Semeru : Day 3

Lokasi : Gunung Semeru – Jawa Timur

Ranu kumbolo

Hari ini adalah hari terakhir kami camping di Ranu kumbolo.  Pagi ini kami bangun dalam keadaan membeku, baju hangat dan sleeping bag tidak mampu menghalau dingin nya malam, sehingga kami lebih sering terjaga  dibanding terlelap sepanjang malam. Cuaca diperparah oleh angin yang  bertiup kencang, saya sampai berpikir  kami diserang oleh badai. Untung nya menjelang subuh cuaca kembali tenang sehingga kami bisa tidur sejenak, mengikuti rasa kantuk yang menyerang.

pagi ranu kumbolo

Pagi di perkemahan ranu kumbolo

Hutan pinus semeru malam

Matahari masih bersembunyi di peraduan ketika kami bangun, Air danau terilhat tenang dengan lapisan tipis es yang menutupi permukaan danau. Perlahan, langit yang gelap berubah jinggan menandakan sang surya akan terbit menerangi dunia, Suasana subuh yang romantic.  Sayang sekali bulat nya sunrise tidak bisa didapat dari ketinggian 2.400 m, dengan posisi danau yang jauh dari laut. Tapi hal ini tidak mengurangi cantik nya pagi di tepi danau.

Sinar matahari di ranukumbolo

Ranu kumbolo di pagi hari

track ranu kumbolo

Setelah puas bercengkrama dengan pagi dan embun, kami  harus segera mengakhiri semua keindahan ini,  Jadwal pulang sudah menanti , perjalanan panjang menuju desa Ranu Pane akan kami lalui kembali hari ini, meninggalkan Keindahan Mahameru, meninggalkan dingin nya kabut ranu Kombolo, meninggalkan langit biru di atas bukit  Semeru…Entah kapan kami bisa kembali  …

Pemandangan dari bukit semeru

Sepenggal lirik lagu Mahameru Karya Dewa 19 :

Mahameru  berikan  damainya

Didalam beku `Arcapada`

Mahameru sebuah legenda tersisa

Puncak abadi para dewa



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *