dengan kontur tanah dan batu, memang tidak terlalu jauh namun cukup menantang. Diharapkan untuk melihat kondisi cuaca, apabila musim hujan bisa dipastikan trek ini akan licin, namun terasa dingin sehingga tidak menguras keringat, sebaiknya apabil kondisi cuaca yang panas dengan trek terbuka, bisa dipastikan akan banyka menguras keringat, pastikan membawa cukup minum agar tidak terjadi dehidrasi. Banyak warung kecil yang dilewati ketika menuju trek turunan menuju gua pawon ini.

Stone garden 7

Gua Pawon

Dalam situs purbakala gua pawon termasuk tempat yang sangat berarti bagi orang sunda, karena disinilah ditemukan kerangka manusia Purba yang merupakan nenek moyang orang sunda. Memasuki goa pawon ini sudah dibuatkan trek yang baik walau masih tanah dan batu, lalu sudah ada juga reeling pengaman sehingga bisa dilalui dengan aman.

Gua pawon3

Gua pawon2

Dalam penyusuran nya, ada beberapa lokasi yang mengharuskan kita berjalan secara berjongkok dan sedikit memanjat sangat mengasyikan, gua nya cukup lebar dan terang untuk dimasuki, sehingga kita bisa melintasi gua dengan cukup nyaman, namun memang pada ruangan pertama kita akan melewati gua penuh dengan kelelawar, sehingga tercium menyengat aroma kotoran nya, disarankan untuk membawa masker.

Gua pawon5

Gua pawon ini sepertinya sangat memanjakan para penggemar fotografi, banyak obyek foto menarik yang bisa diabadikan, terutama relief batu alam yang tercipta secara alami, karena pada bagian ujung Goa ini, terdapat rongga-rongga besar seperti pintu dengan pemandangan sawah hijau, sangat menarik sekali.

Gua pawon

Gua pawon7

Gua pawon6

Gua pawon4

Dua lokasi wisata di Bandung selatan ini memang sangat tepat menjadi alternative ketika mengunjungi kota Bandung, karena memang menyimpan banyak keindahan yang bisa diexplore.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *