Sendratari Ramayana – Prambanan

“Demi cinta nya akan dewi Shinta, rahwana pun nekat menculik dewi Shinta yang saat itu tengah berada di tengah hutan,  Hanoman sang duta dari Rama pun mendatangi Alengka kerajaan rahwana, dengan tujuan untuk kembali membawa dewi Shinta. Dengan kegigihan dan keberanian nya, hanoman pun berhasil memboyong Dewi Shinta dan mengalahkan Rahwana dengan perkelahian sengit”

Ramayan ballet performance 7

Epos mengenai kisah segitiga antara Rama, dewi Shita dan Rahwana sangatlah melegenda, sebuah karya Indah Valmiki yang ditulis 24 abad yang lalu dalam bahasa sangsekerta sering kita nikmati dalam bentuk tulisan maupun komik. Begitupun dengan saya, sebuah karya A Kosasih dengan keampuhan nya mampu membius saya kecil tenggelam dengan goresan indah dalam bentuk komik menceritakan Ramayana hingga hari ini.

Ramayan ballet stage

Malam yang masih muda, membawa saya sampai ke sebuah theater terbuka, dengan bentuk panggung persegi panjang yang luas dengan kursi penonton berundak ke atas di tiga sisinya dan tak lupa melibatkan candi Prambanan sebagai latar belakang panggung, sehingga kita bisa menikmati bentuknya dalam balutan sinar lampu sorot terlihat amat lain, kesakralan akan wujudnya lebih terasa dengan warna hitam langit menjadi backdrop membuat semakin tegas dalam keagungan.

Ramayan ballet open performance

Dalam keheningan, tepat pukul 07:30 lampu dipadamkan, gending mulai terdengar dengan tempo yang lambat, lirih dan menghayutkan, didukung dengan penabuh gamelan (pengrawit) yang berjumlah sekitar 30 orang, lampu sorot pun mengarahkan pada satu rombongan penari dan seorang ibu yang membawa dupa, menandai pertunjukan ini akan segera dimulai.

Ramayan ballet performance 1Ramayan ballet performance 2Ramayan ballet performance 3

 Tempo irama gending pun terus berlanjut semakin cepat mengiringi ratusan penari yang silih berganti memasuki arena panggung, dengan busana warna-warni indahnya, dukungan tata cahaya yang apik membawa saya terhayut mengikuti setiap gemulai gerakan penarinya. Tanpa ada diaog antar pemain hanya suara pesinden mengalunkan suara merdunya membawa kisah cinta Ramayana. Waktu 2 jam dalam pertunjukan ini terasa sangat cepat, rasanya masih ingin berlama-lama untuk menikmati sebuah gabungan karya seni Indah antara tarian jawa, musik dan drama.

Ramayan ballet performance 4

Ramayan ballet performance 5Ramayan ballet performance 6

Sendratari Ramayana yang rutin mulai di pentaskan dari tahun 1961, dengan konsep tarian kolosal ini ternyata pernah diberikan penghargaan dari guinness book of record sebagai pentas tari kolosal yang paling banyak melibatkan penari sekaligus paling lama dan rutin, sehingga rasanya cita-cita Soekarno presiden pertama kita dalam prasasti peresmian nya pada tanggal 25 Agustus 1961 untuk membawa seni pentas Indonesia ke tempat yang lebih tinggi lagi tidaklah sebuah cita-cita kosong belaka, ini sudah diakui.

Ramayan ballet prasasti



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *