Downhill Merapi trek Klangon

Pada bulan September tahun lalu kami mendapatkan undangan istimewa dari sahabat kami, untuk acara “warming house” rumah baru nya di cangkringan, Merapi Yogyakarta. Mengerti akan hobi kami berdua yang senang tantangan, mbak Lies si empu rumah, memberikan “bonus” acara menarik, clue yang diberikan hanya “besok kalian bawa helm dan sarung tangan sepedah ya.. nanti kita sepedahan di merapi.” Setelah sampai di rumah Mbak Lies, barulah bercerita kalau besok akan jajal Sepeda downhill bareng mas Lodi, bukan cuma sekedar sepedahan cantik sekitaran Merapi.

trek klangon

“Kalian musti coba trek ini, mernarik banget loh.. awalnya akan tampak Merapi di depan mata, selanjutnya menapaki bukit dengan pemandangan sebelah kiri jurang lava nya dan dilanjut masuk hutan, bagaimana cukup menantang?, terang mas Lodi, sambil menunjukan video dari ipad nya.

Woow, tantangan menarik bagi kami, terutama ini kali pertama jajal trek Gunung dengan Sepeda, selama ini kami melewati jalur gunung dengan berjalan kaki. Pada awal nya Febi sedikit ragu, membayangkan menuruni lereng Merapi menggunakan sepeda, namun Karena saya yang bersemangat untuk mencoba akhirnya Febi luluh juga untuk mengiyakan tantangan ini.

pedaling

Hari dinanti pun tiba, setelah kami dijamu sarapan, sebuah mobil double cabin menjemput kami dan siap menuju lokasi, sepeda kami berdua dipinjamkan oleh Mas Lodi yang memang hobi downhill sehingga kondisi sepeda kami sangat prima. Ada banyak trek downhill Sepeda di Merapi ini, kali ini kami diajak untuk jajal trek Klangon. Trek ini berada di lereng timur Gunung Merapi dengan ketinggian +/- 1,500 mdpl dengan tingkat elevasi start dan finish +/- 300 m. Dengan panjang trek sekitar 20 km, biasanya akan di tempuh selama 90 menit

Sampai di lokasi, kami sudah disambut oleh para porter Sepeda, yang akan membawa sepeda kami pada titik start diatas bukit, jujur saja saya sedikit kaget dengan adanya porter ini, ternya tidak cuma di Gunung, untuk downhill ini pun ada porternya.

porter sepeda

Sepanjang jalan menuju puncak saya sempat ngobrol dengan porter Sepeda ini, yang rata-rata adalah perempuan paruh baya. Keseharian mereka adalah mencari rumput diatas bukit untuk ternaknya, namun pada sabtu atau minggu ramai orang untuk downhill di trek klangon ini, mereka bisa mendapatkan pendapatan sampingan dengan membawakan sepeda keatas bukit, dalam sehari mereka bisa sampai 5 kali untuk menaikan sepeda. Sunggu mereka adalah wanita-wanita perkasa.

Menuju start

Luar biasa kuatnya, karena tanpa membawa sepeda saja rasanya sudah cukup berat mengatur nafas apalagi dengan mendorong sepeda, salut untuk para ibu porter sepeda Klangon.

Petualang dimulai, karena ini kali pertama downhill, kami diminta untuk mencoba sepeda agar bisa nyaman selama perjalanan, serta diberikan tips mengenai posisi badan saat turun dan menggunakan rem, agar tidak slip, semuanya itu intinya satu, konsentrasi penuh.

Trek start

Start area

porter sepeda istirahat

Trek awal ditemui sebuah tikungan yang cukup menantang, dikiri jalan jurang dengan pemandangan aliran lava dari Merapi ketika meletus, sangat menakjubkan, lalu dilanjutkan hutan, kebun dan terakhir adalah perkampungan, adrenalin kami terpacu terutama ketika bertemu turunan panjang, tikungan dan sedikit bumping tapi semuanya menjadikan pengalaman menarik, dan jujur saja saya ketagihan dengan olahraga ini, menanti untuk trek lain nya, secara keseluruhan karakteristik trek klangon ini 80% tanah, passir dan kerikil lalu 5% macadam dan aspal; dengan light drop, jump, pedaling, bend dan sliding.

ready

Trek3

Trek1

Trek4

Trek2

Terima kasih banyak untuk Mas Aris yang menjadi marshal kami, dan tentu saja Mbak Lies dan Mas Lodi, yang telah memberikan surprise tantangan yang luar biasa terutama membuat saya kecanduan dengan adrenalin rush nya olahraga ini. Bagi teman-teman yang berminat mencoba olahraga ini bisa menghubungi Mas Aris di nomor telpon : 08112513100.

febee dan sepeda



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *