Taman Laut Bunaken

Lokasi  : Taman Bunaken – Sulawesi Utara

Seperti kita ketahui bersama, Manado sangat  terkenal dengan keindahan alam bawah laut nya, tidak ada yang bisa menyangkal itu. Bahkan pendapat sebagian orang mengatakan, Bunaken disebut sebagai salah satu taman laut terindah di dunia. Kita patut bangga akan itu.

the beautiful palung bunaken

Pada pertengahan bulan April ini, saya , ichil dan sahabat kami Yan selama 5 hari berkeliling propinsi Sulawesi Utara, mengunjungi tempat-tempat wisata yang ada disana. Taman laut Bunaken adalah destination pertama yang kami sambangi.  Sangat disayangkan, kami bertiga belum mempunyai lisensi untuk menyelam, jadi keindangan taman laut bunaken hanya dapat kami nikmati hanya dengan snorkeling saja. Walau begitu, keindahan bawah laut Bunaken ini sudah membuat kami bertiga tercengang akan keindahan nya.

taman laut bunaken

Ditulisan ini saya akan berbagi tips buat teman-teman yang  akan berwisata ke taman laut Bunaken, berikut tips dari saya :

1. Taman Laut Bunaken adalah salah satu dari sejumlah kawasan konservasi alam atau taman nasional di Indonesia. Untuk sampai di Bunaken, kita memerlukan kapal dengan jarak tempuh kurang lebih satu jam dari kota Manado. Jika anda tidak menggunakan jasa travel agency untuk mengurus perjalanan liburan anda, sebaiknya pilih penyewa-an boat yang sudah direkomendasikan, agar tidak menjadi korban penipuan pemilik boat, seperti pengalaman yang ada di sebuah website traveling yang satu ini. Biaya sewa boat perjalanan ke Pulau Bunaken berkisar Rp.750.000 – Rp.1000.000 untuk kapal besar yang ada fasilitas kaca tembus pandang nya, sedangkan untuk kapal kecil harga sewa berkisar Rp. 500.000 – Rp. 750.000. Saya merekomendasikan Pemilik kapal bernama Daeng (08135630505) atau Bapak Syarif (082195101418). Saran saya, untuk meringankan biaya sewa kapal, sebaiknya pergi dalam sebuah rombongan supaya patungan kapal nya murah.

kapal pelabuhan bunaken

dalam kapal bunaken

Kapal kami bunaken

2. Pulau Bunaken adalah salah satu dari 5 pulau yang tersebar beberapa kilometer dari pesisir pantai Kota Manado. Jika anda memiliki waktu yang panjang bisa minta kepada pemilik kapal untuk mengantar kan anda mengunjungi masing-masing pulau tersebut. Pada trip ini, kami mengunjungi dua pulau lagi selain pulau Bunaken, yaitu pulau Siladen dan Pulau Manado Tua. Untuk biaya kapal nya, tentu ada penambahan nya lagi setiap pulau yang akan anda datangi, harga tambahan per pulau tergantung dari jauh dekat lokasi pulau, umum nya mereka minta tambahan Rp. 250.000 per pulau.

karang hitam siladen

ikan buntal_manado tua

Bubble bunaken

3.  Selain harga sewa kapal, satu lagi yang perlu anda rundingkan dengan pemilik kapal adalah berapa banyak spot  snorkeling  yang akan anda datangi. Negosiasikan dengan benar,  jangan sampai di tengah laut nanti anda di charges kembali untuk masing-masing spot itu.  Anda juga bisa minta kepada pemilik kapal agar ditunjukan spot-spot snorkeling yang indah pemandangan bawah lautnya, biasanya anak buah kapal mengenal dengan a baik spot-spot indah itu, semakin banyak semakin bagus, tapi sesuaikan juga dengan kemampuan fisik  anda berenang, karena menurut pengalaman kami kemarin, setiap spot snorkeling di laut bunaken mempunyai jarak yang luas, sehingga butuh kekuatan fisik yang kuat.

scarface fish bunakennemo village_manado tua

Kumpulan ikan_manado tua

4.  Nama pelabuhan kota Menado tempat penyebrangan ke pulau Bunaken bernama  pelabuhan Calaca. Biasanya pemilik kapal akan menunggu anda di pelabuhan ini. Disini anda akan dikenakan biaya Rp. 2.500 per orang  untuk biaya asuransi. Perjalanan umum nya dilakukan mulai dari pukul tujuh pagi.

pelabuhan manado

5. Untuk urusan makan, saran saya sebaiknya membawa bekal dari kota Manado. Anda bisa membawa nasi kuning khas manado yang dibungkus dalam daun pisang, selain lezat juga peraktis.  Jangan lupa bawa kan juga bekal makan siang untuk anak buah kapal nya.  Tapi kalau anda ingin peraktis, bisa juga membeli ikan bakar di pulau Bunaken nya, tapi jangan kaget ya dengan harga turis yang dipatok.

nasi kuning manado

6. Pulau pertama yang kami datangi adalah pulau Siladen. Jarak tempuh dari kota manado kurang lebih 45 menit. Pulau Siladen berada didekat pulau Manado Tua dan mempunyai luas 31,25 ha. Berbeda dengan  pulau Bunaken dan Manado tua, pulau Siladen dikelilingi oleh  Pantai pasir putih yang dipenuhi dengan hamparan pohon kelapa.  Hanya satu spot snorkeling yang kami sambangi disini, walau tidak banyak, terumbu karang di pulau siladen ber warna-warni begitu juga dengan jenis ikan hias nya yang beraneka ragam.  Kurang lebih satu jam kami menikmati pemandangan bawah laut Pulau Siladen.

Karang Siladen

ikan-ikan siladen

7. Tujuan berikut nya adalah pulau Manado Tua, keunikan dari pulau manado tua ini adalah  ditengah-tengah pulau terdapat sebuah gunung berapi yang masih aktif yang ditutup dengan hutan lebat di puncaknya, hebat nya lagi, Pulau Manado tua ditetapkan sebagai salah satu tempat menyelam paling spektakuler di dunia, pada Konferensi Kelautan Dunia pertama tahun 2009 yang lalu yang diselenggarakan di Kota Manado.  Hal ini memang terbukti, pemandangan bawah laut di pulau Manado tua sangat indah, luar biasa indah, saya jadi membayangkan seandainya saya bisa diving, pasti akan lebih sempurna lagi.

Menuju Manado tua

brain stone_manado tua

nemo village_manado tuaKarang merah_manado tua

8. Terakhir adalah Pulau Bunaken.  Biasanya  pemilik kapal akan mengajak rombongan turis untuk  mampir ke Pulau ini. Selain bisa berjalan-jalan disekitar pantai, biasa nya dimanfaatkan juga untuk istirahat makan siang. Jika dibandingkan dengan pulau-pulau terkenal lain nya di Indonesia, keindahan pulau bunaken tidak tampak di permukaan nya.  Oleh sebab itu wajib hukum nya untuk melihat pesona bawah lautnya. Berbicara mengenai Taman Nasional Bunaken, berarti berbicara tentang International Heritage,  terdapat 20 titik penyelaman  disini.  Keunikan lain nya dari taman laut Bunaken adalah terdapat dinding-dinding karang raksasa yang sangat indah, jika anda beruntung anda akan berjumpa dengan penyu yang sedang berenang dibawah laut, seperti yang kami temui kemarin.  Tidak ada kata-kata yang bisa menggambarkan keindahan taman laut Bunaken. Keindahan nya harus anda rasakan sendiri.

karang pop corn bunaken_s

Ikan bercengkrama bunaken

trumbu karang bunaken 3

trumbu karang bunaken 2

9. Tips nomor 9 ini penting banget…diharuskan untuk membeli pisang goreng sambal dabu di pulau Bunaken.  Sambal dabu nya nikmat tiada tara. Untuk 10 porsi pisang goreng di hargai dua puluh lima ribu rupiah. Boleh lah ngaso sejenak di pulau bunaken ini dengan menikmati pisang goreng sambal dabu dan kopi hitam nya, menambah energy sebelum melanjutkan nyemplung ke spot berikut nya.

pisagor bunaken_s

10. Tips terakhir dari saya, jangan terlalu sore untuk balik ke kota Manado nya, karena semakin sore ombak semakin besar dan itu berbahaya. Jangan lupa ya memberi tips kepada anak buah kapal yang seharian sudah menemani anda berlayar. Selamat menikmati keindahan Taman Laut Bunaken ya …

Tarif masuk bunaken

sewa alat snorkeling bunakenbaracuda bunaken

trumbu karang bunaken



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *