Nasi Ayam Bu Sri

Membuat review masakan Bali sangat lah menarik buat saya, karena bagi masyarakat Hindu Bali, makanan bukan hanya sesuatu yang bisa disantap, akan tetapi sebuah persembahan kepada para dewata atas karunia dan berkah semesta kepada hidup. Oleh sebab itu setiap masakan yang dipersembahkan akan diracik dengan penuh penghayatan dan tentu saja dengan bahan-bahan yang terpilih, semuanya disatukan dalam ukuran yang tepat dan diolah dengan rasa bahagia, hingga tercipta cita rasa bumbu yang sedap.

Nasi ayam bu sri

Ketika membuat review edisi kuliner Bali ini saya mendapat banyak sekali ilmu tentang masakan Bali dan hubungan nya dengan simbol-simbol KeTuhanan mereka, upacara-upacara adat dan tidak ketinggalan belajar tentang bumbu-bumbu dan bahan-bahan masakan Bali.

Sudah pernah mendengar istilah “Apa pun masakannya, pasti geneplah bumbunya”, mungkin itu sebab nya, semua masakan bali menurut saya rasanya mirip-mirip, Karena si base genap inilah yang mempersatukan cita rasa masakan bali. Base genep sendiri arti nya bumbu lengkap, bukan bumbu yang berjumlah genap. Memang ciri khas dari masakan Bali adalah penggunaan bumbu-bumbu yang banyak. Tetapi ukuran lengkap atau tidak nya jenis bumbu yang digunakan juga disesuaikan dengan masakan yang akan dimasak. Jadi Base genap itu mulai dari bumbu-bumbu dasar seperti, bawang merah, bawang putih, jahe, lengkuas, kencur,cabai rawit, kunyit, kemiri, hingga dengan Base Gede yang arti nya bumbu besar karena bisa mencapai 20 jenis bumbu termasuk di dalam nya kayu manis, jeruk purut, merica, pala, jinten jinten, sampai kemenyan. Ada juga istilah base wangi, biasanya berbagai jenis deduanan seperti daun jeruk, daun kunyit dan daun salam.

aneka kerupuk Nasi ayam bu sri bali

Kenapa saya sedikit mengulas tentang keragaman bumbu dan masakan Bali ? sebab saya akan me-review nasi campur Bali atau yang dikenal juga dengan nasi ayam, menurut saya nasi campur bali ini adalah masakan yang menggambarkan keragaman masakan Bali itu sendiri. Karena dalam satu porsi nasi campur terdapat banyak lauk-pauk khas Bali. Nasi campur Bali termasuk kuliner Bali yang wajib dicoba kalau berlibur ke Bali, ada banyak nama penjual nasi campur yang sudah tersohor, bahkan ada penjual nasi campur Bali yang untuk mencoba nya saja kita harus sabar antri lama. Tapi kali ini saya bukan mereview nasi campur Bali yang tersohor dikalangan turis itu, saya akan bercerita tentang kelezatan penjual nasi campur atau nasi ayam Ibu Sri.

Adalah Beni, teman saya yang tinggal di Bali yang merekomedasikan tempat makan ini. Kebetulan Nasi ayam Bu Sriini lokasi nya tidak jauh dari kantor Beni dan menjadi langganan Beni dan teman-teman kantor nya buat makan siang. Dari awal Beni sudah wanti-wanti kepada saya untuk tidak datang lewat dari jam satu siang, karena biasanya nasi ayam Bu Sri sudah abis. Oleh sebab itu tepat jam sepuluh pagi, setelah pesawat yang saya tumpangi mendarat di Bandara Ngurah Rai, saya langsung bergegas menuju Jalan Griya Anyar tempat lokasi nasi ayam Bu Sri berada, untung nya lokasi nasi ayam Bu Sri tidak jauh dari Bandara Ngurah Rai sehingga saya bisa sampai menjelang waktu makan siang, yang kata Beni pasti penuh.

suasana Warung nasi bu sri

Warung makan nasi ayam Bu Sri tampak sederhana, pada bagian depan warung terdapat etalase tempat berbagai macam masakan disajikan, bagian dalam warung deretan kursi kayu panjang dengan pendingin ruangan berupa kipas angin yang terus berputar. Saya langsung order satu porsi nasi ayam komplit. Satu porsi nasi ayam komplit itu terdiri nasi putih dengan lauk pauk terdiri dari : Lawar kacang panjang, toge, telur bumbu bali, potongan ikan bakar, tum ayam, tempe masak santan, putih telur yang digoreng kering, sambal matah, sambal terasi dan tidak ketinggalan taburan kacang tanah, tambahan lain nya adalah semangkuk kecil kuah bening berisi irisan timun. Sambil mengantarkan pesanan saya, pelayan nya minta ma’af karena sate lilit nya sudah abis.

ayam palalah Nasi ayam bu sri bali

Memang kalau saya perhatikan, hampir disetiap nasi campur Bali selalu disertakan dengan sate lilit. menu wajib lain nya dalam nasi campur adalah lawar. Lawar adalah adalah sayur mayur seperti kacang panjang atau toge yang dicampur dengan parutan kelapa bakar yang sudah dibumbui ,memang biasanya dalam maskan lawar dimasukan potongan daging ayam atau babi. Tapi tidak semua lawar menggunakan Babi, contoh nya seperti Lawar di warung makan Ibu Sri, jadi buat yang beragama islam, jangan takut, tidak semua masakan Lawar mengandung babi.

Satu lagi yang tidak bisa dipisahkan dari nasi campur Bali adalah sambal matah dan sambal goreng terasi. Untuk lauk-pauk lain nya tergantung inisiatif penjual. Seperti pada nasi ayam Bu Sri ini, saya menemukan ayam pelalah di etalase, walaupun tidak masuk dalam piring nasi ayam saya, tapi menu ayam pelalah ini menjadi pilihan menu disini. Ada juga ati dan ampela masak Bali. Mungkin yang menjadi pembeda di nasi ayam Bu Sri ini adalah dadar putih telur yang diolah sedemikian rupa sehingga menyerupai sarang laba-laba, rasanya sedikit mirip tepung kremes.

Telur Nasi ayam bu sri bali

Tum ayam buatan Bu Sri menurut saya juara nya, saya dapat merasakan base genap meresap dalam potongan ayam. Kalau biasanya tum ayam dibungkus dalam daun pisang menyerupai pepes, tum ayam ala Bu Sritidak dibungkus daun dan bumbu juga tidak sebanyak biasanya, tapi untuk rasa sama nikmat nya. Begitu juga dengan kuah bening yang dihidang bersama nasi ayam tadi, kuah bening bukan berasal dari kaldu tapi kuah yang dibumbui dengan base genap dasar, baru dimasukan potongan timun, menimbulkan efek segar, sebagai pendamping nasi ayam.

Tum Ayam Nasi ayam bu sri bali

Terima kasih buat Beni, untuk rekomendasi nya ini. Saya sangat puas dengan nasi ayam Ibu Sri. Memang, untuk mendapatkan makanan yang enak, tidak harus di tempat yang sudah populer, cukup disebuah warung makan sederhana dekat kantor Beni. Makan bersama penduduk lokal, menikmati pesona kelezatan nasi ayam Bu Sri.

Mendekati makan siang, antrian motor pembeli sudah memenuhi halaman warung dan saya pun siap-siap menuju tujuan berikut nya ………

Warung nasi bu sri

 

Warung Nasi Ayam Bu Sri

Jl. Griya anyar Suwung Kauh

Denpasar

Telp : 081353847099

 



One response to “Nasi Ayam Bu Sri”

  1. Bayu Amus says:

    Loh kenal sama Beni toh feb? Ntar lagi kalau ke sini cobain Tipat Ayam nya, beberapa derajat lebih nendang dibanding Nasi Ayam nya itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *