Leuwi Cinta – Sentul

Jenuh dengan segala rutinitas sehari-hari, terutama bagi para pekerja kantoran yang jam kerja nya nine to five membuat mereka ingin menghabiskan waktu libur akhir pekan dengan sesuatu yang berbeda, pamit sejenak dari semua rasa jenuh itu.

Sebenarnya ada banyak hal yang bisa kita lakukan untuk mengisi waktu di akhir pekan, salah satu nya adalah kegiatan di alam bebas dengan pemandangan yang indah dan udara yang bersih.

pemandangan 1

Di awal tahun ini kami kami membuat satu menu khusus yang bernama Weekend Escape yang isi nya cerita mengenai tempat-tempat indah yang bisa dikunjungi di akhir pekan yang jarak nya tidak terlalu jauh dari kota Jakarta.

Untuk tulisan weekend escape yang pertama, kami memilih Sentul. Ibarat kata pepatah, semut di sebrang lautan tampak, tapi gajah di pelupuk mata tidak tampak. Ungakapan ini sangat cocok menggambarkan ke beradaan Kota Sentul.

penunjuk jalan

jembatan bambu

trek air terjun

Hutan bambu

Pohon kopi

Bagaimana tidak, sentul yang hanya berjarak 35 km dari Jakarta dapat di tempuh kurang lebih satu jam saja ternyata memiliki paket yang lengkap bagi siapa saja yang ingin bercengkrama dengan alam. Sebut saja olah raga run trail, sentul punya trek nya. Mau kemping ? Bisa juga di lakukan di Sentul, ada banyak lokasi indah untuk kita bisa buka tenda dan kemping atau hanya mau sekedar jalan santai menyusuri pematang sawah, perkebunan kopi dan hutan pinus ? Sangat bisa dilakukan di Sentul. Bahkan Sentul juga memiliki banyak air terjun yang masih belum banyak diketahui oleh umum. Salah satu nya adalah air terjun cinta yang kami kunjungi di akhir pekan kemarin.

derasnya air

air terjun lope

air terjun leuwi panjang

Air terjun cinta merupakan bagian dari kelompok air terjun leuwi panjang,yang memiliki lima air terjun, Leuwi Demang, curug putri kencana, leuwi baliung, leuwi panjang dan terakhir leuwi cinta.

berenang leuwi panjang1

berenang leuwi panjang

berenang leuwi lope 1

berenang leuwi lope 2

Leuwi panjang

berenang leuwi lope

Caranya untuk sampai di curug leuwi cinta ini adalah: jika menggunakan kendaraan pribadi,arahkan kendaraan anda ke jungle land Sentul. Sebelum pintu masuk jungle land ada perempatan, ambil arah ke kanan, pas dibelokan sudah ada petunjuk jalan menuju leuwi Panjang. Ikuti saja petunjuk jalan, kurang lebih 3 km dari perempatan ini sudah ketemu tempat parkir mobil yang diperuntukkan bagi pengunjung Leuwi Panjang. Jarak dari tempat parkir ke curug sekitar 1 km berjalan kaki menyusuri sawah dan sungai. Harga karcis masuk sebesar sepuluh ribu.

mencoba melintasi

Memanjat untuk lompat

Mencoba lompat

Lompat

Lompat leuwi panjang

Saran saya,usahakan sepagi mungkin sampai di air terjun ini, karena semakin siang semakin banyak pengunjung, membuat kegiatan berenang tidak nyaman. Kegiatan yang bisa dilakukan selain berenang di lokasi air terjun, anda juga bisa piknik di tepi sungai yang di aliri air yang bersumber dari air terjun tersebut. Kebiasaan kami biasanya setelah mandi, dilanjutkan dengan merebus air dengan trangia, lalu membuat kopi dan membuka perbekalan. Jika tidak mau repot, ada beberapa warung kecil disekitar air terjun yang menyediakan minuman dan makanan. Selain itu, disini juga tersedia kamar mandi yang cukup bersih untuk ganti baju setelah berenang di air terjun.

berkemang pinggir sungai

Ngopi pinggir sungai

menyiapkan kopi

Kebetulan kami mempunyai kenalan guide yang sangat mengenal seluk-beluk Sentul, yang bernama Kang Encep. Sehari-hari nya Encep bekerja sebagai petani dan di akhir pekan berubah profesi menjadi guide tour bagi para turis yang ingin trekking atau camping di Sentul. Memang kebanyakan client Encep adalah turis asing, karena sangat jarang katanya orang Indonesia yang punya hobi trekking.

trek leuwi panjang

trek leuwi lope

Kami sudah beberapa kali menggunakan jasa Encep untuk mengantarkan kami trekking di Sentul. Biasanya sebelum trekking, kang Encep akan memberi pilihan kepada kami, baik jarak maupun lokasi Trekking, mau berapa lama treking nya ? setengah hari atau satu hari penuh ? atau hanya satu atau dua jam berjalan ? Untuk lokasi trekking juga bisa memilih, mau ke hutan pinus, perkebunan kopi, berkeliling di desa-desa sekitar Sentul ? atau mendaki bukit ? semua bisa request sama Encep. Biasanya kegiatan Trekking ini diakhiri dengan berenang di air terjun.

pemandangan

Tidak sulit bukan untuk menemukan tempat asyik buat menghabiskan waktu akhir pekan ?  ke Sentul salah satu nya. Tunggu cerita kami lain nya di Sentul, trekking ke hutan pinus.

Leuwi lope



8 responses to “Leuwi Cinta – Sentul”

  1. joe says:

    Whatta experiences!. Happy banget diajak ioflife ke sini.

    Nggak nolak kalau diajak ke sini lagi 🙂

  2. firmhang says:

    ada tempat buat kempingnya gak disini?

  3. Margo says:

    Ada contact mang ecep?

  4. Hani says:

    Halo.
    Mohon info no HP nya kang encep, kalo boleh.
    Thanks.
    Hani

  5. Yufi Nurcan says:

    Salken gan!

    Walaupun sepertinya temen kuliah dulu, bisa minta contactnya kang Encep ga?

    Danke

    Yufi

  6. chile says:

    Hi Yufi,
    Iyeee teman KA03 kan? 🙂
    Encep sentul – 085710777986

  7. chile says:

    Tidak ada lokasi khusus untuk camping

  8. Louisa says:

    Medan Trekking menuju Curug susah nggak? Apa cocok utk bawa anak2 di bawah 10 tahun?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *