Sop Buntut Dahapati

Sop Buntut adalah makanan yang sangat popular di Indonesia. Saya sendiri tidak tahu pasti sop buntut ini berasal dari mana ? ada kemungkinan pengaruh Kolonial Belanda  berperan penting dalam kehadiran sop buntut di Negeri ini.

Dahapati Bandung

Entah lah tebakan saya tadi salah atau benar, yang pasti saya suka sekali dengan sop buntut dan punya kenangan tersendiri dengan masakan yang satu ini. Jadi beberapa tahun yang lalu waktu saya masih SMP, kami sekeluarga pernah tinggal di kota Mataram NTB  selama dua tahun, mengikuti Ayah yang bertugas disana. Ternyata di Mataram ini, sangat mudah mendapatkan buntut sapi dan harga nya pun jauh lebih murah dibandingkan dengan harga Jakarta. Mama saya yang tau benar kalo saya suka banget dengan sop buntut jadi sering masakin saya, bisa dibilang hampir setiap akhir pekan ada sop buntut di rumah. Apalagi waktu itu masih kecil jadi gak kenal tuh sama yang nama nya kolestrol, jadi saya merasa bebas merdeka menikmati satu mangkok sop buntut, tanpa perasaan takut kolestrol tinggi. Sayang nya, waktu kami akhir nya pindah ke Kota Bogor, menu sop buntut menghilang keberadaan nya di rumah kami, alasan mama saya : buntut sapi di Bogor Mahal..

Sop buntut Dahapati

Sesuai dengan judul cerita ini, saya ingin cerita soal Sop Buntut Dahapati. Bisa dibilang sop Buntut Dahapati ini sop buntut yang  sangat terkenal di kota Bandung. Menempati sebuah rumah tua ala Belanda di Jalan Cipaganti. Rumah makan ini jualan nya memang fokus ke sajian utama sop buntut, bisa pilih Sop buntut original atau buntut goreng. Cita rasa sop-nya sedikit berbeda dengan sop buntut buatan mama saya,buatan mama saya rasa pala nya lebih menonjol. Sop buntut Dahapati ini  rasa kaldunya terasa tebal, berpadu dengan bumbu-bumbu lainnya segar dan gurih. Daging buntutnya sangat empuk.  Sayuran nya seperti kentang dan wortel juga masih crunchy waktu digigit.

Sop buntut bakar Dahapati

Kunjungan kami ke rumah makan Dahapati ini masih lanjutan dari jalan-jalan  saya, Ichil dan Ruth di kota Bandung. Lain kisah saya, lain juga kisah Ruth. Seperti yang sudah saya ceritakan di postingan sebelum nya, kalau Ruth ini anak rantau dari Nganjuk yang kuliah di Bandung. Sebagai anak kuliah tentu saja Ruth gak bisa boros-boros mem-belanjakan uang kiriman dari rumah, padahal hasrat makan sop buntut Dahapati yang terkenal itu sangat lah menggebu. Apalagi kata Ruth, setiap sore dia harus menunggu angkot pas di  jalan Cipaganti  depan rumah makan Dahapati itu setiap kali mau pulang ke kos, gimana gak menderita tuh Ruth nya. Sampai Ruth berjanji, kalau dia udah kerja gaji pertama nya mau dipake untuk mentraktir diri nya sendiri  makan sop buntut Dahapati. Singkat cerita, akhir nya Ruth mampu  makan di restoran sop Buntut ini, waaah pasti Ruth bahagia sekali. Jadilah sejak itu Sop buntut Dahapati menjadi akrab sama Ruth, momen-momen special dalam hidup nya kerap dirayakan dengan menikmati sop buntut Dahapati. Walaupun sekarang dia udah menetap di Jakarta, setiap kali ke Bandung, pasti wajib bagi Ruth untuk mampir ke rumah makan Sop Buntut Dahapati ini.

Malam itu, udara malam Bandung cukup dingin. Kami ber tiga mengusir  nya dengan menikmati semangkok sop buntut Dahapati, sop buntut sarat nostalgia.

Sop Buntut Dahapati
Jl. Cipaganti 146
Bandung
+6222 2042751



2 responses to “Sop Buntut Dahapati”

  1. ruthwijaya says:

    sop buntut dahapati ini adalah obat segala penyakit buat gue, mulai dari sakit flu sampai sakit hati… hahahaha…. kocak banget dah alenia terakhir posting lo… makanya penilaian gue ke sop buntut ini gak rasional lagi Feb, unsur menye-menye-nya lebih kenceng

  2. Febee says:

    tapi sop buntut nya emang enaaak, Kalo ke Bandung pengen ajak nyokap makan disana..tapi kolestrol ya untuk orang tua..hihi..
    Itu yang paragraf akhir hasil inget2 gue dari cerita2 lo..kurang lebih seperti ini yang gue ingat..hhaaa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *