Warsun Ibu Imas

Bandung ..ooooh Bandung…Inget Bandung udah pasti yang kebayang makanan enak nya. Walaupun sering banget ke Bandung, tapi tetap saja daftar tempat makan yang belum dikunjungi masih panjang bahkan terus bertambah, karena memang perkembangan bisnis kuliner di kota Bandung bagaikan jamur di musim hujan.

Ayam kuning ibu imas

ayam panggang bu imas

Pada kunjungan ke Bandung beberapa waktu yang lalu, kami sangat beruntung karena ditemani oleh Ruth, teman kami asli Nganjuk yang pernah tinggal di Bandung selama  13 tahun, jadi gak pusing mikirin jalan dan tentu saja tempat makan yang dituju lebih Variatif, tempat makan yang sepi orang Jakarta nya.

Ikan dan belut ibu imas

Salah satu tempat makan yang kami sambangi adalah RM Sunda Ibu Imas. Ya memang, ke Bandung itu wajib hukum nya untuk makan masakan Sunda, pamali kalau sampe kelewatan, masa udah ke Bandung makan nya Steak ?

Gorengan ibu imas

Menurut Ruth, Sambal matah di restoran Ibu Imas ini level nya sudah Die Must Try, jadi wajib hukum nya bagi dia untuk mengajak saya dan Ichil kesini. Unik nya si sambal ini enak nya kalau di ulek oleh seorang bapak yang bermuka jutek, mungkin semakin jutek muka si Bapak, semakin sedap lah si sambal ini. Tapi sayang, si Bapak ahli sambal ini sedang tidak ada waktu kami datang.

Sambal trasi Ibu imas

Sambal hejo ibu imas

Warsun ibu Imas ini terletak di  Jl. Balong Gede, unik nya lagi  di sepanjang jalan ini, Ibu Imas memiliki tiga buah Warsun yang lokasi nya berdekatan. Hebat nya, ketiga –tiga warsun nya ini selalu penuh. Kami bertiga memilih warsun Ibu Imas yang pertama, mungkin Ruth berpikir nilai historis sebuah restoran itu juga mempengaruhi kenikmatan rasa.

Papan warung ibu imas

Warung ibu imas

Memasuki Warung Makan ini, saran saya, Kamu semua harus menahan diri, jangan sampe kalap. Karena kita akan disambut dengan gerobak-gerobak berisi aneka macam makanan. Ada ayam, udang, gepuk atau empal, babat, usus yang dibentuk menyerupai bola, hingga beragam pepes khas sunda. Selain sambal nya, Warung Ibu Imas ini juga terkenal akan ayam bakar nya, oleh sebab itu Kami pun memilih ayam bakar, babat, bola-bola usus yang memang dari awal masuk sudah menarik perhatian saya, pepes jamur, tidak ketinggalan aneka lalapan dan sambal matah special nya itu.

Usus ayam ibu imas

Sate jeroan ibu imas

Aaaaahk  gak salah memang pilihan Ruth mengajak kami kesini. Sambal matah dan ayam bakar nya memang special. Walau memang pedas si sambal terasa menyengat, tapi bukan nya bikin kapok malah kepingin nambah terus apalagi kena manis gurih nya si ayam bakar, perpaduan rasa yang sempurna. Untuk usus dan babat goreng nya juga enak karena sebelum di goreng seperti nya sudah di ungkep dengan bumbu terlebih dahulu, jadi rasanya gak hambar. Lalapan nya juga gak biasa, karena sayuran nya janis sayuran yang jarang ditemuin seperti daun jambu monyet dan daun tespong.

Lauk pauk bu imas

Untuk menikmati santapan lezat tadi ternyata tak perlu menguras kocek dalam-dalam. Makanan dan minuman yang disajikan di Warung Nasi Ibu Imas ini sangat ramah di kantong. Total yang harus kami bayar untuk semua makanan enak ini hanya tiga puluh ribuan itu udah termasuk minum. Jadi, kalau lagi di Bandung, coba deh lewatin jalan Balong Gede dan mampir di salah satu Rumah Makan Sunda Ibu Imas ini, dijamin gak nyesal.

Warung Nasi Ibu Imas
Jl. Balong Gede No.38
Bandung
Telp: 022-4233838



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *