Resep : Gulai Anyang

Harapan nya di tahun 2014 ini, ioflife lebih banyak menampilkan resep-resep traditional Indonesia, mau nya resep-resep kuno  yang sudah hampir punah dan sudah jarang ditemui. Hal ini karena kecintaan kami terhadap masakan traditional Indonesia dan turut melestarikan masakan Indonesia. Mungkin untuk permulaan, kami akan mencoba resep-resep kuno dari daerah kami berasal, yaitu masakan Padang dan Jawa.

anyang

Resep pertama  ini  berasal dari Sumatra Barat bernama Gulai Anyang.  Gulai anyang asli masakan dari daerah Tanah Datar -Batu Sangkar – Sumatra Barat. Mungkin banyak yang bertanya-tanya, bukan nya  masakan anyang dari minang itu seperti urap ya ? terdiri dari sayuran yang di rebus dan ditaburi oleh parutan kelapa yang sudah dibumbu dengan kucuran jeruk nipis ? tapi kenapa anyang yang ini  berkuah ? naah disitulah keunikan dari  gulai anyang ini.

daging

Gulai anyang biasanya hadir dalam perayaan-perayaan adat di tanah datar, atau hari-hari besar agama islam seperti lebaran Haji, menu ini wajib dihidangkan.  Saking istimewa nya gulai anyang ini, ada istilah, kalau tidak ada gulai anyang dalam hidangan, belum ber hari raya nama nya.  Bahan utama pembuatan gulai anyang ini sering nya menggunaka jeroan sapi seperti usus, limpa dan babat.  Karena memang lemak yang berasal dari jeroan ini menghasilkan kuah gulai yang lebih lezat. Tapi pada resep ini, saya mengganti nya dengan daging iga.

bahan mentah

Keunikan lain nya dari gulai anyang ini adalah pemakaian bumbu ketumbar segar dalam masakan. Berbeda dengan masakan dari daerah lain di Sumatra Barat yang jarang menggunakan ketumbar, di Tanah Datar ini, hampir semua masakan khas nya menggunakan ketumbar, termasuk dalam pembuatan rendang. Oleh sebab itu,  hampir di setiap halaman rumah di Tanah Datar dapat kita jumpai pohon ketumbar. Untuk di Jakarta sendiri, agak sulit mencari ketumbar segar, biasanya ketumbar yang banyak di pasar adalah ketumbar yang sudah kering.

Bumbu ulek

Bumbu dan iga

Di musim hujan seperti sekarang ini, menu gulai anyang ini bisa menjadi pilihan yang cocok untuk di santap.  Selamat Menikmati.

 

Gulai Anyang

Bahan:

750 g iga sapi berdaging, potong-potong 3 cm

1,5 liter air

2 lembar daun kunyit

5 Lembar daun Jeruk

Daun ketumbar secukup nya untuk topping

 

Bumbu Halus:

8 butir bawang merah

4 siung bawang putih

2 cm kunyit

2 cm jahe

4 buah cabai merah

10 buah cabai rawit merah, bersihkan

15 butir kemiri

2 sdm ketumbar

2 sdt garam

 

Cara Membuat

Cuci iga sapi, buang lemak yang berlebihan. Tiriskan.

Didihkan air, Masukkan iga sapi, bersama daun kunyit dan daun jeruk,kecilkan api.

Masukan bumbu halus  ke dalam rebusan iga sapi.

Masak dengan api kecil hingga daging iga lunak.

Angkat, taburi dengan daun ketumbar dan sajikan hangat.

anyang 2



3 responses to “Resep : Gulai Anyang”

  1. edwin says:

    feb

    nampak enak …

  2. Halo!

    Kami melihat bahwa Anda memiliki beberapa resep yang lezat di blog Anda.

    Kami ingin memasukkan blog Anda pada pada daftar Top Food Blog di MyTasteIndonesia.com, sebuah jejaring sosial buat Anda yang menyukai masakan dan juga yang pemilik blog seperti Anda. Banyak blog yang telah menjadi anggota dan mendapatkan keuntungan dari publikasi di situs kami.

    Anda dapat menambahkan blog Anda pada daftar Top Food Blog kami dengan mengikuti link ini http://www.mytasteindonesia.com/top_food_blogs

    Mohon untuk membalas email ini agar kami mengetahui bahwa Anda telah menerimanya. Terima kasih atas perhatian dan kerjasamanya. Semoga kami akan melihat blog Anda di daftar Top Food Blog kami.

    Salam,

    MyTasteIndonesia.com

  3. Wahh… Makasih atas info nya ya. Very useful

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *