Tanjung Ringgit

Desa Pemongkang kecamatan Jerowaru – Lombok Timur

Rasanya tidak salah jika saya memberi judul tulisan ini dengan kalimat Mutiara terpendam, bagaimana tidak, ke elokan  panorama Tanjung ringgit seperti hilang dibalik buruknya akomodasi menuju kesina, padahal berdekatan dengan Tanjung Ringgit terdapat beberapa lokasi wisata yang tidak kalah menarik nya, yaitu Pantai Pink dan Tanjung Bloam. Seperti nya potensi wisata yang sangat besar ini belum tersentuh tangan pemerintah, saya sampai berpikir, kapan terakhir pejabat-pejabat berwenang itu berkunjung kesini ? atau jangan-jangan mereka tidak pernah tau ada sebuah karya ciptaan Tuhan yang demikian indah di ujung timur selatan pulau Lombok ini ???

Pantai Tanjung Ringgit

Tapi sudah lah, buang-buang waktu rasanya membicarakan para penguasa daerah itu. Lagi pula rentetan omelan yang terumbar langsung dibungkam oleh pemandangan elok di depan mata. Setelah melewati jalan buruk yang membosankan tiba-tiba kita akan sampai di ujung bukit dengan pemandangan tebing-tebing cadas menganga di depan mata. Iya memang, Keindahan Tanjung Ringgit ini ada pada tebing-tebing  curam nya. Hempasan gelombang dari samudra biru mencipatakan buih yang terhempas pada tepi dinding tebing yang curam. Pemandangan yang sangat memukau. Di sebrang lautan, pulau Sumbawa tampak jelas terlihat, begitu juga dengan puncak gunung rinjani yang menjulang tinggi di depan mata melengkapi keindahan Tanjung Ringgit.

 Pantai Tanjung Ringgit

Di Tanjung ringgit ini kita akan mendapati sebuah mercu suar peninggalan Belanda yang  sampai sekarang masih digunakan sebagai petunjuk lalu lintas kapal di sekitar Tanjung ringgit ini. Ternyata dibalik keindahan panorama alam nya, tanjung ringgit juga menyimpan nilai sejarah yang tinggi, karena kita juga akan menemukan meriam kuno dan gua peninggalan Tentara Jepang.

Mercu suar Pantai Tanjung Ringgit

Untuk mencapai Tanjung Ringgit, dari kota Mataram kita harus menyewa motor atau mobil karena tidak ada kendaraan umum untuk mencapai lokasi. Memang untuk menuju Tanjung Ringgit ini agak membingunkan, papan penunjuk jalan pun tidak akan kita jumpai. Saya harus beberapa kali bertanya kepada orang di jalan. Patokan nya  adalah sebuah pertigaan yang tidak jauh dari SMPN 1 Jero Waru yang di samping nya ada sebuah pasar. Dari pertigaan itu menuju Tanjung Ringgit jauhnya 16 KM dengan kondisi jalan rusak.  Saya berharap suatu saat akses jalan menuju Tanjung Ringgit bisa diperbaiki, sehingga akan banyak wisatawan yang datang, tentu saja dengan tetap menjaga kelestarian dan keindahan alam Tanjung Ringgit.

Pantai Tanjung Ringgit

Pantai Tanjung Ringgit

Pantai Tanjung Ringgit

Sun shine Pantai Tanjung Ringgit

The sun shining Pantai Tanjung Ringgit

Lombok timur

Pantai Tanjung Ringgit

Pantai Tanjung Ringgit

Pantai Tanjung Ringgit

Pantai Tanjung Ringgit



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *