RM Aie Badarun

Nama restoran nya Aie Badarun, kental bahasa minang nya. Kalau diartikan ke dalam bahasa Indonesia arti nya suara air yang sangat kencang. Entah kenapa dikasih nama dengan suara air yang kecang, apa mungkin karena lokasi restoran yang tidak jauh dari air terjun Lembah Anai yang curah air nya memang besar mengakibatkan Aie Badarun, entah lah. Yang pasti sejak beberapa tahun yang lalu RM Aie Badarun ini masuk kedalam daftar rumah makan yang banyak disinggahi pelancong dalam perjalanan dari Padang menuju bukit tinggi atau yang akan menuju danau maninjau.

RM Aie Badarun

Dari beberapa rumah makan ( di Padang tidak ada rumah makan Padang ) yang saya sambangi selama di Padang, kenapa saya memilih rumah makan Aie Badarun untuk saya review di blog ini ? karena menurut saya di rumah makan ini kita bisa menemukan masakan-masakan Padang yang tidak kita temui di Rumah makan padang pada umum nya, terutama rumah makan Padang di Jakarta.

Mari kita tengok bersama-sama apa menu istimewa yang disuguhkan dir umah makan ini :

Balado Baluik (Belut Balado )

balado belut aie badarun

Sedikit terkejut melihat belut balado yang di hidang, karena belut yang digunakan bukan belut asap yang banyak kita temui di Sumatra barat, melainkan belut segar yang diolah menjadi lauk. Butuh ilmu memasak yang tinggi untuk dapat mengolah belut segar menjadi makanan yang lezat, karena harus mempertimbangkan rasa amis belut dan tulang belut yang sangat keras. Menurut saya, rumah makan Aie Badarun sudah lulus tes memasak Balado Baluik.

Telur Dadar Padang

telur tebal aie badarun

Mungkin masakan yang satu ini sudah tidak asing lagi bagi kita semua, telur dadar padang. Ciri khas telur dadar padang terletak pada tekstur nya yang tebal dan gendut. Untuk mandapatkan tekstur yang tebal itu butuh ilmu tersediri, karena tabal nya si telur, bukan didapat dengan cara menambahkan tahu atau tepung yang banyak, tapi harus tau formula nya, seperti : menggunakan telur bebek, bukan telur ayam, jumlah telur yang digunakan dan campuran bawang merah, cabe merah giling dan daun bawang yang pas. Selain itu, volume api pada saat menggoreng telur harus terus dijaga dan suhu minyak juga harus sangat panas pada saat menggoreng, tapi posisi api harus kecil, tidak sembarang orang bisa memasak telur dadar ala Padang ini.
Telur dadar di Rumah makan Aie Badarun ini tampak sempurna, tekstur telur terlihat tebal dan padat penuh dengan rasa telur, cocok sekali dimakan dengan nasi putih panas dan sambalado.

Palai telur ikan

palai telur ikan aie badarun

Palai ini arti nya masakan yang dibungkus dengan daun, kalau di tanah sunda disebut pepes, di Sumatra Barat disebut nya Palai. Beda antara Palai dan pepes yaitu pada Palai tidak ada campuran daun kemangi dalam bungkusan daun pisang, bumbu olahan nya juga lebih sederhana hanya cabai merah, bawang merah tanpa menggunakan kunyit. Sama seperti di Jawa Barat, bahan-bahan yang biasa diolah untuk dijadikan Palai juga beraneka macam, seperti Palai ikan teri, palai bada yaitu campuran daun singkong dan udang yang dibungkus daun dan Telur ikan. Palai telur ikan ini lah yan saya jumpai di rumah makan aie badarun.

Pical Padang

Pical aie badarun

Dari nama nya sudah terpapar jelas kalau Pical Padang ini sangat kental pengaruh masakan Jawa nya. Pical asal kata nya dari pecel atau gado-gado, campuran sayur mayur yang disiram oleh kuah kacang. Beda nya kalau di Padang selain sayuran, juga ditambahakn mie kuning dan kerupuk merah dalam adonan pical. Untuk rasa, saya lebih menyukai pecel asli Jawa dibandingkan pical ala Sumatra ini. Tapi kalau ingin mencoba pical Padang, boleh mencoba nya dir umah makan Aie Badarun ini.

Sambalado Canguak

Sambal lado aie badarun

Menurut saya Sambalado Canguak ini adalah kuliner asli minang yang sudah sangat jarang ditemui, biasanya hanya di rumah-rumah orang minang saja samabalo Canguak ini hadir. Oleh sebab itu saya cukup terkejut melihat kehadiran samabaldo Canguak di rumah makan ini. Sambalado Canguak adalah sambal yang terbuat dari air tejin beras yang dimasak bersama dengan cabai merah, bawang merah dan tambahan duan bawang, tomat, udang kecil atau udang rebon lalu sering juga ditambah kerupuk kulit.

Gulai Pensi

 Gulai pansi aie badarun

Pensi adalah sebangsa keong atau siput, saya kurang faham apakah pensi yang ada di Sumatra Barat ini adalah jenis keong yang adanya khusus di Sumbar saja, yang berasa dari danau Maninjau atau danau Singkarang, entah lah. Tapi yang pasti di rumah makan Aie Badarun ini saya menemukan pensi yang sudah dibuang cangkang nya dimasak menjadi gulai. Pensi terasa lembut, kuah tidak terasa amis karena diredam oleh irisan daun mangkokan, sehingga rasa yang ditumbulkan segar dan nikmat.

pilihan aie badarun

Food parade aie badarun

Tentu saja selain menu-mau yang saya sebutkan diatas ada banyak menu menarik lain yang disediakan di RM Aie Badarun, seperti kalio Limpa, sayur rebung, gulai paku, asam padeh daging, asam padeh ikan, sambalado ikan teri yang dicampurkan minyak kelapa, rendang jengkol, khas sambal orang minang, sambalado petai dan banyak menu menarik lain nya. Pada saat menu dihidang rasa nya semua kepingin dicoba. Selain menyediakan menu besar, disini kita juga bisa mencoba makanan kecil khas padang seperti bubur kacang hijau dan ketan hitam, kolak pisang bubur kampiun dan berbagai macam jus buah.

 Gulai cubadak aie badarun

kalio limpa aie badarun

Sayang sekali, Rumah makan Aie Badarun tidak menggunakan tradisi minang yang menghidangkan makanan nya dengan cara menyusun piring sebanyak-banyak nya di kedua tanngan pelayan nya dan menghidangkan nya di meja, sekarang keterampilan seperti itu sudah tergantikan dengan kereta makan dorong, sayang sekali rasanya ciri cara penyajian makanan di rumah makan padang itu sekarang sudah hampir punah.

RM Aie Badarun (Masakan Khas Kampung)
Jl. Raya Padang Panjang Bukit Tinggi KM 6
Tel. (0752) 7006699



5 responses to “RM Aie Badarun”

  1. etu says:

    Palai telur ikan bikin ngacai …

  2. Morrie says:

    Your’s is the ingenlitelt approach to this issue.

  3. riestu endy pamungkas says:

    kurang puas pelayanan dii rumah makan itu,,,, semenjak lebaran 2014 ada saLAH SEORANG pelayannya yaitu anaknya sendi dari sii pemilik restoran itu,,, intinya kurang puas

  4. Andre says:

    mungkin cuma perasaan bapak aja
    kita puas banget ko sama pelayananya,ramah,datang aja langsung di sambut

  5. Andre says:

    Ga ko pak mungkin cuma salah paham,
    ramah – ramah pelayannya waktu kita kesana
    datang langsung di sambut

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *