Skotel – Spageti Panggang

Spagheti bakar

Jenis masakan yang masih dalam keluarga Skotel ini menjadi menu andalan saya untuk menu sajian dalam acara-acara potluck yang biasa saya kunjungi. Karena selain membuat nya mudah, peraktis dan cepat, menu skotel ini adalah menu anti gagal dan tentu rasa nya yang lezat sangat menggoda.

Bahan dasar untuk membuat skotel ini juga sangat lah mudah,  bahkan sejarah nya skotel ini dibuat untuk memanfaatkan masakan sisa. Karena berlebih, masakan didaur ulang menjadi masakan lain yang tidak kalah lezat nya. Bahan dasar yang biasa digunakan adalah kentang, nasi, roti, tahu dan berbagai macam pasta.

Kali ini saya membuat skotel spageti panggang untuk sebuah acara arisan keluarga. Cara pembuatan nya sama dengan cara membuat spageti carbonara. Saya tidak menggunakan ikan tuna kalengan seperti yang tertera resep tapi saya mengganti nya dengan daging giling. Saya juga mengganti air kaldu dengan tomat parut agar asam saus nya lebih terasa dan untuk menambahkan unsur manis pasta, saya menambahkan tomat pasta  didalam nya. Dan untuk mempertahan rasa a italia nya saya menambahkan oregano dan theme. Dengan menaburkan keju yang melimpah membuat makanan ini langsung diserbu. Resep saya ambil dari buku seri masak femina PRIMARASA edisi skotel serba panggang.

Spageti panggang
Bahan:
Air untuk merebus
1 sdm minyak goring
1 bungkus (225g) spageti
Margarine untuk olesan
100-125 g bawang bombai
1 kaleng (200g) ikan tuna
2 sdm margarine, untuk menumis
4 siung bawang putih, cincang
1 sdm saus cabai
150 ml saus tomat (tomato ketchup)
100 ml kaldu
50 g keju parmesan,parut

  • Cara membuat :
    Didihkan air yang banyak bersama minyak goreng. Masukan spageti. Rebus sampai masak dan lunak (10 menit). Angkat dengan saringan,siram dengan air dingin/air es, tiriskan.
  • Panaskan oven pada suhu 180 derajat celcius. Olesi pinggan tahan panas dengan margarine, sisihkan. Belah bawang bombai menjadi 4 bagian, lalu iris melintang ½ cm. Tiriskan ikan tuna, suwir-suwir kasar.
    Panaskan margarine di dalam wajan, tumis bawang putih dan bawang bombai sampai harum, masukkan saus cabai,saus tomat dan kaldu. Aduk hingga rata, masukkan spageti dan ikan tuna, aduk, angkat.
    Tuang ke dalam pinggan, taburi keju parut. Tutup pinggan dengan kertas alumunium, panggan dalam oven selama 15-20 menit. Angkat,hidangkan panas-panas.


One response to “Skotel – Spageti Panggang”

  1. ida says:

    Terima kasih foto2 nya dan info yang lainnya. Sangat menarik sekali dan jadi banyak tahu tempat2 untuk di coba dan di kunjungi. Once again thank you so much for sharing.

    Ida

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *