RM Tumou Tou

Saya ingin cerita, hampir disetiap trip yang kami lakukan, kami bertemu dengan sahaba-sahabat baru yang kami anggap sebagai malaikat penolong. Begitu juga dengan trip Manado, hari ini kami ditemani oleh Kak Hence Mamesa. Gak kebayang kalau Yan dan Ichil yang nyetir mobil mengelilingi kota Tomohon ini, dengan rute jalan yang banyak cabang dan minim nya petunjuk arah, dijamin tidak semua tujuan wisata yang sudah kami targetkan dapat kami sambangi, Kak Hence inilah dewa penolong kami hari ini.

Sebagai orang manado asli, pengetahuan nya akan jalan patut diacungkan jempol, bahkan untuk menyingkat waktu, kak Hance membawa kami melalui jalan-jalan “tikus”, keluar masuk desa-desa di kota Tomohon, menyusuri indah nya bukit-bukit  yang ditanami sayur mayur dan ladang penuh bunga ber-aneka warna , ciri khas kota Tomohon. Saya merasa beruntung.

Rumah air danau tondano

Akhirnya, setelah brunch di  Gardenia café dan mengunjungi  bukti doa, kami sampai di danau Tondano tepat di jam makan siang.  Di danau Tondano ini ada sebuah restoran  yang  katanya harus kami sambangi, nama nya Restroran Tumou Tou, sebuah restoran terapung di tepi danau Tondano.

Dilihat dari menu-menu nya, gak jauh beda dengan menu rumah makan yang kemarin kami kunjungi. Tapi yang membuat restoran  ini istimewa  adalah menu-menu khas danau Tondano nya, seperti  Kalombi  dan Nike.  Kalombi adalah sejenis keong yang berasal dari danau Tondano, sedangkan Nike adalah sejenis ikan kecil-kecil seperti ikan teri yang hidup nya di air tawar seperti di danau Tondano ini. Biasanya Masyarakat  Manado mengolah nike menjadi perkedel sebagai teman makan Tinutuan.

Siput rica tumou tou

sate siput tumou tou

Dengan rasa penasaran, saya langsung memesan Kalombi Tumis (Rp. 30.000) dan Sate Kalombi  (/tusuk Rp.5000) sedangkan untuk nike nya, kali ini saya mencoba Nike Woku (Rp. 30.000). Kalau diliat dari tampilan dan rasanya, Kalombi tumis ini dimasak  dengan bumbu woku, karena saya melihat ada banyak bumbu dalam tumisan nya, padu padan bumbu nya tepat dan si kalombi nya juga tidak keras, beda dengan Sate kalombi nya yang terasa alot.

Nike woku tumou tou

Kalau kemarin saya mencoba nike yang di bikin menjadi pergedel, sekarang saya mencoba dalam bentuk lain nya, yaitu di masak bumbu Woku. Pilihan saya  ternyata tidak salah, segar nya ikan nike dan bumbu nya yang pas bikin saya gak berenti untuk mencoba nya. Bahkan, selagi saya menulis review ini, kelezatan Kalombi tumis dan Nike Woku dari pinggir danau Tondano ini masih terbayang-bayang.

Mujair bakar Tumou tou

Untuk menu ikan nya saya memesan  Mujair Bakar Jumbo (Rp 45.000) dan  Ikan Mas Woku (Rp  40.000). Ngomongin soal ikan mas dan ikan mujair, saya punya cerita, Sahabat saya Mira setiap pulang kampung dari Manado selalu membawa oleh-oleh ikan mas atau ikan mujair yang sudah diolah. Saya yang ditawarin selalu menolak, saya selalu bilang “aduh kenapa sih capek-capek bawa ikan mas dari manado, di Jakarta kan ikan mas juga banyak, rasanya paling sama juga”, tapi Mira me wanti-wanti saya pokok nya  harus cobain ikan mas dan mujair di manado.

Setelah mencoba kedua menu ikan yang saya pesan ini saya jadi menyesal selalu menolak oleh-oleh Mira, kenapa ? karena ikan mas dan ikan gurema Manado itu enaaaaaaaaaaak bangettttttttt , aduh pokok nya sama ikan mas di Jakarta  jauuh. Rasa ikan mas nya terasa manis dan segar, gak ada rasa lumpur sama sekali. Menyesaaaaall deh selama ini salalu nolak oleh-oleh ikan mas dari Mira. Saya yang selama ini biasa aja sama ikan mas dan mujaer mendadak jadi cinta karena makan ikan mas dan mujaer di Manado. Besok-besok kalo Mira pulang kampung, wajib pesen.

ikan mas woku tumou tou

Khusus nya ikan mas woku di restoran ini, bumbu nya meresap sempurna ke daging ikan, tapi manis dan segar nya ikan tetap terasa, luar biasa kan ?  Tidak ketinggalan saya mencoba  sayur paku tumis sebagai pelengkap,benar, saya tidak pernah kecewa dengan masakan yang satu ini.

Sayur Paku tumou tou

Secara keseluruhan, saya puas dengan Restoran  Tumou tou ini, memang  jika dibandingkan dengan restoran manado yang sudah kami coba sebelum-sebelumnya, tingkat kepedasan di Restoran Tumou Mou dibawah rata-rata restoran lain, mungkin disesuaikan dengan selera wisatawan luar Manado, tapi ini tergantung selera masing-masing kan ?

Jadi, jika anda sedang mengunjungi danau Tondano, boleh lah mencoba kelezatan masakan di Restoran Apung Tumou tou ini sambil menikmati indah nya danau Tondano.

 

Restoran Tumou tou

Jl. Raya Tondano – Remboken

Telp : 085266778855 / 081248166900



One response to “RM Tumou Tou”

  1. Rudi says:

    Boleh gak minta kontaknya bung Hence Mamesa? Soalnya saya bulan juli Eni mau k menado…dan ini pertama kali saya k menado,karena itu saya membutuhkan Teman yg tau jalan2 d menado.tks ya atas att nya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *