Kuliner Jakbar

Berikut List kuliner di daerah Grogol  Jakarta Barat :

Bakso Super Spesial
Pak Diran
Jl. Makaliwe I no. 13
Grogol Jakarta Barat
Telp : 089639390194

Bakso  adalah makanan yang paling popular di seantero negeri ini. Hampir disetiap sudut jalan kita dapat menemukan penjual Bakso. Begitu juga dengan saya yang sangat suka dengan bakso. Kayanya kalau liat penjual bakso bawa’an nya langsung laper. Liat tumpukan butiran bakso beserta  teman-taman nya : mie kuning, bihun, sayur sawi dan toge bisa menerbitkan air liur saya seketika, Karena itu saya hafal bakso mana aja yang cocok dengan lidah saya di sekitar saya tinggal.

Bakso Special Pak Diran_Bakso special

Pada dasar nya bakso itu hanya bola-bola daging giling segar yang disiram kaldu daging,. Akan tetapi setiap penjual bakso punya inovasi nya masing-masing, seperti menambahkan telor ayam utuh dalam balutan daging bakso nya, ada juga yang menambahkan ati ayam, cabe rawit bahkan ada yang menambahkan keju. Tapi saya lebih suka bakso yang original aja yaitu bakso urat atau bakso daging dengan tambahan sayuran dan sambal yang banyak.

Bakso Special Pak Diran_Bakso telor

Untuk bakso Pak Diran ini, saya tau nya dari Jenny. Lokasi Bakso Pak Diran ada di dalam perumahan padat penduduk. Menempati sebuah warung yang kalau diliat dari luar lebih mirip warteg daripada warung bakso. Kita bisa memilih bakso biasa atau bakso special, kalau bakso special ditambahkan bakso telur dan tahu dalam mangkok yang berbeda. Bakso Pak Diran ini memang istimewa, selain rasa bakso nya kaldu nya pun juga enak. Kalau lagi ada di sekitar jalan Makaliwe – Grogol, boleh lah mampir ke warung bakso Bapak Diran ini.

Bakso Special Pak Diran_The seller

Depot Surabaya
Jl. Muwardi I No. B-3
Jakarta 11450
Phone 021 5605139

Pada awal nya, pemilik dari Depot Surabaya ini membuka restoran sebagai tempat berkumpul bersama teman-teman nya yang berasal dari Surabaya. Dari ide sederhana itu kini depot Surabaya berkembang menjadi sebuah restoran khas masakan jawa timur khusus banyak dicari di daerah Grogol.

Depot surabaya_Lontong kupang

Kalau anda berasal dari Surabayan dan kangen dengan masakan daerah anda, boleh lah mampir kesini karena hampir semua menu yang ditawarkan adalah menu-menu dari jawa timur seperti lontong kupang, rujak petis bahkan kita bisa ketemu ote-ote disini, makanan yang jarang ditemui di Jakarta.

Depot surabaya_ote2

Siang itu saya memilih lontong kupang dan ote-ote untuk santap siang. Lontong Kupang berbahan dasar Kupang, yaitu kerang kecil yang hidup di air asin, disajikan dengan petis  yang disiram dengan kuah rebusan kupang ditambah dengan lontong dan potongan lento (gorengan berbahan dasar kentang). Tidak banyak yang menjual lontong kupang ini di Jakarta, karena sulit mendapatkan kupang segar disini, jadi harus di impor langsung dari jawa timur. Kunci kelezatan lontong kupang ini terletak pada kesegaran kupang dan pilihan petis yang bagus, karena kalau tidak begitu lontong kupang akan terasa amis.

Depot surabaya_es blewahSelain di Depot Surabaya ini, kita bisa menemukan penjual lontong kupang di warung Surabaya di depan kantor pos Fatmawati. Ada yang belum pernah mencoba si lontong kupang ini ? hayoo dicoba

 

Ulanago Masakan Padang
Pasar Grogol Lt I AKS 19
Jakarta Barat
HP: 081319174006

Buat yang hobi blusuk-blusuk ke pasar-pasar traditional seperti saya dan Ichil, pasti setuju kalau saya bilang pasar traditional merupakan surga kuliner.  Karna disini kita dapat menemukan beraneka ragam jenis makanan, baik makanan yang sudah sering kita temui atau makanan-makanan khas daerah yang jarang ditemui.

Ula nago_Palai bada

Seperti di Pasar Grogol ini, disebuah rumah makan sederhana dalam pasar Grogol kami menemukan masakan Padang bernama Palai Bada. Palai Bada  ini tampilan nya seperti Pepes di daerah sunda, karena memang makanan nya dibungkus dengan daun pisang, yang baru kemudian dibakar. Isi dalam nya biasanya ayam, hati ampela ayam, ikan dan udang, lalu lauk-lauk tersebut  dibalur dengan parutan kelapa yang sudah dibumbui dengan berbagai jenis  bumbu, atau bisa ditambahkan juga dengan daun singkong. Baru terakhir dikukus dan dibakar diatas bara api. Sensasi hasil pembakaran itu menciptakan rasa yang menakjubkan. Saya merasa beruntung bisa menemukan masakan Palai Bada ini, karena memang sangat jarang ditemui.

Ula nago_asampadeh

Ula nago_Rendang

Selain Palai Bada, warung makan padang Ulanago ini juga menjual lontong sayur, lontong kacang, sate padang, masakan padang dan kue-kue khas padang seperi sagon, lapek sagan, lapek pisang dan pisang bakar dalam daun. Pilihan lauk nya sih sama seperti rumah makan padang kebanyakan seperti rendang daging, ikan asam padeh, gulai jariang ( jengkol ) dan banyak lainya.

Ula nago_lapek pisangUnik nya warung makan padang ini yang punya adalah orang padang keturunan cina. Mungkin karena itulah nama nya ulanago yang dalam bahasa Indonesia artinya ular naga, lambang yang identik dengan warna keturunan cina. Jika anda mau mampir kesini, cobalah datang di pagi hari, karena jam 12 siang aja makanan nya sudah hampir abis, terutama si Palai Bada nya.

Ula nago_The food

 



4 responses to “Kuliner Jakbar”

  1. irene says:

    Febi, post ini berguna banget buat gue, secara gue tinggal ga jauh” amat hehe. bookmarked! 😀

  2. deden says:

    thx… info kupangnya. kangen sama makanan ini. di Fatmawati juga enak.

    yg ini deketan ama rumah… 🙂

  3. rico says:

    Trims sdh sharing. Mau nambahin bebek goreng yang enak di Bebek Omahan… keep posting

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *