Lombok Ijo Iwak Rowo Jombor

Saya rasa akan banyak alasan ketika sebuah kalimat terucap : “Rindu pulang ke rumah

Buat saya Pribadi, dapur simbah menjadi candu tersendiri buat saya yang terus membuncah. Aroma kayu bakar yang berbaur dengan aroma masakan terasa lekat dihati, menggugah rasa saya untuk berceloteh tentang pulang, kapan pun itu.

Menggoreng ikan

Menghadirkan dapur simbah di Jakarta rasanya sulit sekali, akan banyak detail yang tidak bisa ditemukan, terutama memasak dengan kayu bakar, namun sedikit menghadirkan menu masakan favorit saya yang merupakan andalan simbah ku ke Jakarta akan sedikit mengobati lara hati akan kerinduan nya.

Pada kesempatan pulang kampung tahun lalu, adalah kesempatan yang baik untuk benar-benar belajar resep simbah ini, dengan membakukan  ukuran yang tepat untuk dijadikan resep agar bisa terus di lestarikan, minimal pemuas lidah saya.

Belajar memasak

Kampung ayah saya dekat dengan Rowo (rawa) Jombor, merupakan penghasil ikan, banyak keramba didalamnya, selain sebagai salah satu sumber mata pencarian warga desa sekitar, rowo jombor juga sebagai salah satu tujuan wisata, terutama pada lebaran dan syawalan, akan banyak keramaian, dari pasar malam hingga lomba gethek (sampan dari bambu).

pagi rowo jombor

Karena ikan yang melimpah dari rowo jombor, simbah saya amat sangat terampil dalam pengolahan, dari mulai digoreng biasa, bacem sampai dibuat masakan jangan (sayur) lombok ijo, untuk menu yang terakhir ini menjadi menu yang selalu dinanti ketika lebaran datang, seingat saya tidak pernah sekalipun tertinggal dari daftar menu yang disajikan, sangat nyamleng tur ngangenin.

merajang lombok

Mengulek bumbu

memeras santan

memasak santan

Jangan lombok ijo di wajan

Untuk jenis ikan untuk isian Lombok ijo ini pun sangat surprising, karena bergantung pada ikan hasil tangkapan di rowo, jadi tidak bisa dipastikan apa yang akan tersaji, sehingga cukuplah saya menamakan menu masakan ini adalah :

Jangan lombok ijo

Lombok Ijo Iwak Rowo Jombor (apa saja)

Bahan:

butir Bawang merah

butir Bawang putih

Kencur

Kemiri

Lengkuas

Daun salam

Cabe hijau + merah

Santan

Cara membuat:

Goreng ikan yang sudah dilumuri jeruk nipis dan garam

Bumbu dihaluskan lalu ditumis hingga harum

Masukan  santan, tunggu hingga setengah matang masukan cabe dan tomat, tunggu hingga santan matang

Masukan ikan goreng

 

** takaran resep menggunakan ilmu kira-kira dan secukup nya 🙂



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *