Ayam Tangkap Blang Bintang

Dibalik sebuah bencana selalu ada hikmah nya, mungkin kalimat ini cocok menggambarkan kondisi Propinci Aceh saat ini. Pada tahun 2004 Propinsi Aceh dilanda bencana tsunami yang menyebabkan sekitar 37.000 orang tewas, Tapi lihatlah sekarang, Propinsi Aceh menjadi terkenal di seluruh dunia dan kalau sebelumnya Aceh dikenal sebagai daerah konflik, kini perdamaian itu datang. Pembangunan kota yang porak – poranda juga sudah dibenahi, sifat masyarakat aceh yang kuat dan pantang menyerah tidak hancur ditimpa bencana, mereka bangkit dan dapat membangun kembali negeri tanah rencong tersebut. Walau begitu, tidak bisa dipungkiri kalau bencana Tsunami menimbulkan duka yang mendalam bagi kita semua dan masyarakat Aceh khususnya.

ayam tangkap Blang Bintang papan

Satu lagi, hikmah lain yang  didapat adalah makin dikenal nya kuliner Aceh. Jujur saja, saya pribadi baru berkenalan dengan masakan Aceh belum lama, berawal ketika tahun 2005 saya dan teman-teman milis Jalansutra menyambangi sebuah rumah makan Aceh di daerah Bendungan Hilir Jakarta dan saya langsung jatuh cinta dengan citra rasa masakan dari propinsi di ujung Sumatra ini. Seperti ciri khas masakan dari Sumatra  pada umumnya yang kaya akan rempah dan bumbu, begitu juga dengan masakan Aceh.

Mie goreng aceh Blang Bintang

pulut ayam tangkap Blang Bintang

Tapi  jangan kuatir, jika anda bukan penggemar masakan kaya rempah, boleh mencoba masakan satu ini, yaitu Ayam Tangkap . Masakan Aceh satu ini sekarang memang sedang naik daun.  Di Jakarta sendiri, ada banyak rumah makan Aceh yang menjadikan si Ayam Tangkap ini sebagai primadona nya menggantikan Mie aceh yang sudah lebih dahulu terkenal.

Hal ini juga yang me-latar belakangi  Ibu Cut Rosmiati, membuka Resto ayam tangkap Blang Bintang  di kawasan Kyai Haji Ahmad Dahlan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Selain Menjual ” Ketenaran” nama ayam Tangkap, ibu  Cut yang memang jago masak ini juga menjual berbagai macam masakan  khas Aceh lain nya, Seperti  : Sambal ganja, Sop ikan Aceh, Gule Lemak Udang, gule kepiting khas aceh, kuah pilik- U, Mie goreng Aceh, Sirebaeh  , ikan asam padeh,  sayur anyang daun papaya, sambal ikan dan bebek Qurma. Untuk makanan kecil  khas aceh nya kita juga bisa mencoba  Timphan dan pulut, tidak ketinggalan es kopi khas aceh dan rujak  timun yang segar.

ayam tangkap blang bintang

Kembali ke cerita ayam tangkap. Sebenar nya Ayam Tangkap ini sudah ada sejak dahulu di Aceh, resep nya sudah turun temurun,  tetapi ayam tangkap baru dikenal luas setelah peristiwa Tsunami Aceh, karena banyak nya relawan  dari luar yang datang ke Aceh dan berkenalan dengan masakan yang satu ini. Dari segi bahan dan cara pembuatan, Ayam Tangkap sangat lah sederhana, cara pengolahan nya adalah ayam yang telah di beri bumbu digoreng dalam minyak yang panas, bersamaan dengan itu digoreng juga daun pandan, daun temurui dan potongan cabai hijau ke dalam wajan, perpaduan mesra antara ayam berbumbu dan berbagai jenis dedaunan itu menghasilkan citra rasa masakan yang unik. Kelebihan dari Resto Ayam Tangkap Blang Bintang ini adalah bumbu dalam setiap potongan ayam meresap dengan sempurna dan dedaunan bumbu  yang digoreng pun tetap berwarna hijau segar, istimewa nya daun-daun tersebut  tetap terasa crunchy jika disantap..hmmm nikmat sekali …

Sambal ganja ayam tangkap Blang Bintang

Biasanya  ayam tangkap ini berpasangan dengan Sambal Ganja, perpaduan yang cocok sekali jika disandingkan dengan nasi putih hangat, saran saya, lupakan diet anda sekarang juga. Sambal ganja terbuat dari belimbing wuluh , bawang merah, cabai dan potongan udang yang dilumatkan. Kunci dari kenikmatan sambal ganja ini terletak pada kesegaran daging udang  yang diolah dan di Resto Ayam Tangkap Blang Bintang ini anda akan menemukan sambal ganja yang membuat anda ketagihan.

sambal ikan ayam tangkap Blang Bintang

Selain sambal ganja, kita bisa mencoba juga Sambal  Ikan nya. Suwiran ikan yang dipadukan dengan beraneka macam bumbu juga menjadikan sambal ini gak kalah ciamik dengan sambal ganja.

Ikan asam pedas ayam tangkap Blang Bintang

Lain daerah lain juga ciri khas nya, walau nama nya sama-sama ikan asam padeh. Tapi dari sisi penampilan dan rasa masakan Asam Pedas atau Asam Padeh dari Aceh ini jauh berbeda dengan asam padeh dari Sumatra Barat. Asam Padeh dari Aceh diolah tidak menggunakan banyak  kunyit seperti asam padeh dari padang,  sehingga warna nya sedikit pucat, selain itu penggunaan asam kandis yang menjadi ciri khas di asam padeh Padang digantikan dengan asam belimbing wuluh yang memang banyak terdapat di Aceh, sehingga menurut saya rasa asam nya sangat kuat mendominasi rasa masakan. Buat saya pribadi, saya lebih suka asam padeh dari Padang. Oh iya, saya juga melihat penampakan si daun kari dalam masakan Asam Padeh ini.

Urap aceh ayam tangkap Blang Bintang

Masakan yang satu ini juga mengingat kan saya akan masakan dari Sumatra barat yang nama nya juga sama, Sayur Anyang Bunga Papaya. Perbedaan nya terletak pada gongsengan kelapa nya, jika di anyang padang penggunaan cabai merah pada gongsengan kelapa lebih banyak,sehingga penampakan nya lebih meriah dan yang membedakan nya lagi adalah  padang sayur ayang aceh kita dapat merasakan taburan kacang tanah sangrai sebagai topping. Buat saya penggemar sayur, saya suka sekali dengan masakan yang satu ini, dan saya ber terima kasih sekali karena Resto Ayam Tangkap Blang Bintang menjadikan sayur anyang bunga papaya ini menu wajib yang selalu ada.

Membuat kopi ayam tangkap Blang Bintang

Makanan boleh lah lezat-lezat, bagaimana dengan kopi nya ? jangan salah, Resto Ayam Tangkap Blang Bintang ini memang juara, kopi aceh yang memang sudah terkenal itu diolah dengan serius di restoran ini, sehingga bagi anda pecinta kopi tetap dapat  menikmati enak nya kopi Aceh.

kopi aceh ayam tangkap Blang Bintang

Jadi, buat anda penggemar masakan aceh, wajib datang ke Resto Ayam Tangkap Blang Bintang ini. Selain masakan nya yang juara-juara itu restoran ini sangat nyaman. Resto Ayam Tangkap Blang Bintang memiliki konsep yang berbeda dengan kebanyakan rumah makan aceh lain nya  yang biasanya dekorasi  dan cara penyajian nya mirip dengan rumah makan Padang, Restoran ayam tangkap Blang Bintang mempunyai dekorasi seperti café dengan gaya minimalis, yang bersih dan nyaman.

Interior Ayam tangkap Blang Bintang

Jika suatu hari anda sedang berkunjung ke Resto Ayam Tangkap Blang Bintang, dan menemukan segerombolan cewek-cewek gembul yang sedang melahap makanan dengan ganas nya, boleh jadi itu adalah saya, Ichil dan teman-teman kami, karena kami memang rajin menyambangi restoran yang satu ini karena kami adalah fans berat Ayam Tangkap di Resto Ayam Tangkap Blang Bintang.

Resto Ayam Tangkap Blang Bintang

Jl. KH Ahmad Dahlan No.30 Kebayoran Baru Jakarta Selatan

Jakarta, Indonesia 12130

Telp : 0813-1841-1814

Jam buka : 11:00 – 21:00



2 responses to “Ayam Tangkap Blang Bintang”

  1. Isro Adi says:

    Baru tau kalo Mba Febi punya blog. Dan keren…

    Salam,

  2. Febee says:

    Halo Isro, thanks udah mampir..apa kabarr ? kapan kita maen2 ke gua ?? hehehe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *