Pelabuhan Bungus

Waktu gue, Ichil dan Yan nyusun Itenary perjalanan kita ke sumbar, pengennya selama kita di sumbar kita mau melakukan perjalanan wisata yang lengkap, selaen wisata kuliner, kita juga pengen mengunjungi daerah2 wisata danau, gunung, pasar traditional, mesjid-mesjid kuno, rumah adat, tempat sejarah dan Laut.

Akhirnya di bagi tugas, berhubung diantara kita bertiga baru gue yang pernah mengunjungi Sumbar maka gue mendapat tugas paling banyak dalam hal menyusun Itenary, mereka berdua kebagian tugas mencari informasi tentang wisata pantai. Karna menurut gue wisata pantai di Padang itu kok biasa aja yah gak terlalu istimewa gitu loh, tapi mereka ngotot harus cobain snorkling di laut sumatra.

Akhirnya setelah melakukan perjuangan yang gak gampang untuk mencari tempat snorkling yang bagus di Sumbar, akhirnya mereka menemukan Pulau Sikuai ini. Ternyata wisata pantai di sumbar banyak juga loh, dan masih banyak pantai yang masih bersih.

Tadi nya mau coba ke pulau mentawai, tapi karena jauh banget (12 jam perjalanan dari pelabuhan Bungus) batal cobain mentawai, terus dapet Informasi lagi di pulau Cubadak katanya keren bangets, pas diliat2 kok harganya mahal bangets yaks, pake dolar lagi ( pulau nya udah jadi hak milik orang itali katanya) akhirnya yah kita milih Pulau sikuai ini, karena gak terlalu jauh dan harganya cocok juga dengan kantong kita bertiga.

Perjalanan Ke sikuai ini kita jadwalkan di hari pertama liburan kita di sumbar, setelah sarapan ketupat sayur di kota padang kita cari nasi bungkus buat bekal selama di sikuai, karena pihak hotel cuman kasih kita sarapan pagi doang, untuk makan siang dan makan malam nya kudu cari sendiri atau beli makanan hotel yang harga nya selangit ( telor mata sapi dan telor dadar aja satu nya di hargai dua puluh lima ribu rupiah) dengan rasa makanan yang Gak Banget.

Bungus Padang

Untuk sampai di pulau Sikuai kita harus menggunakan boat dari pelabuhan Bungus, pelabuhan bungus adalah pelabuhan kecil yang jaraknya hanya beberapa kilo dari pelabuhan teluk Bayur, biaya boat ke Sikuai sudah termasuk biaya nginep dari hotel.

Dalam perjalanan ke Pelabuhan Bungus, kita akan menikmati pemandangan pantai yang bagus banget, kita bisa melihat kesibukan pelabuhan teluk bayur dari atas bukit, pemandangan kota padang dari dataran tinggi dan di sepanjang jalan bisa kita liat monyet-monyet bergantungan di pohon. Perjalanan yang berbelok-belok dan naek turun bukit gak terasa karena pemandangan yang indah di kanan kiri jalan.

Mercu suar Bungus Padang

Untuk sampai di Pelabuhan bungus kita akan melewati sebuah bukit yang bernama bukit lampu, di namai bukit lampu karena tepat di atas bukit ini ada sebuah Mercu suar, Walaupun mercu suar ini di bangun di jaman Belanda, tapi masih tetap berfugsi sampai sekarang. di sekeliling mercu suar ini, masih terdapat beberapa buah meriam, jadi waktu jaman penjajahan Belanda, jaman penjajahan Jepang, dan jaman pemberontakan PRRI di Padang, lokasi mercu suar ini di gunakan sebagai tempat pertahanan menghadapi gempuran musuh.

from mercu suar Bungus, Padang

Bahkan di komplek mercu suar ini bisa di temukan terowongan-terowongan buatan Jepang. beruntung banget kita bertiga di kasih ijin untuk naek ke puncak mercu suar ini, wahh pemandangannya indah bangets. Gak kebayang kalo malem hari liat lampu-lampu dari kota padang dan dari kapal-kapal yang lalu lalang menuju teluk bayur, pasti luar biasa Indah nya. waktu lagi asyik-asyik liat pemandangan dari puncak mercu suar, kita liat dua ekor burung elang terbang melitas di atas kepala kita wooowwwww…

Kapal di Bungus Padang

Tepat Jam sepuluh lima belas kita sampai di Pelabuhan bungus. Ada dua kali penyebrangan ke Sikuai yang di atur sama pihak hotel, pertama jam setengah sebelas dan yang kedua jam tiga sore. Kita milih yang jam setengah sebelas. Sampai di pelabuhan bungus kita udah di tunggu sama pihak hotel yang mengabarkan boat nya udah di siapin tapi masih harus nungguin satu rombongan lagi dari Jakarta yang belom dateng, gpp deh kita bisa explore pelabuhan bungus dulu, pemandanganya bagus kok.

Kapal di Bungus Padang

Udah di tungguin 15 menit rombongan Jakarta itu belom dateng juga, terpaksa harus nunggu lagi, gue udah mulai Bt, harus nya tepat waktu dong masa kalo rombongannya itu dateng nya jam satu kita harus nungguin sampe jam satu juga, tau gitu kan tadi bisa maen-maen dulu di kota Padang, antara sebel sama pihak hotel dan sebel sama si rombongan yang belom dateng itu.Huuuuhh…

tapi untung kita gak harus nungguin sampe si rombongan itu dateng, akhirnya jam sebelasan kita nyebrang ke pulau sikuai dengan menggunakan sebuah perahu motor yang dapat menampung penumpang kurang lebih 20 orang tapi skarang isi perahu motor nya cuman kita bertiga dan tiga orang juru mudi perahu. Lama perjalanan dari Pelabuhan bungus ke Sikuai kurang lebih 45 menit.

Kapal di Bungus Padang

 

pemancing di Bungus Padang

Bersambung ke cerita Pulau Sikuai….



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *