Tanjung Bira

Lokasi : Tanjung Bira – Sulawesi Selatan

Tidak  akan pernah habis nya jika bercerita  tentang keindahan pantai – pantai di Indonesia. Salah satu pantai cantik nan eksotis yang dimiliki Indonesia adalah Pantai Tanjung Bira yang terletak di Kecamatan Bonto Bahari, Kabupaten Bulukumba, Provinsi Sulawesi Selatan.

Kapal di pantai tanjung bira

menaikan penumpang pantai tanjunjg bira

Dari pusat kota Makassar, Pantai Tanjung Bira ini berjarak sekitar 200 kilometer yang bisa ditempuh dalam waktu lima jam menggunakan kendaraan umum atau bisa menyewa mobil. Jika dilihat dalam peta Indonesia, Tanjung Bira berada tepat di ujung kaki pulau Sulawesi yang disekeliling nya terdapat pulau-pulau yang tidak kalah cantik nya seperti pulau kambing, pulau selayar, pulau Liukang Loe menjadikan Tanjung Bira sangat menarik untuk dikunjungi.

Kapal di pantai tanjung bira1

Ready for sailing

Pesawat  kami dari Jakarta mendarat di Bandara Sultan Hasanudin dengan mulus, jam menunjukan pukul dua dini hari. Rencana nya kami akan langsung melanjutkan perjalanan ke Tanjung Bira. Kami ingin mengejar sunrise di Tanjung Bira. Memang salah satu kelebihan Tanjung Bira ini adalah kita dapat melihat sunrise dan sunset disatu tempat.  Sayang sekali, jarak yang jauh tidak memungkinkan kami untuk mengejar matahari terbit.

Pasir putih dan banana boat

Tiba di Tanjung bira matahari sudah tinggi. Pemandangan Indah menyambut di depan mata. Hamparan pasir putih panjang membentang, tebing tebing curam dihempas ombak, biru nya laut membentuk gradasi warna yang sangat cantik, dinaungi oleh biru nya langit dengan coretan awan putih beriring membuat kami tercekat melihat pemandangan seindah ini.

Buih pantai tanjung bira

Tapi rasanya rugi jika perjalanan ini berhenti di Tanjung Bira saja, pulau- pulau cantik yang tampak dikejauhan seperti memanggil kami untuk segera datang. Dengan menyewa perahu motor, kami menyebrang ke Pulau Kupang dan Pulau Liukang Loe. Ombak yang tenang membuat hempasan perahu terasa pelan, kami menikmati sekali perjalanan ini.

berlayar di pantai tanjung bira

Berhubung Trip ke Makasar ini adalah trip akhir pekan, jadi tdak banyak waktu yang kami punya untuk berkeliling pantai Tanjung Bira. Kawasan wisata Pantai Tanjung Bira dilengkapi dengan berbagai fasilitas, seperti restoran, penginapan, villa, bungalow, dan hotel dengan tarif mulai dari Rp. 100.000,- hingga Rp. 600.000,-per hari.

melempar sauh pantai tanjung bira



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *