Kuliner Jaksel

Berikut list kuliner dikawasan Cipete Raya, Jalan ampera dan Pasar Santa Jakarta Selatan.

 

Ayam Goreng  Presto

Jl. Cipete Raya no. 11

Jakarta Selatan

Telp : 7506073

Ayam Presto Cipete

Rumah  Ayam Goreng Presto terletak di jalan  Raya Cipete. Sebuah kawasan yang cukup ramai di bilangan Jakarta Selatan. Warung makan ini buka mulai jam 10 pagi hingga jam 8 malam. Suasana  tempoe dulu langsung terasa ketika masuk ke rumah makan  ini, dengan kursi dan meja yang sederhana.  Menu-menu yang ada di restoran ini adalah masakan dari Semarang, Jawa Tengah. Seperti : Nasi Langi, tahu pong,  sayur asem jawa, soto ayam dan Ayam Goreng Presto.

Ayam Presto Cipete_ayam goreng2

Sesuai dengan nama restoran nya, menu andalan disini adalah Ayam Goreng Presto, yaitu ayam yang dimasak dengan cara di presto sehingga menghasilkan tulang yang lunak dan daging yang empuk. Sebelum nya ayam dilumuri bumbu yang akan terasa gurih setelah digoreng, warna nya pun menarik hari. Kuning dan beraroma gurih. Selain ayam goreng Presto, menu favorite lain nya adalah nasi langi. Satu porsi nasi didalam nya terdapat keripik kentang, ayam suwir, serundeng, tempe orek.

Ayam Presto Cipete Nasi Langgi2

Rumah makan ayam goreng Presto ini adalah tempat makan siang favorite saya, selain lokasi nya yang tidak jauh daru tempat saya bekerja, makanan nya pun cocok untuk lidah saya. Pernah saking saya nge fans nya sama ayam goreng nya, dalam seminggu berturut-turut saya makan siang ayam goreng di rumah makan Ayam Goreng Presto ini.

 

Ketoprak Bapak Edi

Jalan Ampera Raya

(depan apotik K24)

Jakarta Selatan

Ketoprak Pak Edi Ampera_gerobak

Saya mengenal tempat ini secara tidak sengaja, ketika  saya  dan Ichil lagi mencari tukang ketoprak. Kami menyusuri sepanjang jalan raya Kemang  hingga Jalan Ampera , tidak satu pun penjual ketorpak kami temui, akhirnya setelah nyarus putus asa, tiba-tiba saya melihat kerumunan orang  di sebuah gerobak makan pinggir jalan dan ternyata itu gerobak penjual ketoprak.  Walau begitu, saya  dan Ichil tetap tidak bisa menikmati ketoprak malam itu, karena  saya berada di nomor antrian ke 24..hmmm mau makan jam berapa ? sekarang aja udah jam setengah sembilan malam. Saya berjanji akan datang lagi kesini, se enak apa sih ketoprak nya sampai orang rela antri panjang, saking ramai nya ntrian, jalanan jadi macet.

Ketoprak Pak Edi Ampera_Piring2

Ketoprak adalah makanan yang mudah dijumpai di Jakarta, di jual dari pagi hingga malam hari bisa buat sarapan atau makan malam. Bahan dasar Ketoprak adalah ketupat, tahu goreng  yang di potong-potong, bawang putih, sedikit gula jawa, cabe, bihun, tauge, sambal kacang dan biasa diberi kerupuk. Dapat pula dihidangkan dengan tambahan kerupuk atau emping melinjo. Beberapa versi ada pula yang menyertakan  telur sebagai komponennya.

Ketoprak Pak Edi Ampera_Adonan bumbu kacang

Akhirnya disuatu kesempatan kami pun dapat mencicipi ketoprak Jalan Ampera yang ramai ini. Nama ketoprak nya Ketoprak Bapak Edi, Bapak Edi berjualan dari pukul 7 malam hingga jam 2 dini hari. Untuk kelezatan rasa saya tidak akan bercerita, tapi dari antrian panjang pembeli ketoprak  Bapak Edi pasti sudah tau dong gimana enak nya Ketoprak ini ?

 

Sate Padang Ajo Ramon
Jl. Cipaku I (dpn Pasar Santa)
South Jakarta
hp. 0813 1433 4666

Ada banyak Penjual sate padang tersebar di Jakarta Selatan. Tapi buat Ichil, Sate Padang Ajo Ramon ini adalah favorite nya. Hampir setiap minggu dia makan disini. Saya aja yang orang padang tulen gak gitu-gitu amat sama sate Padang. Entah siapa diantara kami berdua yang aneh..saya padang aneh atau Ichil yang jawa aneh ?

Warung Ajo Ramon

Dalam bahasa Padang, Ajo itu adalah panggilan untuk anak laki-laki di Daerah Pariaman Sumatera Barat. Jadi memang sate Padang Ajo Ramon ini berasal dari Pariaman, biasanya kuah sate nya berwarna lebih merah disbanding sate padang  gagrak Padang Panjang. Sate Padang memakai bahan daging, sapi, lidah, atau jerohan (jantung dan usus) dengan bumbu kuah yang kental .

Sate Padang Ajo Ramon2

Begini cara Ichil menikmati sate padang kesukaan nya : satu piring berisi 10 tusuk  sate campur artinya ada daging, usus, jantung dan lidah tanpa ketupat, satu piring lagi berisi kerupuk jangek (kulit) yang disiram kuah sate nya aja dengan taburan bawang goreng yang melimpah.

Sate Padang Ajo Ramon yang sudah  ada sejak tahun 1980-an berlokasi di Pasar Santa, Jakarta Selatan. Usaha sate Padang ini diawali oleh Ramon Tanjung berkeliling dengan gerobak, dan kini telah berkembang dengan mempunyai lima gerai di Jakarta, yaitu di pelataran parkir Pasar Santa, Jl. Cikajang, Pujasera Blok S, Food Court Plaza Indonesia dan Dapuraya Blok M.



4 responses to “Kuliner Jaksel”

  1. arinda says:

    i will definitely put this ayam goreng restaurant when i go back to jkt this summer! thanks for the reco!

    pls check out my blog at http://www.thetwotales.com. it’s also about foods, travelling, lifestyle!

    thanks

  2. arinda says:

    opps i mean put it on my must eat list lol

  3. etu says:

    es teh manis di ayam goreng presto itu juga enak ….

  4. Satu lagi kuliner dikawasan di Cipete Jakarta, yaitu sate kulit bakar. Sate diracik oleh bu Sindhoe langsung, resep warisan keluarga Yogyakarta. Rasanya gurih, legit yang jelas cespleng 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *