Mak Isa

Seperti nya saya, Ichil dan teman kami Ruth sudah terkena candu Bebek Madura. Kelezatan rasa si bebek dari Madura ini telah membuat kami jatuh cinta. Bayangkan, jika hasrat menikmati bebek Madura itu datang, kami rela pergi jauh-jauh ke Jakarta Timur, tepat nya di Klender,  untuk menyambangi si bebek. Tapi bisa dibilang, kami bertiga ini telat berkenalan dengan bebek Madura. Merasa kecolongan juga sih, kenapa  baru sekarang ini kami tau makanan se-enak ini, kemaren-kemaren kemana ajah ?

Bebek madura mak isa klender

Sebenar nya apa sih yang bikin kami tergila-gila dengan makanan yang satu ini ? kalau dilihat dari penampakan nya Bebek Madura ini gak ada cakep-cakep nya. Sudah lah  potongan bebek nya kurus-kurus  pake disiram pula dengan bumbu hitam yang berminyak, pokok nya gak ada cantik-cantik nya. Tapi jangan salah, dibalik “bebek buruk rupa” ini tersimpan  kelezatan maha dasyat.  Sampai saat ini, saya masih penasaran, apa aja sih bumbu si bebek Madura ini kok  bisa berwarna hitam ? waktu pertama lihat saya menebak ini pasti hitam nya dari kluwek atau dari kelapa gongsen, karena tekstur bumbu terasa kasar . Tapi setelah dicoba gak bener tuh tebakan saya, saya tidak menemukan jejak rasa kluwek ataupun rasa serundeng.

Bebek madura mak isa klender

Nih saya ceritain aja ya, rasa bebek Madura ini pokok nya enak banget, daging bebek nya gak terasa amis sama sekali, karena daging bebek nya sudah terasa berbumbu, proses  dari ungkep   yang berjam-jam lama nya, sehingga menghasil kan rasa bumbu yang menyerap ke setiap potong bebek dan tekstur bebek yang juga empuk. Lalu,  Potongan daging bebek itu  disiram dengan bumbu hitam yang dasyat itu, Perpaduan berbagai macam bumbu itu menghasilkan kenikmatan rasa yang sempurna.  Bukan dari Madura nama nya kalau masakan nya gak “nendang”, karena di akhir suapan kita akan merasakan kepedasan yang  datang menyeruak.  Biasanya bebek  Madura ini dimakan dengan nasi putih hangat  yang pulen dan irisan timun sebagai lalap.

Bebek madura mak isa klender interior

Gak tau ya, mungkin ini bisa-bisa nya saya aja kali, saya berpikir kalau Penjual Bebek Madura ini banyak berkumpul di daerah Jakarta Timur. Buktiin aja, coba deh keliling ke daerah Cipinang, klender, Buaran atau Rawamangun. Disana kita bisa dengan mudah menemukan penjual bebek khas Madura, baik di tenda-tenda pinggir jalan atau warung makan, seperti bebek Madura Mak Isa ini.  Kenapa Bebek-bebek Madura ini pada ngumpul di Jakarta Timur ? menurut  analisa saya, hal ini disebabkan karena banyak orang Madura yang berjualan mabel disana, jadi selagi suami nya jualan mabel, istri nya jualan masakan khas daerah asal nya, yaitu ya si bebek goreng Madura ini.

Bebek madura mak isa klender spanduk

Yaaaah begitulah cerita kami bertiga yang lagi kecanduan bebek Madura. Memang belum banyak bebek Madura yang kami coba, tapi menurut saya yang paling enak sampai saat ini bebek Madura Mak Isa. Jadi, yang belum pernah nyobain ke lezatan bebek khas Madura ini, Wajib coba deh..jangan seperti kami bertiga yang telat berkenalan dengan keinikmatan rasa bebek khas Madura.

 

 

Bebek Madura Mak Isa

Jalan Bekasi Timur,Km 17,

Klender, Jakarta Timur

 

Cabang :

Jalan Cipinang Kebembem

Jakarta Timur



4 responses to “Mak Isa”

  1. […] Gambar diambil dari sini http://ioflife.com/food/2013/07/23/bebek-khas-madura-mak-isa/ […]

  2. Bebek Madura says:

    […] yang saya tahu bebek goreng khas Madura itu berlumur bumbu-bumbu yang berwarna hitam seperti gagrak bebek Madura Mak Isa ini, saking doyan nya dengan bebek Madura yang hitam saya pernah berjanji, suatu hari saya akan mencoba […]

  3. lia says:

    yah itu gimna sich cerita bebek ma isa tp g di ksi tau cara buatny cuma cerita doank…paparin cara buatny kn utk menu dirmh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *