RM Surya

Komentar seorang teman ketika melihat foto kepiting saus padang yang saya upload di path ioflife  adalah “ke Makasar kok makan nya saos padang feb?” kalau dipikir-pikir benar juga sih, kok ke makasar makan nya malah saos Padang. Tapi memang makanan dengan label “saos Padang”  ini membuat sedikit kebingungan, karena saos padang tidak terdapat dalam khasanah kuliner asli minang kabau.

Kepiting saus padang surya makassar

Kebingungan ini juga pernah saya alami ketika beberapa tahun yang lalu, saya berlibur ke Padang bersama teman-teman kuliah, berhubung saya yang asli padang, maka saya didaulat untuk menjadi guide selama berkeliling di Padang sekaligus bertugas merekomendasikan makanan enak. Masalah timbul ketika mereka mengajak saya untuk makan udang saos padang, menurut mereka mumpung lagi ada di Padang yah wajib dong mencoba makanan Saos Padang. Sempat terpikir untuk membawa mereka ke Pondok, daerah Pecinan di kota Padang, lalu mencari restoran Chinese food, logika nya di restoran Chinese food pasti ketemu masakan berlabel “saos padang” , mau udang saos padang, kepiting saos padang atau cumi saos padang.

Kepiting lada hitam surya makassar

Akan tetapi saya memilih untuk mejelaskan kepada teman-teman saya ini, kalau saos padang itu bukan asli masakan minang tapi masakan kreasi baru aja, mungkin karena saos nya berwarna merah dan rasa nya pedas jadi dikasih nama saos padang. Untung nya mereka menerima penjelasan saya tersebut, padahal waktu itu saya cuman nebak-nebak aja loh.

Man tou surya makassar

Oseng buncis surya makassar

Bertahun-tahun kemudian, tulisan Pak Bondan di buku 100 Mak nyus Bondan WInarno  yang baru launching kemarin, membenarkan teori saya itu. Pada buku tersebut, di halaman 512 Pak Bondan menjelaskan bahwa “Sajian ini bukan termasuk kuliner traditional Ikonik, namun lebih merupakan masakan kreasi baru yang sangat popular. Nomenklatur nya pun agak kacau. Kadang-kadang ditulis dikartu menu sebagai kepiting saus chili, tetapi juga sering disebut dengan nama kepiting saos padang “. Demikian tulis Pak Bondan dalam bab 95  yang berjudul “Kepiting Saus Cili” yang maknyus di RM Surya Makasar. Dengan membaca penjelasan Bapak Bodan tersebut, terbayar sudah rasa penasaran saya mengenai saus padang.

Brocolli cah surya makassar

Beruntung sekali, saya juga sudah mencoba kepiting Saus Padang di RM Surya yang diceritakan Bapak Bondan itu. Kebetulan, seminggu yang lalu saya baru kembali liburan dari Tanjung Bira Makasar dan menyempatkan diri makan kepiting di RM Surya.

Rumah makan Surya berada di Jalan Nusakambangan 16, Makasar. Menempati sebuah bagunan dua lantai, RM Surya tempak seperti restoran Cina pada umum nya. Ketika masuk ke dalam kita akan melihat ruangan yang lapang dengan meja-meja kaca berbentuk bulat dengan taplak meja putih polos dan kursi-kursi berwarna merah. Pelayan nya pun sigap dan ramah melayani kami.

Otak-otak surya makassar

Tujuan kami datang ke Rumah makan ini sudah pasti untuk mecoba kepiting Saus Padang nya, oleh sebab itu kami langsung order kepiting Saus Padang dan kepiting lada hitam nya. Sayuran nya kami mencoba brokoli cah dan oseng buncis. Kami sengaja tidak memesan nasi, tapi mengganti nya dengan mantau goreng. Tidak ketinggalan kami mencoba juga otak-otak Makasar yang terkenal itu.

Surya super cran restaurant

Sudah pasti juara nya jatuh pada kelezatan kepiting Saus padang dan Kepiting Lada hitam nya. Paduan bumbu nya pas, tidak ada yang mendominasi rasa satu sama lain nya, jadi rasa daging kepiting nya yang lembut masih bisa dinikmati. Saya  mem-favoritkan kepiting lada hitam nya. Pilihan kami untuk mengganti nasi dengan mantau juga patut diacungi jempol, mantau di RM surya ini berbeda dengan Mantau yang pernah saya coba ditempat lain, tebakan saya, RM surya membuat sendiri Mantau nya, sehingga terasa fresh, enak sekali dicocol dengan kedua saus kepiting tadi.  Puas rasa nya makan di RM surya ini, sayuran nya juga tidak mengecewakan begitu juga dengan otak-otak nya. Kalau rasanya belum puas makan di tempat bisa juga dibawa pulang ke rumah sebagai oleh-oleh, RM Surya menyediakan termos sebagai wadah kepiting yang akan dibawa jauh.

 

RM Surya

Jl. Nusakambangan 16, Makasar

0411 3617066, 3619630



One response to “RM Surya”

  1. H Rusli.kio says:

    Liburan anda tidak lengkap jika ttidak singgah di restoran Surya.makassar jl.nusakambangan..luar biasa lezatnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *