Resep : Teh dan Kopi Talua

Setelah maju mundur untuk mencoba bikin  teh dan kopi talua, akhirnya di satu sore yang sejuk saya dan Ichil berhasil juga membuat nya. Teh  dan Kopi Talua adalah minuman khas daerah Sumatera Barat. Talua arti nya telur. Jadi minuman ini arti nya teh dan kopi yang dicampur dengan telur dalam proses pembuatan nya.

teh talua

Kalau kita berkunjung ke Sumaetra Barat, minuman ini dapat dengan mudah kita jumpai di kedai-kedai kopi ataupun di rumah makan di penjuru minang kabau. Memang Teh dan kopi talua ini sangat popular sekali disana, biasanya sebagai minuman penambah energy, makanya saya suka menyebut nya minuman supir, karena seingat saya hanya supir-supir yang memesan minuman ini di rumah makan padang sepanjang lintas sumatera kalau saya pulang kampung menggunakan jalur darat.

 

kopi talua

Buat yang pertama kali mendengar teh atau kopi dicampur telur aneh, karena memang tidak umum ya telur dicampur dalam minuman, yang terpikir pasti rasa amis nya telur. Tapi jangan salah loh, teh atau kopi talua yang sukses itu yang gak terasa amis, campuran telur nya malah menjadikan minuman ini nikmat.

Bahan-bahan nya membuat minuman ini sangat sederhana, seperti : Teh, kopi, kuning telur, gula, air putih, susu kental manis dan irisan jeruk nipis.

bahan teh talua

Saya sengaja memilih teh merk Bendera yang ber aroma vanilla, seperti teh padang pada umum nya. Sedangkan untuk kopi nya saya mencoba kopi cap keluarga, sebuah merk kopi yang saya bawa dari Manado.

bahan kopi talua

Perlu trik khusus agar minuman tidak terasa amis, kunci nya terletak pada pengolahan telur. Telur yang digunakan bisa telur ayam, bebek atau telur ayam kampung. kali ini, saya memilih telur ayam kampung yang ukuran nya kecil.

Cara membuatnya :

Pertama rebus air bersama teh atau kopi, hingga menggelegak.

Rebus air teh talua

mengaduk teh

Bersamaan dengan proses ini, kita juga mulai ber-urusan dengan si telur, pisah kan putih telur dari kuning telurnya.

memilah talua

Masuk kan kuning telur nya kedalam gelas

menuang talua

Talua

baru setelah itu kocok kuning telur dengan menggunakan single mixer pembuat kue sampai kuning telurnya berwarna pucat

mengocok talua

hasil kocokan talua

Lalu  siramkan air teh yang kita rebus tadi di gelas berisi kuning telur

menyaring teh

Terakhir tambahkan susu kental manis dan taburan bubuk kayu manis.

menuang susu

Sekali lagi, Kemampuan mengolah kuning telur merupakan indicator amis atau tidak nya minuman ini. Di Sumatera Barat, alat yang digunakan untuk mengocok telur adalah  kayu rotan yg dibelah ujungnya, katanya dengan menggunakan rotak ini adukan telurnya menjadi sempurna, sehingga menambah kenikmatan tersendiri.

Buat yang bosan dengan minuman yang biasa, boleh dicoba teh atau kopi talua ini dan rasakan kejutan nya…

 

Teh dan Kopi Talua

Bahan :

• 1 Butir telur.

• 2 – 3 sendok makan gula pasir

• 2 sendok maka Teh atau kopi bubuk

• 1 iris jeruk nipis

• Susu kental manis secukupnya

• Bubuk kayu manis

 

Cara membuatnya :

Pisahkan putih telur, ambil bagian kuningnya saja. Campurkan dengan 2-3 sendok gula pasir.

Kocok Kuning telur dan gula hingga berubah warna jadi putih.

Sementara itu, siapkan air mendidih dan ditambahkan teh atau kopi yang cukup kental.

Siram kuning telur dengan air teh yang mendidih.

Terakhir, tambahkan susu kental manis sesuai dengan selera.

Untuk menghilangkan bau amis tambahkan air perasan seiris jeruk nipis. 



10 responses to “Resep : Teh dan Kopi Talua”

  1. Bayu Amus says:

    Salahsatu menu yang belum kesampaian dicoba; biasanya karena keburu kenyang makan :P. Thanks buat resepnya Feb, tinggal gw colek-colek isteri biar mau bikinin…

  2. Febee says:

    cobain Bay..gampang bikin nya…cocok sebagai penambah energy 🙂

  3. rey maulana says:

    Waah patut dicoba nih, kangen nge-teh talua lagi..btw nice share mbak…eeh resep mateng pohon ada ga..? Hehehe

  4. gabriel wolf says:

    kalo pake es batu cocok enggak ya?

  5. Febee says:

    Halo Gabriel,

    Bisa juga minum nya pake es batu..tapi lebih enak yang hangat.

  6. Armand says:

    ooooo… pake susu kental manis lagi tokh…

    kmrn pernah nyoba bikin tp pake madu… kurang nendang…

    thx resepnya feb… 😉

  7. kalau resep tradisional teh talua nenek aku : kuning telor ayam kampungnya + gula pasir dikocok pake ikatan lidi kelapa kering di gelas kaca bertangkai. setelah campuran telor dan gula tadi kental lalu diguyur sama air teh goalpara kental yang sudah mendidih. Aduk sampai rata. Kalau kocokan telornya benar, maka busanya akan meluap sampai bibir gelas mirip latte.nah kalau kocokannya gak tepat maka teh taluanya tanpa busa.

  8. Pandot says:

    Saya udah coba sama telor sampe abis 1KG, kok gak kembang2 jadi busa yah telurnya… padahal udah ikutin petunjuk diatas hahaha oiya saya kocok telurnya pake mixer sih… ada yang bisa bantu knp?? hehehe

  9. Yudy says:

    KURANG SUSU TUH BAHANNYA YANG DIGAMBAR ATAS 😛

  10. anhar says:

    Kalo ane suka buat tehtalua bahannya sama cm ditambah madu n sedikit bubuk lada bikin mata melek(karna profesi ane dulu sopir jadi butuh tahan begadang unt mlototin jalanan jkrta,,,hehehehee….tapi klo kopi talua belum prnah buat….pisss

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *