Green Tea Japanese Sponge Cake

Macha_sifone Saya  sangat  suka cake yang superlembut, rasanya sangat menggoda ketika merasakan cake tersebut meleleh di dalam mulut.  Menurut buku yang saya baca, cake-cake lembut tersebut adalah cake gaya asia seperti Taiwan dan jepang. Berbeda dengan orang Amerika atau orang Inggris yang menyenangi cake yang keras. Biasanya cake gaya asia ini punya tekstur yang lembut, moist,lentur dan halus pori-pori nya.

Dan bagi saya yang masih junior dalam dunia baked, untuk menghasilkan cake yang super lembut ini butuh perjuangan. Karena tekstur yang lembut tersebut bukan berasal dari tambahan bahan kimia, tapi lebih akibat teknik pembuatan nya.  Ada banyak cara untuk menghasilkan tekstur yang sangat lembut tersebut seperti: menggunakan kuning telur yang lebih banyak, dikocok sambil diuapin, pengocokan tempo lambat, dioven sambil direndam dan banyak lagi.

Sore ini saya coba memperaktekan salah satu cake ala jepang. Untuk mendapatkan tekstur yang lembut teknik yang di pakai adalah dengan cara dikocok sambil diuapin dan teknik pengocokan tempo lambat. Wadah berisi telur dan gula di taruh diatas panic yang berisi air mendidih. Lantas telur dikocok sambil di uapi. Konon telur yang di kocok dengan tempratur 35-40 derajat celcius akan mengembang sempurna. Untuk pengocokan tempo lambat, telur dan gula dikocok dengan kecepatan paling rendah. Cara ini menghasilkan kue dan pori-pori yang halus.

Walaupun cake ini tidak selembut cake dengan teknik dioven sambil di rendam, tapi cake ini tetap menggoda selera, aroma semerbak dari green tea nya membuat Green tea Japanese sponge cake ini cocok menjadi teman minum teh di sore hari. Resep saya ambil dari Edisi sedap no1/x/2009.

Green tea Japanese sponge cake

Bahan:

5 butir (250 gram) telur utuh

50 grm kuning telur

75 gram gula pasir

60 gram madu

115 gram tepung terigu protein rendah

1 ½ sendok makan green tea bubuk

65 gram mentega taar

¼ sendok the garam

30 ml susu cair

Cara membuat:

  • Siapkan air panas dalam panci. Letakkan wadah berisi telur di atas panic. Kocok telur dan kuning telur 5 menit di atas air panas dengan kecepatan rendah sampai setengah mengembang.
  • Masukkan gula pasir sedikit-sedikit sambil dikocok rata.
  • Tambahkan madu. Kocok rata. Angkat dari air panas. Kocok sampai mengembang dengan kecepatan rendah.
  • Masukkan tepung terigu dan green tea bubuk sambil diayak dan diaduk rata. Sisihkan
  • Panaskan mentega tawar,garam dan susu cair sambil diayak dan diaduk rata. Sisihkan
  • Masukkan sedikit-sedikit ke dalam campuran tepung terigu sambil diaduk perlahan.
  • Tuang ke dalam Loyang 22x22x24 cm yang dialas kertas roti tanpa margarine
  • Oven 25 menit dengan suhu 180 derajat celcius sampai matang

Saran pakar : gunakan green tea khusus untuk kue. Green tea untuk minuman cendrung pahit.



2 responses to “Green Tea Japanese Sponge Cake”

  1. Geby Tjahjono says:

    Aloo
    Saya mau tanya, beli green tea bubuknya di mana ya? Saya sangat kesulitan menemukannya.

    Thank u

  2. chile says:

    hi Geby,

    Untuk bubuk green tea bisa di dapatkan di toko bahan kue, kalau lokasi di Jakarta selatan, bisa mampir ke Titan (fatmawati), kalau di Jakarta barat bisa mampir di Trinity (Puri Indah) happy hunting…
    thank you

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *