Candi Boko

Candi Boko terletak di Klaten Jawa Tengah

Trip Yogya-Klaten-Solo kali ini rasanya kurang lengkap apabila tidak memasukan candi ke dalam itenary kami dan pilihannya adalah, candi prambananan dan candi boko di klaten jawa tengah serta Candi sukuh di solo. Memang dengan sangat sengaja Borobudur tidak masuk dalam itenary kami, karena mengingat lokasinya yang agak jauh dari kota yogyakarta.

Special untuk candi boko rasanya hati saya sedikit tergelitik, karena sebagai orang klaten yang cukup sering pula pulang kampung kok ya belum pernah menginjakan kaki ke sana, sehingga ketika febee menyetujui untuk memasukan Candi Boko dalam itenary kami, maka dengan penuh semangat mencoba mencari sisi unik dari candi boko ini.

Candi Boko_s

Dari hasil browsing ke simbah Google saya temukan sebuah artikel menarik yaitu trip sunrise di candi boko. Untuk kami yang kebetulan menyenangi kegiatan tracking dan camping di alam terbuka, trip ini sangatlah menarik. Setelah sedikit kesulitan mencari informasi mengenai packet ini akhirnya telpon saya terdampar di pengelola Taman Candi Prambanan, Borobudur dan Boko, akhirnya saya mendapatkan informasi bahwa paket sunrise tracking ini masih ada, namun pada hari yang kami inginkan ternyata trip nya tidak ada karena pesertanya hanya kami ber-2 padahal dituliskan paket ini minimal 3 orang, wah sayang sekali namun wajar sekali bagaimana pesertanya nya mau banyak kalau mencari informasinya saja masih sulit?  Semoga dikedepannya pihak Candi Boko bisa mempromosikan dengan baik, karena saya yakin akan banyak peminatnya.

Candi Boko3_s

Setelah gagal dengan paket trip sunrise di candi boko tidak mengurungkan niat saya untuk tetap menginjakan kaki saya, sehingga pilihannya adalah untuk menikmati matahari terbenamnya saja.

Lokasi candi boko berjarak sekitar 2 KM dari perempatan prambanan ke arah kalasan dan candi ini terletak diatas bukit karena memang sejarahnya ketika istana boko ini dibangun didirikan untuk tempat menyepi dan meditasi pada kehidupan spritual dengan nama Abhayagiri Vihara oleh keturunan wangsa syailendra, dengan ketinggian 196 meter diatas permukaan laut maka ketenangan dan kedamaian akan terasa disamping itu akan tampak pemandangan Kota Sleman, candi prambanan serta gunung merapi.

mountain_s

Dari sisi arsitektur, candi boko ini sangatlah unik, walaupun di bangun oleh seorang budha, namun memiliki unsur-unsur hindu dengan adanya linga dan yoni serta arca ganesha, selain adanya pencampuran 2 unsur agama sisi unik lainnya adalah tata bangunannya menunjukan ciri-ciri tempat tinggal, dengan adanya bangunan berupa tiang dan atap dari bahan kayu, walupun yang tertinggal sekarang hanya batur-batur dari baru saja, dan akan masih banyak keunikan dan keindahan dari candi boko ini jika ditelusuri makin dalam.

Candi Boko1_s

Matahari mulai tenggelam di ufuk barat dan memerahkan cakrawala dilangit candi boko sore itu, air bertiup di keheningan mendamaikan hati dan menenangkan pikiran. Inilah salah satu sore terindah dalah hidup saya.

sunset1_s

Siluet Candi Boko

Siluet_s

Siluet1_s

Siluet2_s

 Padang rumput candi boko

field_s

Penggembala kambing

kambing1_s

 

kambing_s

 

Sunset

sunset_s

 

Candi Boko

Candi Boko2_s



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *