Pulau Kambing – Tanjung Bira

Lokasi  : Pulau Kambing – Tanung Bira

pulau kambing 1

Pulau Kambing merupakan sebuah pulau kecil yang bisa ditempuh dalam waktu 30 menit dari Tanjung Bira. Entah kenapa dinamakan dengan nama Kambing, setahu saya bentuk nya pun tidak menyerupai kambing dan ketika saya juga tidak menemukan satu ekor pun kambing disana, sampai saat ini penamaan Kambing untuk pulau ini masih menjadi sebuah misteri bagi saya.

dikapal

Pulau kambing 2

Seperti  yang saya bilang di cerita ini, rasanya rugi kalau ke Tanjung Bira hanya berhenti sampai di pantai Bira saja, ada banyak pulau-pulau cantik disekitar Tanjung Bira, seperti Pulau Kambing dan Pulau Liukang Leo. Oleh sebab itu kami menyempatkan diri menyebrang dari Tanjung Bira menuju pulau kambing dan pulau Liukang, kami tidak ingin melewatkan pemandangan indah bawah laut yang menurut informasi pemandangan bawah laut di kedua pulau itu sangat cantik.

kapal berlabuh di pulau kambing

Dengan menggunakan boat yang kami sewa seharga  Rp.500.000 kami  memulai nya dari Pulau Kambing terlebih dahulu, karena lokasi pulau Kambing lebih jauh dibandingkan dengan pulau Liukang Ole. Hari ini cuaca sangat cerah, langit biru tampak bersih dan ombak pun sangat tenang.  Mendekati pulau kambing air laut yang tadi nya biru gelap berubah menjadi warna hijau Torcoa, tampak sebening kaca, sehingga  kami bisa melihat ikan-ikan yang berlari dan karang-karang  dibawah sana, rasanya tidak sabar untuk snorkeling.

Karang karpet pulau kambing

Karang hidup pulo kambing

Karang hidup pulau kambing 2

Setelah jangkar kapal di lepas, kami dipersilahkan untuk snokrling. Awal nya saya dan Ichil memilih sisi sebelah kanan dari kapal untuk spot pertama kami snorkeling, ternyata pemandangan bawah laut disisi kanan ini tidak menarik, selain ikan nya yang sepi terumbu karang nya juga belum banyak  yang tumbuh, sedikit kecewa melihat ini, saya berpikir, sudah jauh-jauh pergi tapi pemandangan bawah laut nya kok begini saja. Apalagi snorkeling  terakhir kami adalah di kepulauan Bunaken, yang terkenal dengan pemandangan bawah laut nya yang sangat indah.

karang hijau pulau kambing

Karang hidup pulau kambing 1karang dan ikan pulau kambing

karang karang pulau kambing

Karena kecewa, akhir nya saya ber inisiatif mencoba sisi kiri dari kapal. Ternyata pilihan saya untuk berenang jauh-jauh ke sini kiri ini tepat sekali. Pemandangan bawah laut di sisi sebelah kiri ini langsung mengobati ke kecewaan saya, saya langsung disambut oleh  gerombolan ikan – ikan kecil yang berlarian, terumbu karang , dan tumbuhan laut lain nya, sesekali ikan-ikan berukuran sedang  ikut bermuculan.  Tekstur taman laut di pulau kambing ini mengingatkan saya akan taman luat Bunaken  dengan  jurang nya yang curam. Pada dinding jurang tumbuh beranekan ragam tumbuhan laut yang indah yang di diami oleh ikan-ikan yang beraneka bentuk dan beraneka warna, betah rasanya berlama-lama memandang  semua  keindahan bawah laut ini, saya seperti menonton  National Geography tayangan bawah laut dengan layar kaca yang maha luas.

ikan-ikan dan karang pulau kambing

 taman laut pulau kambing

Karang ungu pulau kambing

Pulau kambing ini sungguh istimewa, selain pemandangan bawah laut yang indah, tebing-tebing  terjal  pada dinding pulau membuat pulau ini tampak eksotik. Setelah lelah snokrling, kami berjalan menepi ke diding tebing untuk mengambil foto dan  diam sejenak melihat  keindahan pulau kambing ini.

pulau kambing

batu-batu pulau kambing

 



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *