Street Food: AreaKemang

Melanjutkan Wisata kuliner kami di sekitaran Jakarta, kali ini kita menyusuri Kuliner pinggir jalan yang istilah keren nya Street Food di daerah Kemang sekitar nya.

Ketupat Sayur Mandala

Jl. Mampang Prapatan

HP : 021 – 95135249

Tenda penjual ketupat sayur Mandala ini adalah street food dalam arti yang sebenar-benar nya, karena memang berada pas di pinggir jalan di Mampang, sebua jalan raya yang sangat padat arus kendaraan nya, dan jalanan yang langganan macet, sehigga seringkali jika kita makan disini, jarak antara kedaraan yang terjebak macet dengan tempat duduk kita seperti bersebelahan.

Mungkin karena itu juga jadi nya banyak pengendara mobil atau motor yang lewat sengaja mampir untuk berhenti dan menikmati ketupat sayur Mandala ini. Karena siapa yang ngiler liat ketupat yang bergelantungan di atas gerobak dan wangi kari yang menyeruak dari kuali gulai sayur nya.

Ketupat sayur mandala_ketupat2

Ketupat sayur Mandala bahan utama nya adalah sayur labu siam, yang dimasak dalam kuah santan encer , dengan campuran bumbu lengkap yang menjadikan ketupat sayur Mandala ini istimewa. Kita bisa memilih ketupat sayur dengan tambahan daging, ayam, ati ampela, telur atau tahu. Ditambah sepiring penuh kerupuk.

Ketupat sayur mandala_Warung

Kalau  teman-teman kebetulan lagi lewat di Jalan Mampang dekat perempatan Duren Tiga Buncit, Jakarta Selatan, boleh lah untuk mencoba si ketupat sayur Mandala ini. Tenda makan Ketupat sayur  Mandala sudah berjualan sejak 8 tahun yang lalu.

 

Warung Makan Mba Harni
Jl. Kemang Raya (Samping La Codefin, Pelataran parkir Bank Commonwelth)

Jika anda melewati jalan raya kemang, diantara restoran dan café-café mahal itu terselip sebuah tenda makan  sederhana yang selalu ramai dikerubuti orang. Tenda itu bernama warung makan Mbak Harni, berjualan berbagai macam pilihan menu masakan Indonesia, khusus nya masakan dari daerah Jawa seperti gudeg, urap, pecal, berbagai macam sayuran yang di tumis, ikan balado, tumis kikil, ayam goreng, bihun goreng, mie goreng, sop daging,telor cabai merah.

Nasi Mbak Harni_Warung

Masakan ala Mbak Arni ini  miri-mirip seperti masakan warteg, tapi seru nya Mbak Harni berjualan di outdoor, hanya ada sebuah meja panjang dengan deretan kursi-kursi tanpa penghalang atap tenda. Kalau gak kebagian kursi banyak juga pembeli yang duduk lesehan di emperan perkantoran yang memang menempel dengan warung nasi ini.

Nasi Mbak Harni_Cumi2

Warung tenda Mbak Harni selalu ramai pembeli karena ada banyak pilihan menu jadi pembeli dapat memilih masakan yang sesuai dengan selera masing-masing. Warung ini sudah berjualan sejak lima tahun yang lalu. Buka dari pukul 6 sore hingga pukul 12 malam.

 

Nasi goreng Cabe Rawit

Jl. Daksa II No. 22 Selong

Kebayoran Baru

Jakarta Selatan

Akh siapa sangka di antara deretan rumah mewah di Jl. Daksa II No. 22 Selong Kebayoran Baru Jakarta Selatan ini  ada penjual nasi goreng yang legend, karena sudah berjualan sejak tahun 60 an, apalagi kalau bukan Nasi goreng Cabe rawit Pak Masrin.

Nasi goreng rawit_warung

Nasi goreng  Pak Masrin tekstur nyakering tidak berminyak, oleh kareng itu Pak Masrin berani meng-claim kalau nasi goreng nya ini sehat. Selain itu keistimewaan nasi goreng Pak Masrin ini adalah di potongan cabe rawit nya yang di letakkan di samping nasi goreng nya sebagai pengganti sambal.

Nasi goreng rawit_nasi2

Meskipun lokasi nya cukup terpencil dan sedikit remang-remang tapi jika memasuki waktu makan malam hingga menjelang tengah malam, penggemar nasi goreng cabe rawit Pak Masrin akan berdatangan datang selain rasa nya nikmat,aroma bumbu nasi goreng yang sedang dimasak dalam wajan penggorengan dan wangi telor dadar  yang tercium dari jauh merupakan pasangan ideal untuk membuat kita lapar dan mampir untuk menikmati seporsi nasi goreng rawit Pak Masrin.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *