Bebek Sinjay

 papan naman nasi bebek sinjay

Daging bebek nya yang lembut, bumbu nya meresap dengan baik, tidak terekam jejak amis daging bebek. Kenikmatan itu dipadu dengan sepiring nasi putih hangat yang pulen, ada lalapan nya juga berupa potongan timun dan daun kemangi. Selain daging bebek, ada juga ati ampela bebek yang kelezatan rasanya menandingi si daging bebek nya sendiri. Ati dan ampela nya lembut dan Juicy, taburan serundeng bagaikan bonus yang tidak habis-habis nya dalam sepiring menu langkap Bebek Goreng Sinjay Madura ini.

Nasi bebek sinjay madura

Kesempurnaan itu terlengkapi dengan sambal Pencit nya. Sambel Pencit ini mejadi daya tarik sendiri di Bebek Sinjay ini, terbuat dari irisan mangga muda lalu dicampur dengan timun dan dicampur dengan cabe rawit.

sambal mangga bebek sinjay madura

Begitulah deskripsi yang bisa saya tulis mengenai Bebek Sinjay. Akhirnya rasa penasaran saya akan Bebek Sinjay Madura ini lunas sudah. Saya dan Ichil sengaja nyebrang sebentar ke pulau Madura dari Surabaya dalam perjalanan kami menuju kota Malang hanya untuk mencoba Bebek Sinjay ini.  Sudah banyak tulisan yang mengakui dan memuji kelezatan Bebek Sinjay, tulisan-tulisan itu langsung menyebar ke dunia maya seperti magnet yang membuat pembaca nya menjadi penasaran, resah gelisah ingin mencoba nya.

Piring Nasi bebek sinjay madura

Takjub juga melihat restoran Bebek Sinjay ini, menempati sebuah area yang sangat luas, bisa menampung sampai 500 pembeli dan area parkir nya pun luas. Seperti nya Restoran ini dikelola dengan serius oleh pemilik nya. Ketakjuban saya berlanjut waktu lihat pembeli yang mengantri di loket kasir. Tapi, menurut supir mobil rental yang mengantar kami, kalau lebaran, untuk mendapatkan Bebek Sinjay kita harus antri 2 jam, luar biasa…. sebegitu dasyat nya Bebek Sinjay.

Antrian bebek sinjay madura

Terselip rasa bangga melihat kesuksesan Bebek Sinjay ini, bagaimana tidak bangga, Bebek Sinjay sudah menjadi icon wisata pulau Madura, apalagi sejak dibangun nya jembatan Suramadu yang menghubungkan Surabaya dan Madura, banyak wisatawan yang sengaja menyebrang ke Madura tujuan nya hanya untuk menikmati Bebek Sinjay, kuliner lokal Madura. Menurut saya ini bisa disebut kesuksesan kuliner lokal.

tempat makan bebek sinjay madura

Bagi saya sendiri, gagrak bebek goreng Sinjay ini membuat saya bingung, karena yang saya tahu bebek goreng khas Madura itu berlumur bumbu-bumbu yang berwarna hitam seperti gagrak bebek Madura Mak Isa ini, saking doyan nya dengan bebek Madura yang hitam saya pernah berjanji, suatu hari saya akan mencoba bebek goreng ini di kampung halaman nya, karena di Jakarta aja udah enak gimana di Madura nya. Makanya sedikit kecewa waktu saya tahu kalau bebek goreng Sinjai beda gagrak dengan bebek Madura dalam bayangan saya. Aneh nya lagi, di Madura nya sendiri malah si bebek bumbu hitam sangat jarang ditemui.

Kenyataan itu membuat saya jadi penasaran, setelah mencari tahu, saya berkesimpulan, ada beberapa gagrak bebek goreng di Pulau Madura. Bebek Madura ala Sinjay ini gagrak bebek Madura khas Kabupaten Bagkalan, salah satu kabupaten yang ada di pulau Madura. Mungkin karena Bangkalan lokasi nya dekat degan Surabaya, maka bebek goreng nya serupa dengan bebek goreng khas Surabaya. Sedangkan Bebek Goreng Madura ala Mak Isa berasal dari Kota Sumenep yang lokasi nya lebih jauh lagi masuk ke pulau Madura, mungkin semakin ke dalam pulau Madura bebek goreng nya semakin gahar sehingga berwarna hitam ya ??? he..he..he belum tau pasti juga sih..ini baru kesimpulan saya sendiri. Bagi pembaca, yang mengerti soal per bebekan Madura ini, boleh dibagi ilmu nya ke saya ya 🙂 .

Menyiapkan bebek sinjay madura

Lucu nya lagi, mengekor kesuksesan Bebek goreng Sinjay, sekarang sepanjang jalan selepas jembatan Suramadu  banyak bermunculan warung makan yang berjualan bebek goreng, semua latah. Saya yang baru pertama kali ke Madura jadi merasa seperti nya kuliner dari pulau Madura ini  hanya bebek goreng saja ? kenapa semua jualan nya bebek goreng ?

Meyajikan bebek sinjay madura

Sangat disayangkan, karena ada banyak kuliner dari Pulau Madura yang harus lebih diperkenalkan lagi seperti Nasi Serpang, yaitu nasi yang terdiri dari setangkup nasi putih, tahu, telur, serundeng, kulit sapi, kerang , udang, bihun, empal daging, ikan tongkol, dan rempeyek. Ada Soto Madura yang khas dengan tambahan lontong nya, Rujak Madura yang menambahkan potongan singkong rebus dan rumput laut kedalam campuran petis. Ada juga Makanan yang bernama Kaldu Kokot. Sate Madura dan bubur ayam Madura yang terkenal di tanah rantau bisa ditampilkan juga. Belum lagi jajanan pasar nya yang beraneka ragam, ternyata ada banyak kuliner lezat dari Madura.

Aahk rasanya sangat sayang kalau ke Madura hanya mencoba bebek goreng Sinjay saja, apalagi harus mengantri 2 jam hanya untuk menikmati bebek goreng saja, rasa nya berlebihan ya ? ayok menjelajah lebih dalam lagi ke Pulau Madura, ternyata ada banyak “harta karun” terpendam di pulau Madura ini. Seperti nya saya dan Ichil harus mejadwal kan kembali kunjungan ke Madura, Sebuah pulau eksotik dengan kekayaan alam, kekayaan kuliner dan keunikan batik nya.

 Jembatan suramadu

Nasi Bebek Sinjay

Jl. Raya Ketengan No: 45 Bangkalan, Madura

Telepon: 031 – 726 95949  



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *